Bisnis UMKM Yang Menguntungkan Dari Hama Bekicot

jasa seo dan internet marketing

Bisnis UMKM Yang Menguntungkan Dari Hama Bekicot | Evolusi Bekicot dari Sumber Hama Menjadi Sumber Dana, Sungguh menjadi masalah besar ketika tanaman yang kita miliki dirusak oleh hama, baik yang berasal dari jenis hewan maupun tumbuhan, tanaman yang dirawat setiap hari dengan rapi menjadi rusak seketika, ketika adanya perubahan musim kemarau menjadi hujan.

Bekicot, merupakan salah satu hama tanaman hias yang paling mengganggu, dengan perkembang biakan yang sangat cepat di musim hujan, populasinya semakin meledak , hal tersebut disebabkan habitat lembab yang semakin banyak ditemukan oleh bekicot pada musim hujan ini. Rerumputan disebelah rumah yang biasanya kering, menjadi basah dan lembab di pagi dan sore hari, bahkan sering ditemukan bekicot pada kamar mandi ketika musim hujan, di sela-sela perkampungan kota.

Pembasmian hama bekicot, normalnya dilakukan dengan menginjaknya dan meremas hingga cangkangnya hancur, anak-anak kecil biasanya sengaja melindas dengan sepeda pancalnya hingga bekicot mati dengan menjadikannya permainan. Cara membasmi hama bekicot secara efektif, dengan mengubah hama bekicot menjadi salah satu sumber penghasilan, yaitu dengan menjualnya langsung pada yang memerlukan atau mengolahnya dahulu, agar bekicot mempunyai nilai jual yang lebih tinggi.

Bisnis UMKM Yang Menguntungkan Dari Hama Bekicot

Bisnis UMKM Yang Menguntungkan Dari Hama Bekicot

Salah satu nilai bisnis dari bekicot , yaitu dagingnya mempunyai manfaat sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan sesak nafas dan bisul, selain itu cangkang bekicot juga bisa dimanfaatkan sebagai pangan hewan ternak, khususnya untuk ayam Bangkok, dengan menginjak cangkang bekicot dengan kaki kita, ayam Bangkok dengan cepat akan melahap habis.

Jenis Olahan Bekicot di Indonesia

utamanya digunakan sebagai lauk pauk dan keripik. Cara mengolah bekicot harus diperhatikan dengan sangat baik, karena jika lendirnya belum kering, rasa bekicot sangat tidak enak dan tidak bisa dikonsumsi. Mengeringkan lendir bekicot yaitu dengan merebusnya selama satu jam bersama jahe , daun jeruk nipis dan jeruk nipis, tujuannya adalah agar daging bekicot mudah dicukil dari cangkangnya dan menghilangkan bau amis bekicot, setelah itu kita dapat mengolahnya menjadi keripik ataupun lauk pauk.

Dari sini kita bisa memilih jenis bisnis olahan bekicot mana yang akan kita jual, apakah bekicot sebagai lauk pauk atau sebagai keripik. Kita bisa mencontoh dari Pak man yang telah  dan sate bekicot selama 5 tahun sebagai pedagang keliling. Setiap pagi pak man harus mencari bekicot dikebun pisang dekat rumahnya sebagai bahan baku utama untuk membuat sate dan krengsengan bekicot, untuk mengolah krengsengan bekicot pak man menyiapkan bumbu bumbu rahasia diantaranya cabe, merica, garam, dan gula yang sudah ditakar dengan sempurna

Bisnis UMKM Yang Menguntungkan Dari Hama Bekicot , untuk pembuatan sate bekicot pak, man menumis bekicot menggunakan bumbu kecap setelah itu baru memasuk kan daging bekicot yang telah dipotong dadu kedalam tusuk sate, jadi pembuatan sate bekicot ini adalah dengan menumisnya dulu sampai matang kemudian dipotong-potong dan dimasukkan ke tusuk sate, bukan seperti pembuatan sate pada umumnya yang matang karena dibakar, jadi sate bekicot tidak dibakar sama sekali karena jika dibakar daging bekicot akan keras dan cepat gosong, dinamakan sate bekicot karena dimasukkan kedalam tusuk sate.

Bisnis UMKM Yang Menguntungkan Dari Hama Bekicot

Bisnis UMKM Yang Menguntungkan Dari Hama Bekicot

Setelah itu pak man mengemas sate bekicot dan krengsengan bekicot kedalam bungkusan yang telah disiapkan, setiap kemasan sate bekicot berisi 7 tusuk sate, untuk setiap kemasan krengsengan bekicot berisi 4 sendok makan krengsengan. Setiap kemasan pak man membandrolnya dengan harga cukup murah yaitu hanya Rp 3500 saja.

Lain Pak man lain lagi Pak sunarto, Pak sunarto dengan sengaja mengembang biakkan bekicot dikebun miliknya, ia menebar sebanyak 35.000 bekicot dikebunnya, habitatnya dibuat agar perkembangbiakan bekicot bertumbuh semakin cepat. Bekicot ditebar di kebun yang dipenuhi oleh pohon pisang. Setiap jarak 2 meter dari rumah habitat bekicot yang ditutupi oleh genteng berjejer, selalu ditanami oleh pohon pisang agar habitat bekicot tetap lembab.

Dalam 3 bulan, Pak sunarto telah menuai panen bekicot yang jumlahnya cukup fantastis dari 35.000 bekicot yang ditebar, setelah 3 bulan kemudian telah menjadi jutaan bekicot. Pak sunarto mengakui selama ini tidak kebingungan menjual bekicotnya, karena banyak orang eropa khususnya perancis yang mau membeli berapapun jumlah dari bekicot yang dimiliki oleh Pak Sunarto.

Kiprah bekicot memang tidak lagi booming di tanah air saja, tapi juga sampai ke manca Negara terutama perancis, Bekicot di perancis dikenal dengan nama escargot yang menjadi makanan premium kelas orang kaya. Seperti kita ketahui wilayah perancis yang sangat sedikit persawahan dan perkebunannya , membuat pengusaha restoran escargot kebingungan untuk mencari pasokan bekicot. Bahkan mereka mencarinya sampai ke Indonesia, seperti pembeli bekicot pak sunarto tadi yang rela membeli berapapun bekicot milik Pak Sunarto yang dihasilkan di perkebunannya. Bagaimana Bisnis UMKM Yang Menguntungkan Dari Hama Bekicot ?

jasa seo dan internet marketing