Membaca Perkembangan Bisnis Online Syariah di Indonesia

jasa seo dan internet marketing

Membaca Perkembangan Bisnis Online Syariah di Indonesia | Ada banyak macam bisnis online di jaringan internet. Ada yang hanya standar melakukan jual beli, ada yang melakukan inovasi. Inovasi-inovasi yang digulirkan ke hadapan nettizen banyak yang menarik.

Salah satunya adalah inovasi bisnis online syariah. Bisnis online satu ini terbukti dilakoni oleh banyak orang, dengan dalih selain memperoleh profit dalam bentuk materi juga profit dalam bentuk non materi. Agar lebih jauh pengetahuan anda tentang bisnis online syariah di Indonesia ini, silakan simak ulasan berikut ini.

Apa itu Bisnis Online Syariah?

Bisnis online syariah sama saja dengan bisnis-bisnis online lainnya. Pada dasarnya usaha online adalah usaha yang menggunakan sistem jaringan di internet dalam proses jual belinya. Nah lalu apa itu bisnis syariah yang belakangan cukup santer terdengar?
Ditelisik dari segi istilah, Syariah dimaksudkan sebagai peraturan yang diturunkan Allah Swt melalui Rasulullah Muhammad SAW untuk seluruh umat manusia baik menyangkut masalah ibadah, akhlak, makanan, minuman pakaian maupun muamalah (interaksi sesama manusia dalam berbagai aspek kehidupan) guna meraih kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Dikatakan bahwa syariah sangat unik karena syariah tidak hanya komprehensif, tetapi juga universal.

Universal dalam artian mampu diterapkan setiap waktu dan dimana saja oleh manusia. Dalam buku Syariah Marketing, keuniversalan yang dikandunganya terutama pada bidang sosial (ekonomi) tidak membeda-bedakan antara kalangan Muslim dan non-Muslim. Dengan dasar yang sangat kuat tersebut, bisnis syariah tentu mampu diterima di semua kalangan, dan sangat menjanjikan sebagai suatu bisnis yang akan terus berkelanjutan.

bisnis syariah

bisnis syariah

Menurut ilmu ekonomi islam, ada prinsip-prinsip yang harus diterapkan dalam bisnis syariah yaitu Tauhid (Unity/kesatuan), Keseimbangan atau kesejajaran (Equilibrium), Kehendak Bebas (Free Will), dan Tanggung Jawab (Responsibility). Tauhid lebih ditekankan pada pandangan manusia akan keesaan Allah, dengan begitu aktifitas yang kita lakukan khususnya dalam muamalah dan bisnis seharusnya tidak perlu menyalahi aturan yang telah ada (dalam konteks aturan islam). Lalu Keseimbangan ditekankan pada keadilan sosial disekitar masyarakat.

Untuk kehendak bebas ditekankan pada kepemilikan potensi tersendiri pada setiap manusia, namun dalam pengaplikasiannya haruslah sejalan dengan prinsip dasar yaitu sebagai khalifah di bumi, maka kehendak bebas harus memperhatikan kepentingan individu juga kepentingan umat. Terakhir, tanggung jawab ditekankan pada tanggung jawab manusia kepada Tuhan atas segala kegiatannya termasuk bisnis, selain itu juga tanggung jawab kepada manusia sebagai masyarakat.
Bisnis syariah singkatnya dapat kita artikan sebagai implementasi dari aturan syari’at Allah. Dan ada ciri-ciri khusus bisnis syariah tersebut, yaitu:

Didasarkan pada Nilai-Nilai Ruhiyah

Nilai ruhiyah merupakan kesadaran manusia akan keberadaannya sebagai ciptaan Allah yang wajib untuk selalu behubungan dengan-Nya. Nilai ruhiyah ini paling tidak dapat diimplikasikan pada aspek konsep, sistem dan juga pelaku.
Paham Bisnis Halal dan Haram
Sebagai pengusaha di bidang bisnis syariah harus mampu membedakan mana yang halal dan mana yang haram sesuai dengan syariat yang ada.
Syar’iy dalam Eksekusinya
Ditekankan pada kesesuaian antara teori dan praktek, antara apa yang telah dipahami dan yang di terapkan. Sehingga yang dijadikan pedoman bukan hanya untung dan rugi secara material.
Berorientasi Pada Hasil Dunia dan Akhirat
Tujuan melakukan bisnis memang untuk mendapatkan keuntungan materi. Dalam konteks ini hasil yang di peroleh, di miliki dan dirasakan, memang berupa harta.
Mengingat kebahagiaan abadi di yaumil akhir
Seorang pengusaha bisnis syariah harus mampu menjadikan bisnisnya sebagai suatu ibadah dan juga untuk mendapatkan pahala. Maka bisnis atau apapun yang kita lakukan harus selalu berdasarkan pada aturan-Nya.

Perkembangan Bisnis Online Syariah

Benar, Indonesia memiliki jumlah penduduk muslim yang sangat besar bia di banding negara lain. Sebagai salah satu negara muslim terbesar, kesadaran masayarakat akan pentingnya produk (barang maupun jasa) yang halal dan barokah bukan hanya isapan jempol, namun benar-benar dicari dan diwajibkan. Dengan kesadaran tersebut, keberadaan produk-produk yang halal yang diproduksi oleh para pengusaha dipandang sebagai lahan bisnis yang menjanjikan sekarang dan kedepannya,  Membaca Perkembangan Bisnis Online Syariah di Indonesia.
Beberapa tahun terakhir, perkembangan bisnis dengan latar belakang agama, yaitu Islam kian marak dan menjamur. Namun bisnis syariah di Indonesia masih kalah dengan negara-negara di luar negeri bahkan juga Singapura dan juga negara-negara Eropa. Di Indonesia bisnis syariah banyak ditemukan pada unit bisnis perbankan, asuransi, micro finance, hotel, pendidikan, dan juga MLM.
Perkembangan bisnis syariah ini membuat Hermawan Kartajaya dan M. Syakir menerbitkan buku berjudul Syariah Marketing. Saking tenarnya bisnis syariah saat ini, M. Syafi’i Antonio mengatakan “Spiritual is the Soul of Advance and Integrated Marketing”.

Bisnis Online Syariah Ust. Yusuf Mansyur

Ada bisnis online syariah yang didirikan oleh Ust. Yusuf Mansyur di Indonesia. Benar, namanya adalah e-miracle dan bentuknya adalah sebuah MLM atau Multi Level Marketing. Menurut Ust. Yusuf Mansyur, bisnis onlinenya ini harus menekankan bahwa keseimbangan antara dunia dan akhirat itu sangat penting. Dan yang paling penting adalah, kesuksesan di dunia seluruhnya ditekankan untuk menunjang kehidupan di akhirat kelak. Dan seluruhnya ditujukan untuk ibadah juga dakwah. Hal ini dipesankan langsung oleh  Ust. Yusuf Mansyur melalui kata-kata yang dipetik dari website resmi MLMnya.
“Buat banyak uang sebanyak-banyaknya, agar bisa dipake buat hidup sendiri gak bergantung sama orang lain, dan menghidupkan orang lain, membantu orang lain. Semua member mlm syariah e-miracle harus menjadi orang yang sakses sesakses-saksesnya, berhasil seberhasil-hasilnya, berpenghasilan puluhan, ratusan juta, hingga malahan milyaran, Supaya bisa bangun banyak rumah-rumah sakit buat orang susah, supaya bisa bangun masjid dan madrasah, pesantren, dan bener-bener bisa berkhidmat buat orang-orang miskin dan tak mampu.

Dengan mlm syariah e-miracle, member-member kudu punya mobil dan motor sebagai bonusnya. Kejar, dan dapatkan bonus kendaraan. Supaya bisa ngaji ke pesantren Ustadz Yusuf Mansur, dan guru-guru lain, sebab udah mudah, udah ada kendaraan. Dan bahkan bisa ngajak yang lainngaji dengan kendaraan kita. Kejar tuh bonus rumah. Lalu rumahnya jadiin dah sebagaiannya buat tempat tinggal, sebagiannya lagi buat tahfidz center atau rumah tahfidz.”
Menurut Ust. Faizin yang juga menjadi manajer di MLM e-Miracle ada perbedaan MLM syariah e-Miracle dengan lainnya, yaitu:
Prinsipnya mencari dunia dengan cara mencari dulu yang punya dunia atau mendekatkan diri pada Allah. Pelatihan di selenggarakan MLM syariah yaitu e-Miracle Quantum System (EQS), sebagai Business School MLM Syariah e-Miracle , Sistem bagi hasil yang sederhana dan mudah dipahami , Produk harus berkualitas dan harganya terjangkau

Beliau menambahkan bahwa dalam melakukan bisnis online syariah harus dilakukan secara istiqomah, sabar dan terus berbaik sangka kepada Allah. Karena hidup hanya sementara dan karena hal tersebutlah sebagai manusia kita harus menemukan jalan pintas untuk menggapa dunia juga akhirat, Membaca Perkembangan Bisnis Online Syariah di Indonesia.

jasa seo dan internet marketing