Basrizal Koto Sang Inspirator Menggapai Kunci Sukses

jasa seo dan internet marketing

Basrizal Koto Sang Inspirator Menggapai Kunci Sukses | Jika anda adalah pemula bisnis, wajib hukumnya anda membaca tulisan ini. Tulisan tentang Basrizal Koto. Sosok pengusaha yang menjalani kehidupannya dari masa sulit hingga menjadi makmur seperti sekarang ini. Dia layak disandingkan dengan pengusaha yang juga memulai usaha dari level nol, seperti Dahlan Iskan, Karsiman Hady, juga Eka Tjipta Widjaja. Mereka jajaran pengusaha yang berusaha dengan sungguh-sungguh dan keuletan yang mampu menginspirasi banyak orang. Lalu siapa Basrizal Koto ini? Dan Bagaimanakah perjalanannya menjadi seorang pengusaha?

Tentang Basrizal Koto

Nama lengkapnya Basrizal Koto, saat kecil biasa dipanggil Basko. Basko lahir di Pariaman pada 11 Oktober, 56 tahun yang lalu. Basrizal Koto lahir dikeluarga miskin, ibunya bernama Djaninar dan ayahnya Ali Absar. Basrizal Koto memiliki 3 orang adik. Namun kemiskinan tak membuat ia mengeluh, ia kini menjadi salah satu pengusaha sukses di tanah air.

Kini Basrizal Koto memiliki dua rumah, satu di Jalan Diponegoro No 9 Pekanbaru, Riau dan satunya berada di Jalan Bangau Raya No 9 Pondok Labu, Jakarta Selatan. Sekalipun hanya mengenyam pendidikan hingga kelas 5 di sekolah dasar di kampungnya, ia adalah salah satu pengusaha sukses. Saat ini Basrizal Koto memiliki beberapa perusahaan seperti Haluan Media Group, Basko Grand Mall di Padang, Basko Hotel di Padang, Green City Tower di Riau, PT Cerya Zico Utama di Riau dan juga PT CRMP di Riau.

Dalam dunia organisasi, Basrizal Koto pernah menjadi Ketua Forum Silaturahmi Saudagar Minang (FSSM) periode 2008-2013; Ketua Umum Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) periode 2000-2015; Ketua Yayasan Pendidikan Bunda Riau dan Ketua Pembina ESQ Provinsi Riau. Prestasi yang pernah diterima Basrizal Koto adalah Asean Executive Golden World di Jakarta selaku Komisaris PT Basko Minang Plaza serta Preskom PT Inti Kharisma Mandiri Riau pada ahun 2001.

Kisah Sukses Kehidupan Basrizal Koto

Terlahir dikeluarga miskin membuat Basrizal Koto sangat tegar. Masa kecilnya sangat pahit, seringkalo dia makan sekali dalam sehari. Karena pekerjaan sang orang tua hanya buruh tani yang mengolah gabah. Bahkan Ibunya sering meminjam beras ke tetangga demi untuk makan keluarga. Melihat kenyataan itu, Basrizal Koto bertekat kuat untuk merantau ke Riau, untuk mengubah nasib, itulah impiannya.

Sebelum merantau, ibunya berpesan pada Basrizal Koto untuk selalu menerapkan 3K dalam hidup. 3K yang dimaksud adalah pandai-pandailah dalam berhubungan dengan orang, manfaatkan peluang dan kesempatan yang mungkin muncul, serta bekerjalah dengan komitmen tinggi. Basrizal Koto akhirnya masuk ke Riau pada tahun 1972 dengan menumpang bus gratis dari Pariaman ke Pekanbaru

Di Riau, pekerjaan pertama yang dijalani Basrizal Koto adalah menjadi kernet oplet. Berkat kemampuannya dalam berkomunikasi di hari pertama dia mampu membantu seorang sopir angkutan. Basrizal Kotopun bekerja siang dan malam selama 2 tahun. Impiannya kala itu untuk menyewa kontrakan, dengan tujuan untuk menampung keluarganya.

Basrizal Koto Sang Inspirator Menggapai Kunci Sukses

Basrizal Koto Sang Inspirator Menggapai Kunci Sukses

Pekerjaan lainnya adalah menjadi seorang penjual pete. Basrizal Koto berbisnis pete tanpa modal uang. Modal yang digunakannya adalah modal kepercayaan. Pete yang belum dibayar dijajakan Basrizal Koto dari satu restoran ke restoran yang lain. Basrizal Koto menjual pete dengan harga yang lebih tinggi agar memperoleh laba. Singkat cerita Basrizal Kotopun pindah ke Padang dengan menjadi sopir, tukang pemborong, tukang jahit. Hingga akhirnya Basrizal Koto bekerja menjadi makelar motor dan mobil selama dua tahun di Padang.

Tahun 1982, Basrizal Koto menikah, dan setahun kemudian mereka kembali ke Pekanbaru. Seluruh keluarganya turut dibawa, mulai dari ibu, adik dan anaknya yang paling tua, Lidya. Di Pekanbaru, Ia mulai membuka toko asesoris/variasi mobil. Toko asesoris ini merupakan rintisan bisnis pertama di Pekanbaru. Selain karena doa keluarga, juga karena tak ada saingan usaha tersebut sangat maju. Bahkan ia dapat memberangkatkan orangtuanya ke Tanah Suci untuk melangsungkan ibadah haji.

Basrizal Koto Sang Inspirator Menggapai Kunci Sukses , Dua tahun berlalu, usahanya sangat maju dan akhirnya ia mendirikan sebuah perusahaan pada tahun 1985. Pada saat itu, ia masih berumur 26 tahun dan mendirikan perusahaan pertamanya, PT Cerya Zico Utama di Pekanbaru. Perusahaan itu bergerak di bidang jual beli mobil bekas dan mobil baru, dan satu-satunya di Riau saat itu. Tak hanya berhenti disana, tahun 1989 menjadi momentum keberhasilan Basrizal Koto. Karena pada saat itu, dengan bendera  PT Barata Jaya Utama, ia ditunjuk sebagai Dealer Utama Chevrolet oleh PT Garmak Motor untuk wilayah Provinsi Riau.

Kesuksesan demi kesuksesan menyusul setelahnya, tahun 1991 Basrizal Koto berhasil mendirikan PT Basco Jaya Utama sebagai main dealer Chevrolet di wilayah Sumatera Barat. Dan pada tahun 1994 akhir, Basrizal Koto mendirikan PT Basko Minang Plaza yang merupakan cikal bakal berdirinya Minang Plaza yang terletak di Air Tawar, saat ini disebut Basko Grand Mall. Seselesainya pembangunan Minang Plaza, di Pekanbaru Basrizal Koto mendirikan PT Bastara Jaya Muda, perusahaan yang bergerak dalam bidang transportasi kayu.

Kini, jumlah bisnis yang dikelolanya mencapai 15 perusahaan bisnis. Sejak tahun 2006 Basrizal Koto juga terjun ke bisnis penambangan batu bara di Riau, plus bisnis penyediaan jasa TV kabel dan Internet di Sumatra. Tak hanya berkutat di Sumatera, Basrizal Koto juga mengembangkan bisnisnya ke Jakarta. Ia membangun Basko Green Tower di Jalan TB Simatupang Jakarta Selatan setinggi 40 lantai. Tak hanya berkutat di bisnis, Basrizal Koto juga berkali-kali menjadi seorang motivator. Basrizal Koto memberikan ceramah untuk memotivasi kalangan anak muda maupun mahasiswa bahkan juga sarjana untuk dapat menjadi pengusaha, minimal bisa mandiri, katanya.

Sekarang ini, Basrizal Koto memiliki ribuan karyawan dan beberapa perusahaan yang masuk dalam MCB Group miliknya adalah PT Basko Minang Plaza (pusat belanja), PT Cerya Riau Mandiri Printing (percetakan), PT Cerya Zico Utama (properti), PT Bastara Jaya Muda (tambang batubara), PT Best Western Hotel (Hotel Basko), dan perusahaan lainnya.

Sebagai pengusaha yang memulai usahanya dari nol, ada pesan yang disampaikan oleh Basrizal Koto. Bahwa “kerja keras dan kemauan yang tinggi dapat membangun kepercayaan diri. Kuncinya adalah tidak pernah merasa takut untuk memulai terjun ke bisnis apapun. Karena jika takut dan ragu serta memikirkan resiko, tidak akan pernah ada yang bisa dilakukan. Selalu percaya pada feeling dan insting”.

Nah pertanyaannya sekarang adalah kapan anda memulai bisnis? Mulailah sekarang juga, karena jika masih takut dan ragu juga tetap memikirkan resikonya tak akan pernah ada bisnis yang bisa dilakukan. Yang paling penting dalam memulai bisnis adalah kerja keras dan kemauan yang tinggi. Sudah banyak contoh orang sukses yang sangat inspiratif dalam memulai usahanya dari nol, dari keluarga yang miskin dan bahkan tanpa modal. Maka, sekarang giliran anda mempraktekkannya, Basrizal Koto Sang Inspirator Menggapai Kunci Sukses

.

jasa seo dan internet marketing