Booming Makanan Ringan di Bisnis UMKM 2015

jasa seo dan internet marketing

Booming Makanan Ringan di Bisnis UMKM 2015 | Makanan ringan seolah menjadi teman yang paling dekat kita. Bagaimana tidak, saat dalam perjalanan kita makan makanan ringan, saat sedang menonton tivi atau film di bioskop kita ditemani makanan ringan, saat sedang mengerjakan tugas atau pekerjaan kantor juga diselingi makan makanan ringan. Ditengah santai ataupun disaat sedang sibuk, makanan ringan terbukti membantu asupan perut kita agar tak berdendang. Dari mulai anak kecil, remaja, dewasa hingga orang tua sangat menyukai makanan ringan. Bukankah sebagai seorang pembisnis kita memikirkan hal-hal demikian? Bisnis makanan ringan? Kenapa tidak?

 

Booming Makanan Ringan di Bisnis UMKM 2015

Booming Makanan Ringan di Bisnis UMKM 2015

 

Peluang Bisnis UMKM Makanan Ringan

Makanan ringan atau yang biasa kita sebut cemilan memiliki berbagai bentuk dan rupa. Mulai dari snack, keripik, roti, gorengan, martabak, sosis, somay, batagor dan lain sebagainya. Biasanya bisnis makanan ringan ini disebut sebagai bisnis skala rumah tangga. Namun jangan salah, bisnis makanan ringan ini bisa menjadi besar dan kebanjiran pelanggan. Permintaan pasar akan makanan ringan ini tak ada matinya, terus mengalir karena kebutuhan perut ini termasuk kebutuhan yang tak bisa ditunda-tunda.

Baca Juga bisnis umkm yang perlu dijajal

Bila kita berbicara masalah peluang, bisnis makanan ringan ini memiliki peluang yang sangat bagus. Baik saat ini maupun masa yang akan datang. Karena pada jaman ini, penikmat makanan ringan ini sudah bukan lagi pada kategori anak-anak. Remaja, dewasa, hingga orang tuapun sangat membutuhkan makanan ringan. Laki – laki maupun wanita sangat menyukai kegiatan ngemil yang tentunya bisa diselingi dengan kegiatan lain. Dan berita paling bagusnya adalah manusia tidak bisa hidup tanpa makan, makanan ringan salah satu makanan dong pastinya.

Makanan yang merupakan kebutuhan pokok masyarakat ini memberikan energi untuk menunjang berbagai macam aktivitasnya. Maka tak pelak jika urusan makan ini tidak pernah ditinggalkan. Jika memang tak sedang ingin makan berat alias makan nasi, makan makanan ringan selalu jadi pilihan. Dan dengan demikian, peluang untuk membuka usaha atau bisnis di bidang makanan ringan ini sangat terbuka lebar. Boleh dikatakan usaha dibidang ini tidak ada matinya karena akan selalu dilirik orang. Kabar baik lainnya, masyarakat Indonesia sangat konsumtif jika dibandingkan dengan negara luar.

Jika kita melihat pasar Indonesia saat ini, tentu banyak sekali jenis makanan ringan yang diperjual belikan. Baik di lingkungan tempat tinggal kita atau dilingkungan lain seperti sekolah atau kantor. Dilihat dari segi hargapun sangat beragam, ada yang murah, sangat murah malah, hingga kategori mahal. Dari yang paling murah, kita bisa menemukan makanan ringan di warung-warung dekat sekolah seperti keripik, olahan tepung, olahan daging, dan lain-lain. Untuk yang berkategori mahal, kita bisa menemukannya di food court mall-mall atau tempat hangout-hangout yang tersebar di kawasan kota-kota di Indonesia. Seperti makanan kentang goreng, crepes, dan makanan ringan lainnya.

 

Booming Makanan Ringan di Bisnis UMKM 2015

Booming Makanan Ringan di Bisnis UMKM 2015

Booming Makanan Ringan di Bisnis UMKM 2015  : Start Up

Dalam melakoni usaha makanan ringan ini perlu ketelatenan dan manajemen yang baik. Bila kita perhatikan dengan baik para pengusaha di bidang makanan ringan saat ini, kita bisa mengatakan bahwa pengusaha yang sukses di bidang makanan ringan ialah para pengusaha yang sudah berjualan dalam kurun waktu yang lama, bisa jadi karena memiliki pelanggan tetap. Tapi, di lain sisi kemunculan produk makanan ringan baru selalu ditunggu – tunggu oleh para pencinta makanan ringan. Bila makanan ringan yang dipasarkan sangat inovatif dan dari segi rasa enak, para konsumen akan dengan setia membeli makanan ringan tersebut. Ya, kunci utama jika kita adalah pemula dalam bisnis makanan ringan ini adalah kreatif dan inovatif. Selain itu ada banyak hal yang mempengaruhi kesuksesan dari permulaan usaha makanan ringan ini. Untuk lebih jelasnya akan kami uraikan khusus untuk anda.

  1. Kualitas Bagus

Secara kualitas, makanan ringan yang akan kita jual haruslah memiliki kualitas yang bagus. Baik dari segi bahan-bahan yang kita gunakan, berkualitas dari segi pengolahan dan juga dari segi pengemasan. Dari segi bahan, kita harus memastikan bahwa apa yang kita jual ini haruslah makanan ringan yang higienis dan tidak mengandung zat – zat berbahaya. Lalu dari segi pengolahan kita harus memperhatikan cara pengolahan kita, misal jika makanan ringan kita diolah dengan cara digoreng, maka gorenglah dengan minyak yang berkualitas dan diganti secara berkala. Lalu dari segi pengemasan kita harus memastikan memakai kemasan yang baik dan menarik.

  1. Inovasi

Tak masalah jika barang yang kita jual sudah ada dipasaran. Tapi, kita harus pastikan bahwa yang kita jual itu berbeda dengan yang sudah beredar di pasar. Maksudnya secara inovasi. Benar, pemenang bisnis makanan ringan adalah mereka yang selalu berinovasi tinggi untuk menciptakan makanan ringan yang berbeda. Dengan begitu, makanan ringan kita akan lebih mudah dicari dan dibedakan oleh para konsumen kita.

  1. Ciptakan “Relationship” dengan pelanggan

Tak peduli kenal atau tidak dengan pelanggan kita, kita harus senantiasa melayani mereka dengan sangat baik dan bijaksana. Senyum dan sapa bukan hanya sekedar kata-kata, melainkan wajib agar tercipta kesan yang mendalam pada pelanggan kita. Dengan kondisi itu, pelanggan akan dengan senang hati berkunjung kembali. Jika kita punya waktu lebih, kita harus memanfaatkan media sosial untuk membranding makanan ringan yang kita jual. Selain itu, menciptakan hubungan yang dekat dengan pelanggan ini akan memberikan dampak positif, seperti iklan gratis. Apa itu iklan gratis? Iklan gratis adalah iklan dari mulut ke mulut. Yap, review dari pelanggan kita sangat penting untuk menjaring pelanggan lain. Iklan mulut ke mulut ini terbukti sangat efektif untuk meningkatkan penjualan dalam dunia usaha.

  1. Strategi Penjualan

Sebagai pemula bisnis makanan ringan kita harus mampu membaca pasar. Strategi penjualan yang bagus akan mempengaruhi perkembangan usaha kedepannya. Maka, bangunlah strategi penjualan yang jitu. Misal dengan memberikan diskon, atau dengan menambah ukuran berat makanan, atau dengan pembagian sample gratis pada masyarakat di area-area yang akan menjadi area pangsa pasar kita. Hal-hal tersebut akan membantu meningkatkan penjualan. Tapi ingat, jangan sampai dengan strategi yang kita jalankan justu membuat para calon pelanggan kita kabur sebelum membeli.

  1. Think Big, Think Positif

Sebagai pengusaha kita harus melakukan ide ini. Berfikir kedepan dan menyeluruh serta selalu berfikiran positif. Dalam menjalankan sebuah usaha kita tentu dituntut untuk melayani pelanggan dengan sangat baik. Pikiran yang jernih akan membantu kita berfikir dengan tenang dan berfikir ke depan. Maka jika pikiran kita sempit dan juga sangat negatif, tamatlah riwayat kita sebagai pengusaha. Karena apa yang kita pikirkan bisa jadi menjadi kenyataan, maka berfikir secara positif sangatlah penting.

 

Nah bagaiamana mudah bukan memulai usaha makanan ringan? Seperti kata almarhum Bob Sadino, bahwa segala sesuatu yang dibawah matahari dapat dijadikan ladang bisnis, tak terkecuali Booming Makanan Ringan di Bisnis UMKM 2015 ini. So, selamat mencoba tips dari kami dan raup keuntungannya!

jasa seo dan internet marketing