Belajar di Jerman dan Belajar Bahasa Jerman di Lister.co.id

Brazilian Soccer Schools

BUO – Jerman adalah salah satu negara di Eropa yang paling dituju untuk keperluan studi. Terutama di bidang teknologi dan kesehatan.

Banyak universitas ternama yang ada di negara ini. Salah satu yang paling familiar adalah Universitas yang dulu menjadi tempat belajar Mantan Presiden Republik Indonesia, yaitu  Rheinisch-Westfälische Technische Hochschule (RWTH) Aachen, Jerman Barat.

Selain universitas tersebut, Jerman juga memiliki sekitar 400 universitas atau perguruan tinggi. Dari universitas-universitas tersebut banyak di antaranya yang masuk rangking internasional dan telah diakui di seluruh dunia.

Sebut saja seperti Freie Universität Berlin (Free University of Berlin), Ludwig Maximilians University (LMU) Munich, Technische Universität München (Technical University of Munich/TUM), Universität Heidelberg (Heidelberg University), dan masih banyak lagi.

Selain itu, Jerman menjadi salah satu tujuan belajar yang paling banyak diminati karena negara ini memberikan fasilitas belajar sampai lulus kapada seluruh mahasiswanya tanpa tuition fees.

Mahasiswa lokal maupun mahasiswa asing dapat mengakses pendidikan gratis ini tanpa terkecuali di seluruh universitas Negeri untuk jenjang strata 1 (undergraduate). Dan untuk program Master’s Degree setiap mahasiswa juga hanya mengeluarkan sedikir biaya setiap semesternya, tanpa terkecuali.

Tentu sangat menggiurkan, selain kita bisa mengakses pendidika bertaraf internasional dengan metode pembelajaran dan kurikulum yang diakui seluruh dunia, kita juga bisa mengakses pendidikan secara gratis sampai lulus.

Biaya hidup di Jerman juga cukup terjangkau jika dibandingkan dengan kota-kota lain di Eropa. Atau kota-kota dengan universitas-universitas ternama di dalamnya. Seperti London, Zurich dan Paris. Bahkan kita juga bisa lebih berhemat jika tinggal di luar kota-kota besar seperti di Gamburg atau Munich.

Biaya hidup yang murah sangat membantu bagi mahasiswa khususnya mahasiswa asing. Akan sangat percuma jika kita diterima di salah satu universitas ternama di jerman dengan tanpa tuition fees jika biaya hidup di negara tersebut sangat Mahal. Tentu kita akan berpikir dua kali untuk mengambil kesempatan tersebut.

Nah, selain biaya hidup yang murah, di Jerman juga memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk mendapatkan pekerjaan sampingan dengan mudah. Hal ini dikarenakan Jerman memiliki ekonomi yang sehat. Ekonominya tidak dipusatkan di satu atau dua kota saja, melainkan tersebar di seluruh negara.

Misalnya saja Hamburg menjadi pusat industri media dan perdagangan, kemudian Munich dan Stuttgart menjadi pusat industri automotif, sednagkan Frankfurt menjadi pusat finansial.

Hal ini membuat akses pekerjaan menjadi semakin mudah. Kita tidak perlu pergi ke lintas kota untuk mendapatkan pekerjaan tertentu.

Kemudian alasan lain mengapa Jerman menjadi salah satu tujuan belajar adalah karena Jerman berada di pusat atau tengah-tengah Eropa. Hal ini membuat Jerman menjadi sangat strategis.

Jerman berbatasan dengan 9 negara Eropa lainnya yaitu Denmark, Polandia, Republik Ceko, Austria, Swiss, Perancis, Luxemburg, Belgia, dan Belanda.

Di mana dari beberapa negara tersebut juga menggunakan Bahasa Jerman sebagai bahasa ibu, dan juga sebagai bahasa minoritas di negaranya.

Negara yang menggunakan Bahasa Jerman sebagai bahasa ibu adalah Austria, Luxemburg dan Swiss. Kemudian sisanya menggunakan Bahasa Jerman sebagai bahasa minoritas.

Dengan menguasai satu bahasa saja, yaitu Bahasa Jerman kita sudah dapat berkomunikasi dengan orang-orang di berbagai negara tersebut,

Hal ini tentu membuka kesempatan bagi para mahasiswa sehingga dapat melakukan travelling ke negara-negara tersebut untuk mengisi waktu liburan selama kuliah. Terlebih transportasi yang mengubungkan Jerman dengan negara-negara tersebut sudah sangat modern dan nyaman.

Namun, satu hal yang paling penting disiapkan sebelum kita belajar di Jerman adalah penguasaan Bahasa Jerman itu sendiri.

Meskipun tidak bisa dipungkiri sekarang sudah banyak universitas di Jerman yang membuka beasiswa internasional menggunakan Bahasa Inggris. Tetapi penguasaan Bahasa Jerman tetaplah penting, terutama untuk percakapan sehari-hari dengan masyarakat sekitar misalnya ketika berbelanja atau membeli sesuatu.

Kita perlu memilih lembaga les yang sesuai dengan kebutuhan kita, yaitu untuk keperluan belajar di Jerman. Salah satu Platform yang saat ini menyediakan pembelajaran Bahasa jerman yang terstruktur dan juga sistematis dengan metode yang bagus adalah Lister.co.id.

Belajar Bahasa Jerman di Lister.co.id

Berada di negeri asing tanpa mengetahui sedikitpun bahasa yang digunakan di negara tersebut tentu akan sangat susah.

Kita tahu bahwa bahasa adalah alat komunikasi satu-satunya. Meskipun kita bisa menggunakan bahasa isyarat untuk membeli sesuatu yang kita butuhkan misalnya. Namun bahasa isyarat tersebut pada akhirnya akan sangat terbatas.

Tentunya karena bahasa isyarat tersebut dalam taraf tertentu juga akan membutuhkan suatu kesepakatan. Bisa jadi apa yang kita isyaratkan tidak sampai maknanya terhadap orang lain, atau bahakn berbeda sama sekali.

Nah salah satunya adalah belajar bahasa yang digunakan di negara tersebut. Dan jika ingin belajar di Jerman, perlu kiranya untuk belajar Bahasa Jerman.

Lister dapat membantu kita mempelajari Bahasa Jerman dengan mudah dengan kursus bahasa jerman dengan metode yang telah diakui dan para tutor yang juga telah tersertifikasi.

Lister membarikan pelatihan sesuai dengan kebutuhan siswanya. Misal jiak siswa membutuhkan belajar Bahasa Jerman untuk keperluan bisnis maka Lister akan membantu juga memperluas jaringan bisnis kita, yaitu dengan memperkenalkan berbagai klub belajar Bahasa Jerman.

Lister akan membuat kita lebih banyak mengenal para pelaku bisnis yang tentunya akan sangat berguna bagi perkembangan karir kita.

Misalnya juga dalam hal ini untuk keperluan belajar di Jerman. Lister juga akan mengenalkan dengan lingkungan atau klub belajar yang berisi mahasiswa Jerman, sehingga hal ini bisa dijadikan sebagai perluasan jaringan dan metode menyerap informasi terkait bagaimana perkuliahan di Jerman.

Melalui grup-grup tersebut tentu hal ini akan menstimulasi setiap siswa yang belajar di Lister lebih aktif dalam proses belajar karena berada di lingkungan yang menggunakan Bahasa Jerman.

Lister dalam hal ini memberikan kesempatan belajar Bahasa Jerman secara langsung dan interaktif yang bisa membantu kita lebih fasih dalam menggunakan Bahasa Jerman.

Nah, setelah kita belajar di Lister melalui paket-paket yang ditawarkan dan sudah mahir dalam berbahasa Jerman, kita tinggal mempersiapkan hal-hal lain yang menjadi prasyarat sebelum kuliah atau belajar di Jerman.

Terutama adalah menentukan universitas dan jurusan yang akan kita tuju di Jerman. Setelah itu kita perlu menyiapkan proses aplikasinya dan mempelajari requirement yang dibutuhkan di universitas yang sudah kita pilih.

Lengkapi requirement tersebut kemudian kenali istilah Studienkolleg yaitu sekolah persiapan khusus untuk orang asing agar memiliki level pendidikan dan kemampuan bahasa yang cukup untuk belajar di universitas Jerman. Nah, sebelum apply di universitas yang kita tuju, kita perlu apply di sekolah ini dulu.

Kemudian, kita tinggal mempersiapkan perencanaan untuk pembiayaan kuliah, menyusun motivation letter, menyusun recomendation letter, dan masukkan aplikasi kita. Setelah itu, tinggal nunggu pengumuman deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Read More

Seluk Beluk TOEFL

Kebanyakan sekolah atau universitas di Amerika Serikat mensyaratkan skor TOEFL sebagai syarat pendaftaran, sekaligus untuk membuktikan kemampuan berbahasa…