Lokasi Strategis Untuk Bisnis Franchise Terbaru

Lokasi Strategis Untuk Bisnis Franchise Terbaru | Lokasi lokasi lokasi. Pemilihan lokasi yang strategis dalam usaha dengan sistem franchise hukumnya adalah wajib. Ya hal tersebut menjadi kewajiban si empunya usaha. Atau jika investor yang akan mem-franchise usaha anda menyodorkan lokasi usaha, anda harus memastikan lokasi tersebut sesuai dengan faktor-faktor lokasi yang anda tentukan.

Ya, dalam industri retail, terdapat dua kunci utama untuk menuju pintu kesuksesan, yaitu faktor lokasi dan inventory. Dari 2 faktor ini, faktor lokasi memegang peranan kunci dalam menentukan kesuksesan usaha atau retail atau outlet keberadaan usaha kita. Seperti kata Jonesand Simmons pada tahun 1993, Three important faktors determine a retailer’s success : location and location and location. Begitu pentingnya hingga disebut tiga kali.

 

bisnis franchise contoh

bisnis franchise contoh

Lokasi strategis ini sangat penting untuk pengusaha yang memanajemen usahanya dalam jaringan franchise. Karena sebagai pengusaha kita harus menganalisa lokasi mana yang cocok untuk dijadikan lokasi franchise kita. Jarak antar outlet seharusnya tidak terlampau jauh dan juga tidak terlampau dekat dengan pangsa pasar yang kita bidik.

Misal untuk franchise bisnis minuman es vanila dengan sensasi soda. Dalam bisnis minuman es tersebut tentu dalam satu kota kita menyediakan puluhan lokasi. Nah, bila hal tersebut memang kita rencanakan demikian, maka kita perlu menganalisa lokasi-lokasi mana saja yang cocok untuk bisnis kita. Tujuannya agar kita mampu menjalankan usaha kita dengan sukses dan menguntungkan tetntunya. Lalu kenapa kita harus melakukan analisa lokasi – lokasi outlet usaha kita?

Pentingnya Analisa Lokasi Usaha

Sudah tentu kita harus melakukan analisa lokasi-lokasi outlet usaha kita. Tujuannya agar kita dapat mengatur pergerakan konsumen yang akan menjadi pelanggan kita. Kita harus mampu membidik lokasi-lokasi mana yang memang tepat untuk dijadikan area usaha minuman es, misalnya.

Jika kita mengacu pada Peraturan Presiden No.12 Tahun 2007 kita akan mendapatkan informasi tentang penataan dan pembinaan pasar tradisional, toko modern dan pusat perbelanjaan tetapi tidak detail hingga outlet kecil. Maka sebagai usaha dalam level usaha kecil, menengah maupun mikro harus mampu mencari lokasi-lokasi yang strategis untuk kelangsungan usaha kita.

Berikut ini beberapa alasan pentingnya kita menganalisa lokasi usaha berserta implikasinya.

Karakteristik Usaha

Setiap usaha memiliki karakternya masing-masing. Karakteristik usaha ini lebih kearah ‘jiwa’ dari usaha kita. Sehingga karakteristik usaha ini yang harus kita jadikan pegangan dalam memasarkan bisnis kita. Dengan begitu, menganalisa lokasi bisnis kita sangat penting agar karakteristik dari bisnis kita bisa kita standarkan dengan lokasi yang akan kita cari. Selain itu, kita harus menjadikan ciri khas usah kita ini menjadi branding yang akan menguntungkan terhadap outlet pada lokasi-lokasi tertentu. Dalam artian, dimanapun lokasi usaha kita didirikan karakteristik ini akan mempu memberikan definisi pada pelanggan, “Oh ini seperti yang di jalan mawar itu ya kak”, sehingga dapat membantu membranding usaha tersebut.

Get Our Customer

Ini hal terpenting kedua yang menjadi alasan kenapa kita harus mencari lokasi yang pas dengan usaha kita. Pangsa pasar. Usaha kita tak ada artinya tanpa pelanggan kita kan? Nah service pada pelanggan kita salah satunya adalah menyediakan tempat yang lebih dekat dengan mereka yang menjadi konsumen kita. Kita harus bisa memastikan mereka bisa dengan nyaman mengunjungi lokasi kita dan jaraknya tidak terlampau jauh dari rumah mereka, kantor mereka atau sekolah mereka. Tergantung dari siapa yang kita jadikan target pasar kita.

Mengontrol Persaingan

Kita tentu sadar bahwa dalam berbisnis kita selalu memiliki rival. Tetapi kita juga harus ingat kita harus bersaing secara sehat. Nah hal ini juga menjadi alasan kita kenapa kita harus memilih lokasi yang sesuai dengan usaha kita. Dengan mengisi space-space lokasi tertentu kita juga ikut mengontrol persaingan bisnis yang setiap saat dapat mengancam kelangsungan bisnis kita. Kita harus mampu menciptakan iklim yang kompetitif dengan pesaing bisnis kita.

Meraup Keuntungan

Bukan hal yang munafik jika dalam berbisnis kita ingin selalu untung. Minimal tidak rugi. Dengan prinsip tersebut, kestrategisan lokasi kita menjadi sangat penting manfaatnya. Jika kita tidak menimbang-nimbang lokasi mana yang strategis untuk bisnis kita maka bisnis kita bisa merugi. Mungkin tidak untuk hari-hari pertama, tapi di minggu-minggu kedua ketiga bisa jadi konsumen akan memudar karena lokasi yang kita tempati ternyata jauh dari konsumen yang kita jadikan target pasar kita.

 

Langkah-Langkah Analisis Lokasi

Lokasi Strategis Untuk Bisnis Franchise Terbaru  , Bagaimana langkah dalam menganalisa suatu lokasi? Berikut kami berikan beberapa langkah untuk menganalisa lokasi-lokasi outlet franchise anda.

Tentukan Pangsa Pasar

Ini hukumnya wajib. Setiap pengusaha wajib tahu marjin konsumennya siapa saja. Dengan begitu analisa lokasi akan lebih mudah disesuaikan dengan karakteristik tempat dimana konsumen yang menjadi bidikan anda tersebut berada.
List Faktor-Faktor Lokasi yang akan cari
Faktor lokasi lebih ditekankan pada apa alasan kita dalam mempertimbangkan suatu lokasi bagus atau strategis untuk lokasi outlet kita. Selain pangsa pasar tentunya. Maka kita harus mampu menimbang-nimbang faktor apa saja yang kita perhitungkan. Misal bila outlet kita pasarnya adalah orang yang memiliki mobil, maka kita harus pastikan lokasi kita memiliki tempat parkir yang memadai. Atau jika usaha anda bergantung pada budaya tertentu, misal anda berjualan makanan khas orang cina, bisa jadi anda harus mengambil kawasan-kawasan daerah pecinan. Dan berbagai faktor yang mungkin mempengaruhi usaha anda lainnya.

Cari Lokasi

Cari lokasi. Ini yang terpenting. Kita sebagai pengusaha harus mencari lokasi-lokasi yang strategis untuk usaha kita. Cocok dengan faktor-faktor lokasi yang kita inginkan. Dan juga memiliki iklim lokasi yang baik. Dan yang paling penting mampu memenuhi kebutuhan pangsa pasar kita.

Survei Lokasi

Survei lokasi sangat penting. Mengingat tempat atau lokasi tersebut nantinya akan menjadi lapak usaha kita. Kita harus memastikan tempatnya nyaman untuk dijadikan lokasi usaha. Dan pastinya strategis. Strategis dalam artian radar konsumen target anda berada pada wilayah tersebut.

Deal-ing Lokasi

Setelah melewati langkah-langkah tersebut saatnya kita menyepakati lokasi yang akan kita jadikan lokasi usaha. Misal bila lokasi yang anda pilih adalah kantin sekolah, anda harus mulai berbicara pada pihak manajemen sekolah, bagaimana cara masuk ke kantin, bagaimana mekanisme pembayaran, dan lain-lain. Lalu misal lokasi yang anda pilih adalah di foodcourt mall, ada harus berurusan dengan pihak manajemen mall untuk pemasukkan tenant baru. Dan proses-proses tersebut harus anda selesaikan sebelum anda menawarkan pada investor yang akan mem-franchise usaha kita.

Nah begitulah langkah langkah mencari Lokasi Strategis Untuk Bisnis Franchise Terbaru  kita yang akan kita franchisekan. Bila anda berkeinginan mengembangkan usaha anda dengan sistem franchise, anda harus melai mencari cari lokasi yang pas sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *