Rumus Fusion Bisnis Cafe Dalam Menjalankan Usaha

jasa seo dan internet marketing

Rumus Fusion Bisnis Cafe Dalam Menjalankan Usaha | Tujuh rumus mutlak dalam berbisnis cafe adalah produk,harga, tempat, promosi,suasana, pelayanan proses penyajian dan staf pegawai yang ramah. Menurut survei yang dilakukan oleh salah satu lembaga research marketing di Indonesia.

Kebutuhan customer datang ke cafe pertama adalah karena ingin mengobrol santai atau membicarakan keperluan bisnis, yang kedua karena ingin mencari inspirasi dan ide, yang ketiga ingin mendengarkan live music. Berdasarkan survei tersebut ditemukan bahwa, tempat dan suasana merupakan faktor penggerak utama customer datang ke suatu cafe.

Merambahnya bisnis cafe di seluruh lini lapisan masyarakat, telah menciptakan gaya hidup baru bagi sebagian orang. Meskipun makanan dan minuman yang ditawarkan mempunyai kualitas rasa standart dan harga yang mahal, tidaklah menjadi masalah bagi customer jika tempat yang ditawarkan memiliki sofa yang empuk, full access wifi, live music, dan design interior yang unik.

Rumus Fusion Bisnis Cafe Dalam Menjalankan Usaha

Rumus Fusion Bisnis Cafe Dalam Menjalankan Usaha

Belakangan ini banyak bisnis cafe di kota-kota besar mengombinasikan bisnis cafe dengan bisnis lain penggabungan dua bisnis itu dikenal dengan nama fusion bisnis cafe. Ternyata banyak pebisnis pendatang baru di bidang cafe menanggapi dengan serius survei tentang faktor utama customer menghampiri cafe. Hal itu terlihat dari jenis bisnis yang digabungkan dengan cafe, diantaranya fusion cafe dengan galeri lukisan, fusion cafe dengan butik, fusion cafe dengan design community, fusion cafe dengan stand up comedy, fusion cafe dengan multplayer game dan masih banyak lagi.

Rumus Fusion Bisnis Cafe Dalam Menjalankan Usaha  , Dengan mendirikan fusion cafe tersebut, otomatis suasana yang terbangun di cafe akan menjadi daya tarik utama bagi pengunjung cafe. Alhasil setelah menjalankan bisnis cafe sesuai dengan hasil survei diatas, ternyata pebisnis cafe pendatang baru ini mendapatkan pengunjung yang berlimpah setiap harinya. Omset yang diperoleh dari bisnis fusion cafe inipun tidak main-main angkanya mencapai Rp 30.000.000 perhari. Kini Fusion cafe menjadi trend dikalangan berbagai macam komunitas sebagai tempat sharing, mencari teman baru, dan tukar ilmu.

Berikut adalah ulasan jatuh bangun pebisnis cafe pendatang baru dalam merintis usaha bisnis fusion cafenya.

 Fusion Cafe Jamu

Baru satu tahun berdiri, pavillum 28 telah mendatangkan pengunjung sekitar 50-80 orang dalam setiap malamnya. Setiap weekend pengunjungnya mencapai 100-150 orang. Konsep bisnis fusion cafe ini bisa dikatakan memiliki konsep yang paling unik. Gabungan beberapa bisnis menjadi satu bisnis cafe tidak lantas membuat bisnis ini hanya bersifat komersil.

Peran design interior yang menggabungkan bisnis jamu, bisnis butik dan akesoris, tempat untuk memajang karya seni, dan dilengkapi dengan home cinema telah membuat tempat ini tidak terlihat seperti cafe kebanyakan.Kesan yang didapatkan adalah pengunjung merasa berada di museum modern yang artistik.

Setiap jamu yang dijual harganya berikisar antara Rp 13.000- Rp 45.000. Tidak menggunakan bahan pengawet dan langsung dibuat ketika ada pelanggan memesan membuat jamu terasa fresh dan enak diminum. Butik yang menjual beragam baju berkualitas tinggi dari seniman fashion independent yang belum terkenal, membuat cafe pavillum 28 ini mempunyai daya tarik tersendiri

Rumus Fusion Bisnis Cafe Dalam Menjalankan Usaha

Rumus Fusion Bisnis Cafe Dalam Menjalankan Usaha

Harga dari barang-barang yang dijual dibutik berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 4.000.000 tergantung dengan kualitas bahan dan motif. Karya lukisan dan karya lagu yang dipajang di tempat khusus untuk memajang karya seni menambah nuansa artistik dari cafe ini. Meskipun lagu dan lukisan tidak dijual, jika ada pengunjung yang tertarik, pihak pavillum 28 akan menghubungi seniman apakah karyanya boleh dijual. Jika seniman membolehkan maka karyanya akan dijual dengan harga nego.

Home Cinema di pavillum 28 ini sebenarnya disediakan secara gratis bagi para pengunjung lengkap dengan koleksi film independentnya. Namun jika ada pengunjung yang membawa dvd sendiri pavillum 28 mencharge Rp 200.000 tiap jamnya.Kapasitas home cinema milik pavillum 28 ini muat untuk 25 orang.

Modal pemilik dalam membangun fusion cafe pavillum 28 ini mencapai Rp 350.000.000 termasuk dengan sewa tempat, design interior, perlengkapan jamu, dan peralatan Home Cinema. Dalam perjalanannya setahun ini pavillum 28 meraih omset Rp 12.000.000 perhari.

Fusion Cafe dan Comedy

Dibangun dengan konsep cafe yang mempunyai pertunjukan standup comedy setiap rabu malam, fusion cafe ini terbilang cukup sukses dan terkenal di wilayah surabaya. Setiap malam tidak kurang 50 orang mengunjungi cafe ini. Setiap weekend pengunjungnya mencapai 100 orang. Saat ini Omsetnya rata-rata sekitar Rp 12.500.000 sehari. Harga menu yang ditawarkan antara Rp 20.000 sampai Rp 250.0000

Dalam berdirinya,fusion cafe yang mempunyai nama brand komedi kopi ini, mengalami pasang surut dalam menjalankan usahanya. Disebutkan oleh ibu Meta bahwa cafe sempat mengalami sepi pengunjung selama 9 bulan pertama. Karena belum maraknya popularitas stand up comedy di Indonesia. Sejak adanya kompetisi stand up comedy di metro tv dan kompas tv, pengunjung komedi kopi ini meningkat dengan pesat setiap harinya.

Komedi kopi saat ini berencana untuk memperlebar usahanya dengan sistem waralaba. Saat ini komedi kopi memiliki 2 tempat di Surabaya, yaitu di Sutos dan di Grand City , Rumus Fusion Bisnis Cafe Dalam Menjalankan Usaha 

jasa seo dan internet marketing