Aneka Minuman Es Bisnis UMKM yang Menjanjikan

jasa seo dan internet marketing

Aneka Minuman Es Bisnis UMKM yang Menjanjikan |  Sebagai negara yang berada pada lintasan garis katulistiwa, Negara Indonesia memiliki musim panas yang sangat menyengat. Apalagi jika berada di perkotaan dengan hiruk pikuk aktivitas yang tinggi. Cuaca mendungpun bisa menjadi sesak dan sangat panas. Menurunkan angka Air Conditioner juga hanya akan menambah kulit menjadi kering. Maka jalan satu – satunya adalah dengan minum.

Ya, aspek dehidrasi menjadi salah satu akibat dari ekstrimnya cuaca panas yang melanda negara kita. Termasuk juga karena pengaruh dari pemanasan global dan climate change yang belakangan menjadi isu mendunia.
Tapi pernah terpikir gak sih kalau dari pemikiran itu kita bisa memperoleh ide bisnis yang cukup menjanjikan? Ya sebagai pemula bisnis kita memang harus kreatif dan inovatif dalam memikirkan apa yang menjadi kebutuhan para calon customer kita. Salah satunya dengan berbisnis aneka minuman es. Jangan anggap remeh. Bisnis ini mungkin tergolong sebagai usaha mikro kecil menengah. Tapi tak masalah, toh yang namanya start up bisnis memang dimulai dari hal-hal kecil. Sekalipun jika itu UMKM, omsetnyapun bisa setara dengan industri maju.

 

aneka minuman es bisnis umkm

aneka minuman es bisnis umkm

baca juga 3 Ciri Inspirasi Usaha yang Berhasil

Aneka Minuman Es Bisnis UMKM yang Menjanjikan , dengan Bisnis minuman. Bisnis ini berbahan dasar air dan juga es batu. Bahan yang sangat mudah dijumpai di lingkungan sekitar kita. Plus gak pakai mahal. Jika kita ingin lebih jauh lagi terjun dalam bisnis aneka minuman ini kita harus mempertimbangkan hal-hal yang bisa jadi terkait dengan bisnis ini. Mengingat saat ini kita bisa menjumpai berbagai macam aneka minuman seperti teh yang beraneka ragam jenis inovasinya, susu yang dicampur dengan bahan ini dan itu untuk mendapat rasa yang enak. Belum lagi ada es tebu, es cincau, es sari kedelai dan lain sebagainya. Begitu banyak macam dan bentuk minuman es ini jangan menjadikan kita terpuruk atau kehilangan semangat, justru kita harus berimaginasi dan berinovasi. Bisa jadi kita lakukan dengan mix and match bahan yang sama, tapi dilakukan modifikasi, agar unik dan berbeda. Kalau sama kita bisa dikira cabang lapak yang sudah ada. Nah kita harus berfikir out of the box, sehingga calon pelanggan kita akan tertarik untuk membeli minuman produk bisnis kita.

Langkah Pertama Perencanaan.

Untuk menjalankan aneka minuman es ini, selain menghitung biaya produksi, kita juga harus memikirkan langkah – langkah yang matang. Seperti kata pepatah, awalan yang bagus akan mendapatkan akhiran yang lumayan bagus. Bisa kita perkirakan, harga 1 galon air kurang dari 20 ribu rupiah. Dan harga es batu hanya 15 ribu untuk satu kantong besar. Jika anda ingin menambahkan bahan-bahan lainnya, seperti essense atau pewarna, kita anggap besarannya hanya mencapai 60 ribu rupiah. Jadi total bahan baku usahanya hanya 100 ribu rupiah untuk kurang lebih 100 gelas. Murah bukan? So tunggu apa lagi, let’s act now!

investasi bisnis umkm

investasi bisnis umkm

Langkah Berikutnya Biaya Investasi 

kita perlu memikirkan biaya investasi seperti pencarian lapak hingga pembuatan lapak, design dan lain sebagainya. Nah disini kita perlu berfikir sejenak, karena ini akan menjadi landasan kita untuk menjalankan bisnis kita hingga akhir. Kita mungkin membutuhkan filosifi-filosofi idealis kita akan sebuah bisnis.

Tentunya filosofi ini harus berkaitan erat dengan keberadaan produk minuman kita. Jika kita memang tak bisa melakukannya sendiri, tak masalah. Kita bisa menghire orang untuk melakukan hal tersebut. Dan tenang saja, karena selalu ada “jasa kawan” yang selalu bisa andalkan. Alias, harga teman. Bila orang yang anda mintai tolong adalah teman anda. Jika itu kalangan profesional, maka bersiap merogoh kocek lebih dalam. Dan jangan lupa memilih orang yang benar-benar profesional untuk melakukannya. Sedangkan untuk pemilihan tempat lapak kita akan bertengger adalah suatu keputusan yang harus kita pikirkan masak-masak. Hal ini terkait dengan target atau pangsa pasar kita. Misal anak – anak umur 5 hingga 10 tahun. Maka kita bisa menempatkan lapak kita di kantin sekolah dasar.
Langkah selanjutnya adalah berdo’a. Ya apapun kepercayaan kita, berdo’a merupakan poin wajib dalam start up bisnis. Setelah berdo’a, kita harus mencari resep terbaik. Resep terbaik ini bergantung pada kita yang akan menjalankan bisnis. Akan fokus pada minuman tertentu atau tidak. Ada banyak contoh yang telah bergulir di bisnis nyata. Jadikan hal-hal tersebut contoh konkret. Sebenarnya langkah ini bisa dilakukan atau sifatnya harus dilakukan bebarengan dengan langkah pertama. Ya multitasking harus dilakukan jika kita adalah pemula. Karena waktu adalah uang. Jika kita terlambat satu detik saja, orang bisa saja membuka bisnis yang sama dengan kita.

Rekrut Karyawan

kita harus mulai mencari karyawan yang akan menghandle secara langsung dilapangan. Atau jika kita ingin menjalankannya sendiri, tak masalah untuk start up. Tapi jika bisnis kita sudah berkembang, mau tak mau kita harus mengambil pegawai atau karyawan. Dengan begitu kita bis fokus pada managemen dan juga perencanaan lapak baru. Selain itu kita jupa perlu memikirkan evaluasi dari lapak kita. Bisa jadi ada komplain-komplain dari customer yang akan membantu memberikan saran perkembangan dari bisnis kita. Sekali lagi, kita harus mengantisipasi hal tersebut.
Selain itu kita juga harus mulai memikirkan unsur kekurangannya atau hal-hal yang bisa membuat kita rugi, seperti es yang mudah meleleh. Ya karena panas akan melelehkan segalanya, termasuk bahan baku kita. Harap tenang. Kita manusia gak kekurangan akal, kita bisa membawa wadah es ke lapak kita nantinya. Dengan usaha tersebut diharapkan melelehnya es tersebut bukan merupakan kendala yang berarti. Dan lagi, kita harus bisa memperkirakan serta membaca situasi yang ada, kendala apa yang akan kita hadapi.

Promosi Bisnis

Kita harus melakukan promosi ini agar calon pembeli tahu bahwa ada jenis minuman es baru yang dapat dibeli di wilayah ini dan itu. Promosi ini penting sekali untuk menjaring minat para pembeli. Jadi lakukan dengan benar dan menarik. Jika anda ingin menggunakan teknologi, itu akan menambah nilai plus, karena akhir-akhir ini tren teknologi sangat mempengaruhi perkembangan bisnis usaha kecil mikro dan menengah.

Baca lagi SUKSES BERSAMA BISNIS UMKM ONLINE
Terakhir, sesuatu yang kita tak boleh lupa adalah fokus dan konsisten. Menjalani dunia bisnis terkadang mengasyikkan, tapi terkadang pula sangat menjemukan. Apalagi jika harus menghadapi persaingan bisnis yang sangat ketat. Kita sadar saat ini ada banyak aneka minuman yang beredar, diperjual belikan di luar sana. Tapi tenang, yang beda, yang inovatif, yang kreatif, akan selalu dicari.

Maka kita harus selalu inovatif dan kreatif dalam menangani masalah-masalah yang nantinya akan datang silih berganti. Kuncinya adalah fokus dan konsisten dari setiap langkah yang kita ambil untuk memajukan usaha kita. Ingatlah bahwa sukses tidak dapat dicapai dengan cara instan. Sekalipun usaha yang akan kita jalani ini tergolong sangat kecil, tapi kita harus melakukannya dengan konsisten dan sungguh-sungguh. Karena sukses tidak akan tercapai tanpa usaha yang kuat dan Aneka Minuman Es Bisnis UMKM yang Menjanjikan adalah benar

jasa seo dan internet marketing