Peluang Unik Bisnis Souvenir Pernikahan di Masa Kini

jasa seo dan internet marketing

Peluang Unik Bisnis Souvenir Pernikahan  di Masa Kini | Tidak seorang pun ingin pernikahannya menjadi tidak berkesan. Dan kesan yang indah itu bisa tercipta karena berbagai detil kecil yang kadang terlupakan. Salah satu detil yang akan diingat itu ialah suvenir pernikahan. Karenanya suvenir pernikahan merupakan sebuah detil yang tidak boleh terlupakan. Suvenir pernikahan bisa menjadi lambang ucapan terimakasih sehingga terus bisa diingat. Selain itu, suvenir pernikahan juga ditujukan agar para undangan mengenang momen pernikahan.

Mengingat bagusnya peluang bisnis dalam bidang ini, Anda juga bisa mendirikan sebuah usaha suvenir pernikahan. Berikut ialah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mendirikan usaha suvenir pernikahan.

Peluang Unik Bisnis Souvenir Pernikahan  di Masa Kini

Peluang Unik Bisnis Souvenir Pernikahan di Masa Kini

Langkah-langkah Persiapan Bisnis Souvenir Pernikahan:

  1. Siapkan modal untuk memulai usaha.
  2. Dapatkan alat-alat dan bahan-bahan yang diperlukan.
  3. Peroleh barang-barang bekas, seperti karton, kardus, dan kertas
  4. Perkaya pengetahuan dan ketrampilan dalam membuat suvenir, baik dengan membaca buku atau belajar sendiri.
  5. Dapatkan ide kreatif dan inovatif untuk bisa membuat suvenir yang memiliki daya pembeda dan unik.

Langkah-langkah pelaksanaan:

  1. Lakukan produksi secara bertahap. Saat memulai usaha souvenir pernikahan sebaiknya Anda membuat produk souvenir dalam jumlah yang terbatas dahulu. Jika jumlah pembeli meningkat, skala produksi bisa diperbesar.
  2. Wujudkan ide kreatif dan inovatif untuk membuat souvenir yang memiliki daya pembeda dan unik. Selalu buat desain souvenir yang berbeda dalam sebuah jangka waktu yang tertentu, misalnya sebulan sekali. Akan lebih baik jika Anda memiliki sebuah database karya souvenir sehingga Anda bisa memantau hasil kreasi Anda dan untuk mencegah pengulangan pola sebuah karya. Dengan begitu Anda akan terpacu untuk terus berinovasi dan menghindari pola yang berulang dan monoton.

Langkah-langkah promosi dan marketing:

  1. Beritahukan usaha Anda dari mulut ke mulut. Anda melakukan langkah marketing dari lingkup terdekat Anda, misalnya kerabat dekat, tetangga, dan sebagainya.
  2. Sebarkan brosur usaha Anda di tempat-tempat strategis.
  3. Terbitkan iklan di media cetak atau elektronik.

Tantangan:

  1. Sebuah pesanan bisa seketika dibatalkan padahal Anda sudah bersusah payah memproduksi.
  2. Usaha lain mencoba meniru desain souvenir yang Anda buat. Inilah mengapa Anda harus selalu berkreasi. Sehingga saat para pesaing meniru, Anda sudah membuat desain baru yang lain.
  3. Terdapat produk souvenir dari pesaing yang lebih berkualitas dari produksi Anda. Untuk itu, selalu jaga kualitas produk Anda.

 Tips Memulai Usaha Souvenir Pernikahan

Tentunya kita harus menyukai dulu pernak pernik souvenir pernikahan ini, karena biasanya aktivitas kegiatan kita akan banyak dihabiskan untuk survey dan mencari pernak pernik souvenir pernikahan yang sesuai dengan tema pernikahan

Anda tidak perlu membeli banyak-banyak tetapi cukup menentukan jenis souvenir pernikahan lalu membeli masing-masing contohnya saja.

Peluang Unik Bisnis Souvenir Pernikahan  di Masa Kini

Peluang Unik Bisnis Souvenir Pernikahan di Masa Kini

Selain Anda melakukan promosi “gethok thular” , jejaring dengan pihak EO, atau recepsionis hotel yang mengetahui jadwal-jadwal pernikahan adalah salah satu kunci sukses ketika kita ingin menjalankan peluang usaha ini.

Karena dengan Anda mengetahui orang-orang yang akan melakukan pernikahan, Anda bisa dengan mudah menawarkan souvenir pernikahan ini kepada mereka.

Dan ingat, tidak selalu harus menjual souvenir pernikahan, tetapi kita juga bisa menawarkan souvenir lucu ini kepada mereka yang akan berulang tahun, mengadakan seminar/gathering, dll

Bagaimana dengan modal usahanya untuk memulai menyediakan souvenir pernikahan ini? Modal usaha ini sesuai dengan tingkat pemesanan, jika kita mendapatkan order dalam jumlah banyak ya itu berarti kita mestinya harus mengeluarkan modal awal dulu untuk membeli souvenir pernikahan ini.

Terus survey untuk melihat souvenir pernikahan ini dimana ya? Di Indonesia ini, banyak sekali pilihannya tentu saja. Anda bisa berkunjung ke pasar Beringharjo Yogyakarta, atau di pasar Mangga Dua jakarta untuk menemui ratusan jenis souvenir pernikahan yang lucu, unik-unik.

Namun pada intinya usaha souvenir pernikahan ini adalah salah satu peluang usaha yang bisa dijalankan di waktu luang dan menghasilkan keuntungan yang besar. Anda tertarik?

Untuk memulai usaha souvenir pernikahan anda perlu mengetahui siapa saja orang yang akan menjadi sasaran atau target untuk usaha ini. Berikut adalah beberapa orang yang menjadi

Target Usaha Sovenir Pengantin

yaitu di antaranya:

  1. Namanya juga souvenir pernikahan pasti dibutuhkan oleh para calon pengantin yang akan segera melangsungkan pesta pernikahan.
  2. Sovenir ini juga dibutuhkan oleh seseorang yang akan merayakan ulang tahun.
  3. Pada orang yang akan melakukan acara untuk kelahiran anak
  4. Panitia acara-acara tertentu.

Setelah sasaran ditentukan langkah awal untuk memulai usaha souvenir pernikahan adalah dengan melakukan survey ke beberapa toko souvenir pernikahan.

Setelah itu anda dapat menentukan bentuk souvenir pernikahan yang unik dan menarik yang akan anda jual. Pastikan tidak membeli souvenir dengan harga mahal. Karena anda baru pemula sebaiknya jangan membelinya dalam jumlah yang fantastis.

Tahap selanjutnya yang harus anda lakukan untuk menjalankan usaha souvenir pernikahan adalah sebagai berikut:

  1. Mendatangi gedung-gedung yang biasa digunakan untuk acara pernikahan ataupun acara ulang tahun.
  2. Melakukan pendekatan kepada resepsionis gedung untuk mengetahui jadwal acara pernikahan atau ulang tahun tersebut.
  3. Untuk memudahkan anda menggali informasi dari resepsionis, anda bisa berjanji untuk memberikannya tip jika souvenir anda digunakan untuk pernikahan di gedung tersebut.
  4. Setelah mendapatkan informasi, anda dapat menghubungi para calon pengantin untuk menawarkan souvenir pernikahan.
  5. Setelah ada pesanan barulah anda dapat memulai barang-barang untuk pembuatan souvenir dalam jumlah yang banyak.
  6. Untuk lebih menarik minat konsumen berilah potongan harga atau diskon.
jasa seo dan internet marketing