Kesuksesan Bisnis UMKM Berawal Dari 3 Hal Ini

jasa seo dan internet marketing

bisnisumkmonline.com –  Siapa sih yang tidak ingin usahanya menjadi besar dan juga sukses ? namun setiap orang memiliki keberhasilannya masing-masing. Baik dua personal yang mendirikan usaha dengan jenis yang sama misalnya dibidang kuliner laut atau seafood, bisa saja memiliki keberhasilan yang berbeda. Karena pada dasarnya bukan hanya niat dan rencana saja untuk bisa berhasil mendirikan UMKM. Lantas perhatikan faktor berikut ini agar anda bisa melihat tips bagaimana keberhasilan atau menghindari kegagalannya.

  1. Faktor Keberhasilan UMKM

Pertama yang akan dibahas adalah faktor keberhasilan suatu UMKM. Dimana faktor ini mungkin bisa anda tiru, diantaranya :

  • Faktor manusia

Faktor manusia merupakan poin pertama yang membuat sebuah UMKM berjalan dengan baik. UMKM yang memiliki sumber daya manusia terjamin dan berkualitas akan bisa berjalan dengan baik. Manusia juga berguna sebagai otak atau perencana seperti apa UMKM yang bagus dan berkualtias.

Kesuksesan Bisnis UMKM Berawal Dari 3 Hal Ini

  • Faktor Keuangan

Kedua yakni mengenai faktor keuangan sebuah UMKM. Tanpa adanya modal apakah UMKM dapat berjalan dengan baik dan lancar ? tentu saja tidak bisa. Dimana modal bisa membantu sebuah usaha bisa memproduksi barang atau menawarkan jasa yang maksimal dengan modal tersebut. Memang tidak ada hubungannya antara besaran modal dan juga keberhasilan UMKM, tetapi dengan adanya modal minimal anda sudah bisa menjalankan UMKM. Semakin besar maka anda bisa kembangkan modal tersebut.

baca juga Perkembangan Bisnis UKM Busana Muslimah di Indonesia

  • Faktor Mengatur Usaha

Faktor mengatur usaha merupakan kunci selanjutnya sebuah UMKM bisa berjalan. Mengatur usaha tentu tidaklah mudah, karena menjalankan harus bisa mengelola titik A, B, C dan lainnya yang dianggap pilar dalam UMKM tersebut. Tentunya agar bisa bertahan dan terus berkembang menjadi UMKM yang semakin besar dan sukses. Mengatur usaha biasanya dikhususkan kepada mereka yang biasa bekerja dan ahli dalam bidangnya, anda sebagai pendiri UMKM cukup mengontrol atau melihat bagaimana laju atau jalannya usaha. Karena mendirikan tentu lebih mudah dibandingkan bertahan dan mengalahkan para pesaing yang mungkin memiliki kelebihan dari anda.

  • Faktor Pemasaran

Tahukan anda bahwa produk dari UMKM umumnya unik dan berbeda. Tak jarang produk tersebut merupakan ciri khas sebuah daerah di Indonesia, atau produk iconic yang tidak bisa ditemukan di daerah lain. Salah satunya untuk mengembangkan dan membuat UMKM anda laku haruslah adanya pemasaran yang hebat. Dimana anda tidak bisa mengandalkan menjual dan membuka toko saja.

Kesuksesan Bisnis UMKM Berawal Dari 3 Hal Ini  Terutama teknologi sudah sangat banyak dan juga maju. Rasanya sayang jika pemasaran anda bertahan di satu titik saja, maka cobalah untuk mengembangkan dan memasarkan dengan cara berbeda. Faktor pemasaran menjadi poin selanjutnya agar sebuah UMKM bisa berhasil.

  1. Faktor Kegagalan UMKM

Sedangkan faktor kegagalan sebuah UMKM diantaranya :

  • Kesalahan Manajemen

Umumnya sebuah UMKM gagal bukan karena tidak bisa mendirikan usaha, namun lebih kepada tidak bisa menjalankan usaha dengan baik. salah satunya poin yang paling sering terjadi dalam UMKM yang bangkrut adalah salahnya manajemen yang terjadi. Entah adanya KKN atau korupsi, perektrutan yang salah, jobdesk yang tidak jelas dan sistem yang tidak berjalan baik menjadikan UMKM tidak berjalan baik dan sistematis dan memusingkan manajemen, yang akhirnya nanti bermasalah dan bangkrut.

  • Kurang Bisa Mengendalikan Uang

Kurang bisa mengendalikan uang merupakan salah satu yang paling sering juga terjadi sebagai faktor utama kegagalan UMKM. Dimana uang menjadi poin yang penting untuk berjalannya UMKM dan berhasil. Memang ketika UMKM berkembang butuhnya modal lebih besar untuk bisa menunjang lebih jauh lagi. Sayangnya banyak yang kekurangan uang atau bisa juga terlibat hutang, karena keuntungan lebih kecil dibanding modal.

  • Kurang Strategis

Kurang strategis merupakan faktor yang paling sering juga terjadi pada UMKM. Mungkin hal ini terlibat juga dengan keberhasilan UMKM dengan menggunakan faktor pemasaran yang bisa mendukung usaha anda. nah, lokasi yang kurang strategis bisa menjadi faktor gagal dari sebuah usaha, tetapi bukan terlalu utama. Karena hal ini memang bisa terjadi jika UMKM anda baru berdiri dan tidak menggunakan media sosial sebagai pemasaran, namun hanya letak toko saja.

  • Pengalaman dan Teknik Usaha

Pengalaman memang mengajarkan segalanya, terutama untuk anda yang ingin mendirikan UMKM. Mereka yang gagal biasanya yang tidak memiliki pengalaman dan tidak tahu dunia bisnis seperti apa. Dengan adanya hal ini tentu cukup sulit menjadikan sebuah UMKM berhasil. Medan perang usaha tersebut saja anda tidak tahu, apalagi membawa menjadi jaya. Namun kegagalan bukan akhir dari segalanya, ketika anda gagal maka anda tahu bagian mana yang harus dievaluasi. Sayangnya banyak yang tidak menyadari itu dan mundur di tengah jalan.

baca juga Ini Tips Menarik Untuk Bermain Outbound di Taman Budaya Sentul

Terlepas dari keberhasilan dan kegagalan UMKM, anda juga harus memperhatikan setiap keputusan yang anda buat ketika mendirikan usaha, siapa saja yang direkrut apakah kompatibel atau tidak dan bagaimana rencana usaha anda. apakah termasuk matang atau hanya nafsu sesaat ingin memiliki usaha saja ? sayangnya banyak yang seperti itu dan hanya membuang modal.  Padahal yang bersungguh-sungguh ingin mendirikan usaha dan mengembangkan sebuah produk yang mereka temukan cukup banyak. Jadi, manfaatkan jika anda berkesempatan mendirikan usaha. Kesuksesan Bisnis UMKM Berawal Dari 3 Hal Ini 

 

jasa seo dan internet marketing