Liputan Seputar Bisnis UMKM, Gratis Khusus Untuk Kamu

jasa seo dan internet marketing

Liputan Seputar Bisnis UMKM, Gratis Khusus Untuk Kamu | Tahukan Kamu? Usaha mikro kecil dan menengah menjadi salah satu penopang perekonomian bangsa ini. Perkembangannya dinilai sangat signifikan dari tahun ke tahun. Berbagai macam usaha ditawarkan di pasaran.

Ada pengusaha yang mulai merintis dari nol ada juga yang bermodalkan jutaan rupiah. Hingga hari ini tak terhitung jumlah dan jenis bisnis UMKM yang menjamur di tanah air. Berikut liputan beberapa bisnis usaha mikro kecil dan menengah yang lahir dari daerah yang berbeda-beda.

Bisnis Kuliner Terbaru Dari Bandung

From Bandung with Cheesse itulah slogan dari Keju Aroma dari Bandung ini, cemilan nikmat ini adalah Gobang Gochiz, peluang usaha dengan modal kecil ini berawal ari kisah 3 anak muda bandung, yuk kita smak

Nama makanan ringan satu ini terdengar unik, Gobang Gochiz di inspirasi dari jargon tokoh legenda rakyat Sunda, Si Kabayan, “Cir Gobang Gocir” yang diplesetkan. Product makanan ringan ini dilahirkan oleh tiga teman dekat, Alex, Betrand, serta Ramon. Mereka awalannya cuma kerap menongkrong bareng, lantaran tinggal dalam satu kompleks yang sama serta tanpa ada berniat bikin usaha keju aroma.

Awalannya mereka memanglah cuma iseng mau bikin suatu hal yang produktif serta mengaplikasikannya berbentuk product makanan. Hingga satu saat, waktu lihat ada orang yang jual pisang aroma, mereka juga memikirkan untuk bikin product yang serupa, yaitu keju aroma. Tanpa ada menanti saat lama, mereka mulai coba membuatnya dengan modal awal cuma memakai bahan baku yang ada dari rumah. Serta nyatanya usaha mereka itu sukses.

Pada Desember 2012, ketiga teman dekat yang tinggal di Bandung ini mengambil keputusan serius jual keju aroma olahan mereka. Tetapi pada awal mulanya, sepanjang tiga bln. mereka lakukan tes pasar dahulu serta belum menggunakan nama Gobang Gochiz. Mereka juga dengan cara suka-rela bekerja menggulung kulit keju nyaris 24 jam, walau waktu itu belum ada yang pesan.

Nyatanya, keisengan mereka berbuah manis, tanggapan positif juga di terima diluar sangkaan. Dengan optimis mereka lantas mempromosikan jajanan ini ke lingkungan kompleks, lalu ke beberapa perkantoran, sampai menjajakannya di kantin universitas. Lihat potensi pasar yang baik, pada akhirnya mereka setuju bikin nama usaha serta serius tekuni usaha keju aroma.

Kemauan mereka juga didukung dari rekan-rekan satu kompleks yang lain, yang awalannya telah terlebih dulu jadi tester. Bahkan juga rekan-rekan satu kompleksnya juga yang berikan usulan nama Gobang Gochiz, lantaran produknya memakai keju atau cheese. Diluar itu, nama itu juga memiliki kandungan filosofi lantaran adalah plesetan semboyan tokoh Sunda populer, si Kabayan, yang keduanya sama satu daerah dengan mereka. Serta kelihatannya nama ini memiliki kandungan hoki, terkecuali enak didengar serta lucu.

Gerai pertama Gobang Gochiz di buka pada Januari 2013 di Factory Outlet Heritage. Awalannya rencana gerai mereka indoor, lantaran maksudnya mau menambah image keju aroma bukan hanya gorengan umum. Serta nyatanya dalam satu bulan lalu, mereka juga dapat buka dua gerai lagi, sampai selalu jadi tambah. Rencana gerai juga diberi tambahan dengan ourdoor, supaya dapat memperoleh pasar lebih luas. Gerai outdoor pertama mereka di buka di daerah Jatinangor.

Sesudah satu tahun meningkatkan jajanan unik ini, mereka telah dapat mempunyai 20 gerai. Gerai paling banyak memanglah ada di Bandung, tetapi di kota lain juga ada seperti Sumedang, Garut, Cirebon,  Jakarta, Sukabumi info untuk reseller bisa hubungi tantan di nomor 085724973080  –  081220731413  Email Tanzmania8338@gmail.com.

Jajanan keju aroma punya Gobang Gochiz memanglah belum mempunyai pesaing sehinga ada banyak diburu. Gerai mereka juga masih tetap berbentuk resmi, serta belum buka system franchise. Cuma system reseller saja yang mereka aplikasikan. Sekarang ini suah ada 40-50 reseller serta selalu di kembangkan dengan memperluas tempatnya di sebagian titik di Indonesia.

peluang usahaa gobang gochiz bandung

peluang usahaa gobang gochiz bandung

Bisnis Modal Kecil Untung Besar

Supplier Jaket Helm dan Jaket Sepatu Undercover sebagai Produsen, Supplier dan Pabrikan dari produk usaha kreatif pertama di indonesia, dengan liputan lebih dari 14 media nasional dan telah menjadi business opportunity di indonesia, telah menjadi umkm binaan bank mandiri dan juga diakui dan didukung oleh pemerintahaan jawa barat, telah hadir pula di  gedung smesco lantai 5 jakarta pusat Gdg UMKM GALLERY, sebagai salah satu UMKM indonesia yang berkualitas, info keagenan bisa cek disini

peluang usaha modal kecil

peluang usaha modal kecil

Bisnis Katering Kabupaten Demak

Bisnis makanan memang tak ada matinya. Ada banyak pengusaha di bidang makanan ini. Walaupun masih tergolong muda, perempuan satu ini mampu membangun usaha kecil menengah. Adalah Tria Yulika Wulansari yang masih berumur 26 tahun. Dia merintis usaha makanan yaitu bisnis katering dan aneka kue di Kecamatan Mijen, Demak. Usahanya ini dirintis sejak 10 tahun yang lalu. Usahanya kala itu hanya usaha kecil dengan menggunakan nama belakangnya sebagai brand, yakni “Wulansari Catering”. Ide awal bisnis katering dan aneka kue ini karena pasar yang masih berpeluang besar. Di kawasan tempat tinggalnya belum ada yang jualan jajanan pasar.

Liputan Seputar Bisnis UMKM, Gratis Khusus Untuk Kamu , Awalnya usaha ini dirintis oleh ibunya, namun hingga sekarang Wulansarilah yang kebanyakan menghandle usaha ini. Kala itu mereka menggunakan modal sebesar lima ratus ribu rupiah. Dan sekalipun masih tetap merintis usaha ini, kini usahanya sudah banyak dipertimbangkan oleh konsumen di Demak dengan variasi makanan yang beragam. Wulansari katering ini telah memproduksi banyak jenis snack kering, kue basah, bakery, dan aneka olahan ikan.  Kisaran harga yang ditawarkan untuk satu produk kisaran dua ribu sampai lima belas ribu rupiah.

Kini usahanya juga telah memberdayaan dua orang tetangganya yang tidak memiliki pekerjaan. Dalam satu hari, Wulansari dapat membuat sekitar 300 bungkus roti, snack, atau produk olahan ikan. Bahan baku yang digunakan dalam proses produksi didapat dari pasar tradisional juga toko bahan kue. Dari penjualan, omset yang didapatnya saat ini kurang lebih 1 juta setiap bulannya.

Harapan yang ia inginkan kedepannya adalah terus membesarkan usaha ini serta membuka cabang usaha di kota lain dengan mengenalkan produk unggulan Wulansari katering. Untuk mewujudkan harapan jangka panjangnya, Wulansari menargetkan dalam waktu dekat usaha juga produknya bisa dinikmati semua kalangan masyarakat. Sebagai anak muda yang mampu merintis usaha sendiri, Wulansari memiliki tips untuk merintis usaha. Katanya yang terpenting adalah telaten, ulet, kerja keras. Kreativitas juga inovasi harus dikembangkan baik dari segi ide usaha maupun pengembangan produk.

Bisnis Online Keripik di Malang Modal Kecil

Modal bisnis satu ini hanya sepuluh ribu rupiah. Suyani, pengusaha keripik tempe khas Malang mampu menjalankan bisnis dengan modal yang sangat kecil. Keripiknya diberi merek Keripik Suy Store. Meski gagal di bisnis sebelumnya, Suyani memiliki semangat yang luar biasa untuk bangkit. Ia menjadikan momentum tanggal cantik 20 Oktober 2010 sebagai start up usahanya ini.

Langkah awal yang dilakoninya adalah memfoto 3 bungkus keripik tempe seharga 10 ribu rupiah dan mengupload di sosial media (facebook) untuk dipasarkan secara online. Kreatif ya? Namun dalam kurun waktu tiga bulan ia belum mendapat respon yang bagus. Hal itu mengingat pemasaran online belum terlalu diminati. Dengan strategi baru, ia tetap menjalankan usahanya. Dan di bulan keempat, ia menambah jenis bank yang ia pakai untuk transaksi. Awalnya ia hanya menggunakan BCA, lalu ia menambahkan bank Mandiri, BRI, dan BNI. Dan alhamdulillah, sedikit demi sedikit pemesan meningkat karena strategi tersebut.

Dengan memanfaatkan jaringan internet, ia menerapkan strategi pemasaran online dengan membuat website bahkan mengoptimasinya dengan teknik SEO. Ia terus menerus membenahi pemasaran melalui jejaring sosial, seperti facebook dengan teknik promo. Suyani berhasil mempelajari tipikal dan memetakan pelanggannya demi meningkatkan penjualan bisnis keripik tempe.

Suyani memang sosok yang patut diacungi jempol. Sayangnya walau sudah berjalan 3 tahun, Suyani belum juga memiliki toko offline. Dan akhirnnya ia memutuskan untuk menyewa sebuah toko di Jalan Candi panggung 31, Malang. Namun selepas dua bulan ia harus pindah. Beruntung, Ia ketemu orang baik yang mau menyewakan toko dengan harga terjangkau. Kini iapun telah memiliki karyawan.

Banyak produk  khas Malang yang ia jual seperti keripik tempe, buah, bakso udang, singkong, pisang, jamur, bayam, tahu, jagung, belut, dan kentang. Produk tersebut ia ambil dari sekitar 16 produsen keripik yang ada di Malang. Produknya sangat ekonomis, kisaran harga yang ia bandrol adalah Rp 4.000,- hingga Rp 15.000,-. Kini pemasaran produk keripiknya sudah samapi ke berbagai wilayah di Indonesia, seperti Jabodetabek, Batam, Denpasar, Makassar, Banjarmasin, Balikpapan. Bahkan juga sampai ke luar negeri, seperti Malaysia, Hongkong, dan Jepang. Omzet yang ia dapat mencapai angka 20-30 juta rupiah per bulan.

Bisnis Sirup Carica

Selepas di PHK oleh sebuah perusahaan tempatnya bekerja, Eko Budi Sulistiyo  merintis bisnis minuman yakni Sirup carica. Ia memproduksi sendiri dan dititipkan ke toko-toko sekitar rumah mereka. Tak disangka hasil olahan buah carica diterima pasar. Semangat dalam berbisnispun timbul, sang istri Trisila Juwantara juga turut membantu. Kala itu modal yang mereka gunakan hanya sebesar Rp 500.000,00 serta pengetahuan yang memadai dan usaha keras. Produk olahannya diberi nama carica Yuasafood. Kini usahanya menjelma menjadi usaha yang besar dan sukses. Mereka memiliki 60 orang karyawan. Dan setiap hari kapasitas produksi telah mencapai satu ton buah carica.

Produk sirup yang telah diproduksi hingga saat ini ialah olahan buah carica yang dikemas dalam glas jar, cup mangkok, plastic pouch dan kemasan lain. Keawetan produk ini terjamin hingga 12 sampai 24 bulan dalam penyimpanan normal. Sirup buah carika ini sangat cocok untuk dipasarkan melalui pusat oleh-oleh, restorant, swalayan, minimarket, supermarket dan hotel. Hingga sekarang, Ibu Trisila dan Pak Eko sudah bekerjasama dengan banyak agen di Indonesia seperti agen distribusi wilayah Jawa Tengah dan DIY, Jabodetabek, agen pemasaran Bali, Medan, Palembang, Pekanbaru, Balikpapan dan bahkan telah merintis kerjasama internasional dengan CBI Belanda.

Diakui oleh Ibu Trisila bahwa seiring dengan tuntutan bisnis dan juga waktu, mereka mencanangkan Industrialisasi Pengolahan Buah Carica Dieng yang Ramah Lingkungan lengkap dengan aspek rencana bisnisnya. Mereka memang berharap produk sirup itu dapat berkembang menjadi industri besar yang efisien. Pertumbuhan pasar sirup ini semakin meluas. Bahkan omzet setiap bulan bisa mencapai 200 juta rupiah.

Selain bisnis UMKM diatas, masih banyak bisnis UMKM lain yang ada di Indonesia. Di jaringan internet, ada satu situs yang khusus membahas tentang UKM di Indonesia www.bisnisumkmonline.com . Situs tersebut merangkum banyak pelaku usaha kecil menengah di Indonesia. Semoga kamu terinspirasi ya dengan bisnis yang mereka lakukan, Liputan Seputar Bisnis UMKM, Gratis Khusus Untuk Kamu.

jasa seo dan internet marketing