Pengusaha UMKM – Pejuang Bisnis Bermental Baja

jasa seo dan internet marketing

Pengusaha UMKM – Pejuang Bisnis Bermental Baja | Kesulitan dalam menjalani hidup tidak membuat pengusaha yang bermodal minim berputus asa. Mereka terus berinovasi dan mencari cara untuk tetap menjalankan bisnisnya demi bertahan hidup. Target dari pengusaha bermodal kecil ini tidak muluk-muluk. Uang hasil penjualan yang cukup untuk membeli bahan baku untuk berporduksi esok hari sudahlah cukup bagi mereka.

Tekad yang kuat dan semangat juang yang tinggi haruslah menjadi contoh bagi kita untuk menjalankan suatu usaha. Mereka tidak punya modal yang besar, mereka juga tidak punya akses untuk meminjam di Bank, mereka tidak mendapatkan pelatihan bisnis dan mereka juga tidak mempunyai mentor-mentor bisnis yang selalu memotivasi mereka. Tapi hal itu benar-benar sama sekali tidak menghalangi mereka untuk survive di duniabisnis.

Usaha Kecil Menengah (UKM)

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kian menjamur seiring dengan penutupan lowongan untuk pegawai negeri pada Tahun 2014 kemarin, oleh Bapak Presiden Jokowi. Mungkin kita sudah lupa bahwa UMKM dan UKM adalah satu-satunya faktor penggerak roda perekonomian kita di masa krisis moneter tahun 1998.

Pengusaha UMKM - Pejuang Bisnis Bermental Baja

Pengusaha UMKM – Pejuang Bisnis Bermental Baja

Banyak pengamat ekonomi luar negeri yang menyatakan bahwa kita akan mengalami kelumpuhan ekonomi secara struktural pada saat krisis 1998, jika tidak ditopang oleh pengusaha UKM dan UMKM. Langkah Bapak Jokowi untuk menumbuhkan Industri UKM dan UMKM ini sudah sangat benar, hanya saja jika mereka dibiarkan tumbuh sendiri secara terus menerus, populasi mereka juga akan semakin berkurang setiap tahun.

Lihat saja sepak terjang Pebisnis Pembuat Kunci Ganda, Pebisnis Las Patri, Pebisnis Plat Kendaran bermotor, Pebisnis Sol Sepatu, dan Pebisnis Permak jean. Seluruh pebisnis-pebisnis itu selama ini tidak mendapatkan tempat yang layak sebagai pengusaha. Mereka hanya dianggap sebagai tukang saja. Padahal jika kita mau jujur mereka adalah pengusaha sejati yang pantang memohon bantuan pada pemerintan dan tidak pernah mengemplang pajak.

Pengusaha UMKM – Pejuang Bisnis Bermental Baja , Berikut adalah ulasan pebisnis UKM dan UMKM dalam menggelutri bisnisnya selama ini. Kita akan mengulas habis, baik dari segi bahan baku, pemasaran, omset, dan lainnya.

Pengusaha UMKM Sol Sepatu

Pak Sarimin telah menekuni profesinya sebagai pebisnis sol sepatu sejak 30 tahun lalu. Berbekal tambal, spirtus, korek api, dan peralatan sol sepatu lainnya, ia berangkat mengayuh sepedanya sejauh 30 Km untuk mencari customer. Rata-rata Pak Sarimin mendapatkan lima customer setiap hari. Harga yang dibandrol pak sarimin untuk jasa sol sepatunya mulai dari Rp 5000 dampai Rp 25.000.

Pak sarimin mengawali bisnis sol sepatu ini dengan modal Rp 500 dengan nilai pada tiga puluh tahun yang lalu. Pak Sarimin mengatakan bahwa bisnis sol sepatu merupakan bisnis yang cukup cerah pada saat awal memulainya. Karakteristik konsumen kala itu, konsumen belum memiliki jiwa konsumtif yang sangat besar seperti sekarang ini. Sepatu yang masih utuh bentuknya tetapi bolong sedikit dibagian bawahnya, dapat dipastikan akan menggunakan jasa sol sepatu.

Omset yang diperoleh pak sarimin berkisar Rp 20.000 sampai Rp 100.000 perhari. Pak Sarimin selama ini hanya dikenal melalui Word Of Mouth dari pelangganya yang puas menggunakan jasanya.

Pebisnis UMKM Permak Jean

David pria 25 tahun asal Bandung nekat memulai bisnis permak jeannya untuk kalangan premium. Ia sempat mengurungkan niatnya untuk usaha permak jean ini. Ia takut jika jasa permak jean yang ia geluti tidak diminati dipasaran. Pasalnya selama ini permak jean mayoritas melayani kalangan menengah bawah.

Pengusaha UMKM - Pejuang Bisnis Bermental Baja

Pengusaha UMKM – Pejuang Bisnis Bermental Baja

Tanpa disangka-sangka, ternyata peminat jasa permak jeans premium milik david sangat banyak. Rata-rata jeans konsumen yang dipermak ke david memiliki harga kisaran Rp 1.500.000 hingga Rp 7.000.000 persatuannya. Banyak dari konsumen david mengatakan bahwa permak jean milik david, tahu benar cara permak jeans dengan metode yang tepat. Konsumen juga mengatakan bahwa jika jeans premium miliknya dipermak ke tukang lain, kemungkinan kainnya rusak cukup besar.

Tarif permak jean milik David berkisar antara Rp 15.000 hingga Rp 150.000 per potong. David termasuk salah satu pebisnis dari kalangan UMKM yang cukup mengerti dalam hal pengembangan bisnis. Omset yang diraih david dalam sebulan mencapai Rp 15.000.000 dalam sebulan. David juga membuat jean pesanan konsumen yang berharga Rp 500.000

Pengusaha Kunci Ganda

Pak Ngadri pria 45 tahun asal Bojonegoro telah 15 tahun menjadi pebisnis kunci ganda. Pak ngadri mengakui menekuni bisnis ini karena tidak mempunyai ketrampilan yang lain. Meskipun begitu, Bisnis pembuatan kunci ini telah menopang perekonomian sanak keluarga pak ngadri. Dalam sehari Pak Ngadri mengantongi Rp 75.000 hingga Rp 150.000 .

Rata-rata konsumen pak ngadri adalah pengemudi sepeda motor, anak kos, satpam, dan penjaga rumah. Setiap hari pak ngadri menjajakan jasa kunci gandanya di sekitar jalan raya 5 km dari jarak rumahnya. Harga yang dibandrol pak ngadri untuk setiap kunci ganda yang dibuat berkisar Rp 20.000 hingga Rp 100.000 tergantung tingkat kesulitannya, Pengusaha UMKM – Pejuang Bisnis Bermental Baja

 

jasa seo dan internet marketing