8 Cara Membuat Email Marketing Lebih Efektif Untuk Bisnis Online Anda

jasa seo dan internet marketing

bisnisukmonline.com –  Email marketing merupakan salah satu cara pemasaran secara digital dengan menggunakan bantuan email. Email ini nantinya akan dikirim pada pelanggan-pelanggar dalam rangka menawarkan produk yang dijual. Metode ini bisa dibilang efektif dalam menarik perhatian dari pelanggan.

Penggunaannya yang mudah dan praktis, membuat email marketing menjadi metode favorit dalam mencari pelanggan. Email marketing berisikan segala informasi hingga penawaran mengenai suatu produk oleh suatu bisnis online. Adanya email marketing, membuat pengusaha dapat terjun langsung dengan calon pelanggan. Hal ini memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak karena setiap pihak dapat saling memenuhi keinginannya.

Bagaimana membuat email marketing yang efektif?

Anda tahu sendiri tahu bahwa email marketing bukanlah hal yang asing lagi. Banyak orang telah menggunakannya, dan persainganpun semakin kuat.

Strategi pemasaran menggunakan email bergantung sebenarnya bertumpu pada pelanggan yang berperan penting menciptakan keberhasilan usaha anda. Kuncinya adalah terbinanya hubungan yang baik antara pengusaha dan pelanggan lewat email marketing. Jadi anda harus bisa membuat email marketing yang benar-benar efektif dan tepat sasaran antara lain:

  1. Data Akurat

Selalu tanamkan pada diri anda untuk selalu memberikan data yang akurat dan benar apa adanya. Tidak ada saling ditutupi seingga pelanggan merasakan kepuasan tersendiri berkerjasama dengan anda. Misalnya anda menawarkan hasil dari produk diet yang anda jual, maka lebih baik memberikan data hasil yang akurat pula. Ini akan memberikan dampak pada pelanggan yang belum menggunakan produk anda menjadi tertarik dan mengeklik email marketing. Hal ini ternyata mampu meningkatkan efektifitas pemasaran dari email anda.

Baca Jasa Layanan Bisnis Email Marketing Dari Undercover.co.id

  1. Pertimbangkan kebiasaan pelanggan

Kebiasaan pelanggan juga memiliki peranan penting untuk meningkatkan efektivitas dari email marketing. Untuk mengetahui kebiasaan pelanggan dalam hal email marketing, anda harus melakukan survei.

Salah satunya yang dilakukan oleh beberapa peneliti yang melakukan analisis email pada tahun 2016. Hasilnya ditemukan bahwa 55% kebanyakan orang terbiasa membuka email lewat perangkat mobile.

8 Cara Membuat Email Marketing Lebih Efektif Untuk Bisnis Online Anda Hasil ini tentu berdampak untuk membuat email marketing lebih mudah digunakan  ketika menggunakan perangkat mobile. Mulai dari tampilannya mobile friendly  serta desain email marketing yang cocok untuk ditampilkan pada perangkat mobile. Inilah pentingnya mencari tahu kebiasaan pelanggan anda terhadap email marketing.

  1. Jadilah Kreatif

Segala hal jika tidak kreatif adalah sia-sia, begitupula email marketing. Banyak hal yang bisa anda jadikan kreatif ketika menggunakan email marketing seperti menambahkan gambar menarik, pilihan tulisan, video, pilihan desain, hingga menciptakan sesuatu yang unik agar website  bisnis online anda mampu menarik banyak perhatian pelanggan. Untuk mudahnya anda dapat menggunakan free email marketing DocoBlast yang tujuannya mewujudkan kreatifitas dalam email marketing.

  1. Berikan Kesan pertama

Kebanyakan orang menganggap bahwa kesan pertama sangat penting untuk memberikan pandangan sementara seperti apa sosok orang sehingga bisa tercipta hubungan yang baik untuk kedepannya. Caranya dengan memanfaatkan judul email marketing sebagai kesan pertama bagi para pelanggan baru. Gunakanlah kata-kata menarik hati yang mampu menarik perhatian konsumen anda. Pilihan diksi yang menarik mata pula yang membuat pelanggan anda terhipnotis untuk mengklik email marketing anda.

  1. Gunakan Panggilan Khusus

Tentunya para pelanggan akan merasa senang jika diperlakukan secara khusus. Jadi, anda dapat melakukan dengan cara memanggil dengan nama sapaan pada awal kalimat sepert: “Hai, Andre”, setelah itu kalimat selanjutnya baiknya menggunakan sapaan formal sepeti “anda”. Hal ini disebabkan kata “Anda” bersifat lebih general yang dapat berlaku pada semua kalangan. Untuk memudahkannya, anda dapat melakukannya secara mudah lewat pelayanan autoresponder dimana email tersebut otomatis ditujukan pada para pelanggan yang telah ditentukan.

8 Cara Membuat Email Marketing Lebih Efektif Untuk Bisnis Online Anda

8 Cara Membuat Email Marketing Lebih Efektif Untuk Bisnis Online Anda

  1. Judul Menarik

Judul email (subject) memang memberi peranan penting untuk menarik perhatian para pelanggan. Buatlah judul yang menarik seolah-olah orang ingin sekali tahu mengenai informasi ynag ada di dalam email anda tersebut.

Judul yang menarik biasanya adalah pertanyaan yang bersifat umum bukannya promosi seperti: “Ingin tahu cara berbisnis online?” Adanya pertanyaan membuat klien semakin penasaran dengan jawaban tersebut. Selain itu, anda juga dapat mengaitkan produk dengan isu terkini (newsletter)  selain promosi produk, namun tetap menyisipkan latar belakang mengapa produk anda dibutuhkan.

baca juga Begini Cara Benar Promosi Online Untuk Pebisnis

  1. Pemilihan Waktu Pengiriman Email

Seringkali jika anda tidak tahu waktu yang tepat untuk mengirim email, maka hasil yang ada adalah email tidak akan terbaca. Oleh karena itu, anda harus mengetahui waktu yang tepat untuk mengirimnya. Sebenarnya waktu yang paling tepat untuk mengirimkan email marketing adalah antara jam 7-10 malam.

Hal ini disebabkan karena pada jangka waktu itu merupakan jam istirahat sehingga dia bisa lebih fokus untuk membaca email yang anda kirimkan. Pengiriman email pada jam tersebut mampu memperbesar peluang email terbuka dan memberikan respon terhadap email yang anda kirimkan.

  1. Jangan Gunakan BOT

BOT merupakan aplikasi bersifat robot yang mampu mengirimkan email pada banyak orang sekaligus. Kenapa tidak disarankan menggunakan BOT? Karena hal ini dianggap tidak efektif. Lebih baik anda menulis dan mengirimkan sendiri email yang anda kirim. Beberapa pelanggan juga takut membuka email dari BOT karena email yang dikirimkan sering dicurigai sebagai virus. Oleh karena itu, gunakanlah tools yang terpercaya. 8 Cara Membuat Email Marketing Lebih Efektif Untuk Bisnis Online Anda

Foto: coretiummedia com dan hubspot

jasa seo dan internet marketing