Bisnis Travel Alternative Bisnis Untuk Mahasiswa

jasa seo dan internet marketing

Bisnis Travel Alternative Bisnis Untuk Mahasiswa | Berawal dari hobby travelling-nya dan kesukaannya kepada pulau dewata Bali, Kevin Giga Dalidd Founder sekaligus CEO DM Holiday menjalankan usaha travel agentnya sambil menyelesaikan kuliahnya di Bandung.

DM Holiday menawarkan ide berwisata yang fresh dan cocok untuk anak muda seperti tujuan-tujuan wisata di baru di Bali layaknya secret beach, cafe, beachclub, hingga fastboat untuk menuju pulau sekitar seperti Nusa Lembongan dan Gili Trawangan. Usaha yang dimulai sejak Januari 2014 hingga kini telah berumur hampir satu setengah tahun DM Holiday dapat mengantongi omzet 7-20 juta per bulan.

Baca Trik Mendapatkan Tiket Pesawat Dengan Harga Murah

Sang pemilik menginginkan agar travel agentnya dapat menyentuh pasar anak mudanewly wed couple dengan range umur 16-30 tahun. Dengan produk dan pengetahuan yang ia tawarkan, ia berharap bahwa setiap orang yang berlibur dengan jasanya mendapat kesegaran dan suntikan inspirasi setelah penat menjalani keseharian di dunia perkantoran. “Jadi pas customer balik lagi ke daerah asalnya dia merasa lebih fresh dan punya pemikiran baru untuk menjalani kesehariaannya” , ungkap Kevin.

bisnis travel alternative bisnis mahasiswa

bisnis travel alternative bisnis mahasiswa

Tantangan start-up bisnis

Masalah dan tantangan pasti tidak luput dalam menjalankan sebuah bisnis, mulai dari masalah permodalan hingga mencari customer untuk dapat menggunakan jasanya pernah dirasakan olehnya. Ada cerita unik dimana Ibu dari seorang customernya menghubunginya dan menanyakan kejelasan bisnisnya hingga kontak pribadi Kevin.

Orang tua tersebut sempat tidak percaya jika anaknya menggunakan jasa travel dari DM Holiday akan dapat sampai ke Bali dengan selamat dan tidak ada embel-embel biaya lain di Bali. Masalah lain tentunya dialami oleh bisnis yang notabene menawarkan produk jasa, customer yang beragam memiliki beragam pula karakter ada yang cerewet, ada yang baik dan ramah, dan juga ada yang tidak bayar saat ditagih pelunasan.

“ Ya, pernah kita rugi lumayan juga, waktu itu ada yang tidak bayar overtime sewa mobil, jadi supirnya disuruh nunggu dia sampai pagi di depan hotel, sampai dia balik ke Jakarta akhirnya dia ngga mau bayar juga.” Masalah tersebut dapat dijadikan pelajaran bagi pemula di bidang bisnis untuk merombak sistemnya agar lebih baik lagi. Hal itu menjadi alasan bagaimana pengusaha yang sudah lama berusaha lebih settle karena memiliki banyak pengalaman di bidang usahanya.

Kunci utama dalam bisnis jasa adalah masalah kepercayaan dimana suatu bisnis sudah ternama dan memiliki rekam jejak yang baik di mata calon customer. Memang cukup sulit menurutnya masyarakat Indonesia untuk mencoba hal baru, mereka lebih terbiasa mencari yang sudah pasti dan sudah ternama.

Itulah yang membuat sulitnya mengangkat bisnis jasa dari awal ia dilahirkan sampai mendapatkan trust oleh calon customer – nya. DM Holiday memiliki fokus kepada customer lokal dimana masyarakat Indonesia saat ini sudah memiliki keinginan untuk berlibur dan menjadikan liburan sebuah event pribadi dalam sela-sela kesehariannya sekedar untuk refreshing sampai mencari ide bisnis baru.

Namun dengan berkembangnya fasilitas online pariwisata seperti booking hotel, tiket pesawat dan lain-lain cukup menjadi tantangan. Menurut Kevin, tetap ada kelebihan menggunakan jasa travel, yaitu mendapatkan kepastian, jadwal yang jelas, dan update mengenai kejadian yang terjadi di lokasi tujuan wisata tersebut seperti kenaikan harga, bencana alam, kesulitan akses, dan lain-lain.

Bisnis Travel Alternative Bisnis Untuk Mahasiswa , “Liburan itukan orang pergi dari tempat dia tinggal ke tempat yang punya jarak tertentu dari tempat tinggalnya, jadi dia belum tentu tahu medan dari tujuan wisata tersebut, menggunakan agen travel untuk menyusun trip dia biasanya lebih membuat dia aman dan nyaman tipikal masyarakat kita yang memilih untuk aman.”, ujar Giga sapaan akrab rekan-rekannya.

Memilih untuk start up bisnis, diakuinya tidak terlalu menggangu pendidikannya di jurusan Hubungan Internasional Universitas Parahyangan. Menurutnya untuk memulai suatu bisnis dibutuhkan suatu momentum yang akan menjadi salah satu fondasi dari suatu bisnis, sehingga waktu yang tepat untuk memulai usaha dapat dimulai kapanpun.

Bob Sadino pernah berkata bahwa bisnis yang bagus itu adalah bisnis yang sudah dimulai bukan ditanyakan terus, mempercayai hal itu Kevin mantap membuka usahanya walaupun pada awalnya idenya sempat ditolak oleh rekan hingga orang tuanya. “Awalnya orang tua kurang interest dengar ide saya untuk bisnis travel ini, ya pasti pinjaman modal juga ga turun, tapi pas sudah jalan mereka mendukung.

“ Dalam memulai bisnis travel ia menjelaskan bahwa harus dimulai dari rekan dan koneksi terdekat karena orang-orang itu yang akan lebih percaya akan jasa yang kita tawarkan hingga berkembang mulut ke mulut hingga mendapat customer yang banyak.

Pada awal tahun ini DM Holiday berkesempatan untuk dipercaya membawa rombongan artis dan rekannya untuk mengadakan kegiatan sosial dan berlibur di Bali. Kesempatan tersebut didapatkan setelah DM Holiday berjalan satu setengah tahun lamanya.

bisnis travel alternative bisnis mahasiswa, bisnis mahasiswa, peluang bisnis untuk mahasiswa, peluang bisnis dari bali, bandung, bisnis alternative dari travel

bisnis travel alternative bisnis mahasiswa

Tips lain dari Kevin dalam berbisnis adalah sang pemimpin perusahaan harus intens memberikan semangat usaha terhadap team (sapaannya untuk pegawai) karena justru mereka yang lebih mudah kehilangan semangat dalam bekerja dan rasa memiliki akan bisnis. Bentuknya dapat berupa insentif atau ide-ide baru dalam bisnis tersebut. “Intinya konsep, manajerial, dan cashflow “ , ungkap – nya.  Semoga menginspirasi entrepreneur muda lainnya!, Bisnis Travel Alternative Bisnis Untuk Mahasiswa

jasa seo dan internet marketing