Bisnis UMKM Via Online yang Wajib Dijajal

jasa seo dan internet marketing

Bisnis UMKM Via Online yang Wajib Dijajal | Usaha mikro kecil dan menengah dewasa ini berkembang sangat pesat. Berbagai macam usaha dicoba dikembangkan dan ditawarkan di pasaran. Mulai dari yang merintis dari nol hingga yang bermodalkan jutaan rupiah. Hingga kini tak terhitung jenis dan jumlahnya. Tidak hanya bisnis dengan lapak real. Seiring berjalannya perkembangan dunia teknologi dan juga digital, market menjadi lebih luas. Usaha yang didasarkan via onlinepun sudah mulai merajai pasar semenjak 10 tahun terakhir.

Bisnis UMKM Via Online yang Wajib Dijajal

Bisnis UMKM Via Online yang Wajib Dijajal

Pada awal tahun 2015 ini, internet sudah seperti lingkungan kedua kita. Bagaimana tidak, berbagai macam pergerakan dan aktivitas dunia bisnis di Indonesia begitu bergantung pada internet. Bermacam – macam feature dapat dengan mudah kita temukan pada internet ini. Cukup ketikan keyword, dan kita tinggal memilah milih mana yang cocok akan kebutuhan kita. Ya, perkembangan pesat dunia internet mengantarkan banyak dampak positif bagi sebagaian besar masyarakat di Indonesia, bahkan manca negara lainnya. Mulai dari kemudahan mendapatkan informasi dari belahan dunia, kemudian berinteraksi sesama, dan bahkan juga kemudahan mengembangkan karir. Termasuk melakoni usaha dengan sistem online. Usaha ini wajib dicoba dan menjadi rekomendasi khusus di tahun-tahun ini juga tahun-tahun mendatang.

Baca Lagi toko online

Kriteria Usaha Mikro Kecil Menengah

Bisnis UMKM atau usaha mikro kecil dan menengah sejatinya memiliki definisinya sendiri. Menurut Undang-Undang No 20 tahun 2008 tentang usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM, ada tiga kriteria bisnis yang kemudian bisa kita sebut sebagai UMKM. Tiga kriteria tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, usaha tersebut memiliki tenaga kerja yang tidak lebih dari 5 orang;
  2. Kedua, kekayaan bersih paling banyak yang bisa dihasilkan sebesar Rp 50 juta. Dan nilai tersebut  tidak temasuk tanah dan bangunan tempat usaha;
  3. Ketiga, hasil penjualan tahunan yang dapat dihasilkan adalah maksimal Rp 300 juta.

Selain kriteria tersebut, menurut sebuah penelitian, ciri-ciri usaha mikro kecil menengah adalah sebagai berikut.

  1.  Jenis barang usahanya tidak tetap, dan dapat berganti pada periode tertentu;
  2.  Tempat usahanya tidak selalu menetap atau dapat berubah sewaktu-waktu;
  3. Belum melaksanakan administrasi keuangan yang sederhana dan belum/tidak memisahkan antara keuangankeluarga dengan keuangan usaha tersebut;
  4. Sumber daya manusia (pengusaha) belum memiliki jiwa enterpreuner yang memadai;
  5. Pada umumnya belum akses ke perbankan
  6. Umumnya tidak mempunyai izin usaha atau prasyaratan legalitas lainnya termasuk Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Sesuai dengan kriteria dan ciri-ciri tersebut, maka sebagai pemula bisnis kita memang layak melakoni jenis bisnis ini. Dan dengan kriteria yang ada kita bisa mengandalkan bisnis online. Mengingat bisnis online tidak memerlukan tempat usaha secara khusus. Selain itu, bisnis via online ini semakin hari semakin terbuka luas kesempatannya. Ya, mengingat kemudahan akses internet oleh para netizen atau masyarakat kita. Mereka yang notabene bergaul melalui internet tentu orang dengan daya beli yang cukup.

Bisnis UMKM Via Online yang Wajib Dijajal

Bisnis UMKM Via Online yang Wajib Dijajal

Online Clothing Jadi Andalan Bisnis Online

Jadi, apa sebenarnya bisnis online itu? Mungkin kita bisa mengartikan sepenggal-sepenggal. Bisnis diartikan sebagai seluruh hal yang berhubungan dengan jual beli produk maupun jasa. Sedangkan arti dari online adalah on the line. Berada pada jaringan. Jaringan tersebut yang biasa kita sebut dengan internet. Dan di dalam internet kita mengenal banyak istilah, termasuk website dan juga sosial media. Jadi bisnis online bisa kita simpulkan sebagai ajang bisnis yang menggunakan internet sebagai lapak transaksional antara penjual produk maupun jasa pada para konsumennya.
Bisnis online selama 5 tahun terakhir ini memang berkembang sangat pesat dan menjadi idola tersendiri bagi kalangan pemula usaha maupun kalangan profesional. Ada berbagai banyak alasan. Salah satunya adalah karena kemudahan dan life style yang begitu banyak berubah sejak keberadaan internet ini semakin lekat di tengah – tengah kehidupan bermasyarakat kita. Selain itu juga dikarena usaha ini terbilang cukup mudah, hanya mengandalkan platform tertentu saja.

Hingga detik ini, bisnis online tumbuh dan berkembang dengan baik.
Di negara kita, bisnis online yang paling banyak dilakoni adalah bisnis clothing. Bisnis clothing memang memiliki karakteristik yang bagus untuk ditampilkan dalam lapak online. Mengingat barang yang dijual tidak mudah rusak atau busuk. Bila pengiriman terlampau jauh akan tetap terjaga dengan baik, berbeda dengan bisnis kuliner.
Belakangan ini, online shop, sebutan lain untuk toko dengan lapak online, berkembang biak dengan sangat cepak. Sangat menjamur, bahkan seperti terjadi perpindahan butik atau mall ke gadget kita. Kita lihat yang terkenal di Indonesia, seperti berrybenka; elevenia; zalora; dan berbagai macam online clothe menjadi outlet ternama di dunia maya.

Terdapat jumlah yang fantastis, bukan hanya puluhan tapi sudah mencapai ratusan online shop. Dan toko online ini semakin hari semakin diminati oleh konsumen. Karena sekali lagi kemudahan aksesnya membuat konsumen yang tak ingin repot menjadi lebih mudah dan terarah. Ibaratnya, konsumen tinggal klik untuk milih, bayar pun bisa via internet banking, selesai. Tinggal tunggu produk tersebut diantar sampai rumah. Done!

Tips Melakoni Bisnis Online

Bila kita ingin memulai atau bahkan sudah mulai melakoni bisnis online ini, kita harus menjaga kestabilan dari pengunjung lapak online kita. Dengan begitu, sustainable dari usaha online kita akan terjaga dengan baik. Itu pertama kali yang paling penting dalam usaha online. Karena jika hits yang masuk ke lapak kita tak terlalu banyak maka produk maupun jasa yang kita tawarkan juga mempengaruhi penjualan. Sehubungan dengan hal tersebut ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjaring konsumen ini. Check it out!

Platform harus menarik

Platform berkaitan dengan sistem tempat kita menentukan lapak produk atau jasa yang akan kita jual. Misal kita menggunakan website atau menggunakan media sosial seperti instagram. Atau memadu padankan keduanya. Pemilihan platform ini sangat penting untuk menjaring hits dengan segmentasi-segmentasi yang diprioritaskan pada tingkatan tertentu. Sesuai dengan pangsa pasar kita. Selain pemilihan, pengaturan tampilan agar semenarik mungkin juga perlu diperhatikan. Secara phisikologis, hal ini akan menambah daya tarik pengunjung.

Optimasi SEO

Untuk menjaring hits yang banyak, kita harus mengalahkan beribu-ribu traffic di internet. Hal itu sangat lumrah sebagai salah satu rintangan para pembisnis online. Jika produk anda ingin selalu dikunjungi pada saat pencarian, makesure website anda selalu berada di halaman pertama google. Jadi saat orang mencari produk seperti yang anda jual, website anda menjadi salah satu website yang terlihat pertama kali. Dan itu bisa dilakukan dengan menjalankan SEO. SEO merupakan singkatan dari search engine optimization. Fungsinya menjadikan website kita berada pada halaman awal google saat orang mengetikannya pada kolom search.

Advertise

Iklan atau advertise ini sangat banyak dilakukan baik di media online, media cetak maupun digital. Sebelum melakukan advertising produk atau jasa kita harus mampu menemu kenali pangsa pasar kita hingga di level mana. Contoh bila produk yang kita jual adalah sepatu untuk remaja, anda perlu beriklan di media – media yang banyak menjaring remaja dalam media tersebut, seperti facebook. Saat ini fitur iklan pada facebook sudah sangat canggih. Jadi sudah bisa dilakukan dengan mudah.

baca juga artikel bisnis minuman
So, tertarik untuk berbisnis online? Jika iya, mari kita berinovasi. Karena kesuksesan berbisnis tidak hanya dilihat dari produk atau jasa apa yang dijual, tetapi dinilai dari keberlanjutan Bisnis UMKM Via Online yang Wajib Dijajal

jasa seo dan internet marketing