Kuliner Nusantara Business Opportunity Masa Kini

jasa seo perusahaan jakarta

Kuliner Nusantara  Business Opportunity Masa  Kini | Kuliner-an memang aktivitas yang sangat menyenangkan. Bukan hanya sekedar kegiatan untuk memenuhi isi perut agar dapat menghasilkan energi. Lebih jauh kegiatan kuliner-an merupakan suatu life style yang tidak dapat dipisahkan dengan perilaku masyarakat di Indonesia.

Hal ini dibuktikan dengan antrian panjang di restoran-restoran atau depot-depot tempat makan. Dan juga, kenyataan selalu sesaknya food court di jam-jam tertentu, seperti saat makan siang dan makan malam. Dalam weekend maupun tanggal merah, tempat-tempat makan selalu saja dipenuhi oleh konsumen. Bisa kita lihat dengan jelas bahwa bisnis kuliner ini dapat diklasifikasikan sebagai bisnis yang paling dicari dan menjadi peluang bisnis yang menggiurkan bagi siapa saja yang mau melakukannya.

Kuliner Nusantara dan Bisnis Kuliner

Memang hal yang wajar jika masyarakat Indonesia gemar makan, karena bangsa kita memiliki berbagai macam makanan khas. Tak heran karena bangsa kita memiliki berbagai macam bumbu yang mudah didapat dan juga murah. Berbeda dengan di luar negeri. Di salah satu stasiun televisi pernah ditayangkan bahwa kayu manis harganya ratusan ribu, sedangkan di Indonesia bisa dibeli dengan uang seribu rupiah. Dengan berbagai macam bumbu yang ada, nenek moyang kita mewariskan resep luar biasa dalam meracik berbagai macam masakan. Bahkan hingga saat ini, chef Indonesia begitu tersohor hingga ke manca negara dengan inovasi-inovasinya.

gado gado

gado gado

Makanan khas Indonesia atau bahasa kerennya kuliner khas nusantara ini sangat beragam. Berikut beberapa daftar makanan yang terkenal di Indonesia.

  • Nasi Padang

Sesuai namanya, nasi padang memang berasal dari padang. Nasi yang dimakan mulai dari kalangan menengah bawah hingga orang berada. Makanan yang terdiri dari nasi putih dengan berbagai macam pilihan lauk serta sayuran, plus ditambah dengan bumbu-bumbu juga sambal. Biasanya nasi padang kental akan aromanya dan juga daging rendang. Namun tidak hanya rendang, ada banyak pilihan lauk, seperti ayam juga telur.

  • Sate

Sate merupakan daging yang ditusuk dengan sepotong bambu dan dibakar beserta bumbu-bumbu. Ada banyak macam daging yang digunakan seperti daging sapi, daging ayam, daging kelinci, kerang, daging kambing dan lain-lain. Sekalipun di satu nama sate di Indonesia tetapi ada banyak penyebutan sate khas dari berbagai daerah. Di Kota surabaya ada ‘sate kelopo’, sate yang diberi parutan kelapa. Selain itu ada Sate Madura dan Sate Padang. Selain itu ada Sate Maranggi khas dari Purwakarta, Jawa Barat. Di Kota Jogjakarta ada Sate Klatak dan berbagai macam sate lainnya.

  • Gudeg

Makanan khas dari Kota Pelajar, Kota Jogja tersebut tidak boleh dilewatkan saat sedang berkunjung ke sana. Makanan gudeg ini adalah intinya adalah sayur nangka muda yang sebelumnya dimasak dengan santan dan gula merah. Gudeg disajikan juga dengan pelengkap berupa aneka lauk seperti ayam goreng, tempe goreng, telur rebus hingga kerupuk kulit sapi. Guged ini memiliki cita rasa khas Jogja, yaitu rasanya cenderung manis dan legit. Gudeg akan lebih lengkap bila disantap bersama nasi hangat. Seiring berkembangnya bisnis kuliner, makanan khas gudeg ini tidak lagi hanya dapat ditemui di Kota Yogyakarta. Tetapi juga dapat ditemui di kota-kota besar di Indonesia.

jasa seo perusahaan jakarta
  • Rawon

Rawon merupakan masakan khas Jawa Timur, khususnya Surabaya. Rawon memiliki 2 bahan utama yakni daging sapi serta kluwek atau keluwak atau bisa juga disebut kluak. Kluwek tersebut yang menjadikan warna kuah rawon menjadi hitam pekat. Ditambah dengan bumbu lain yang sangat menggugah selera makan seperti bawang merah, ketumbar, daun bawang, dan sereh. Pada saat penyajian, rawon terasa nikmat bila dimakan bersama dengan nasi hangat. Di Surabaya terdapat brand rawon yang sudah dangat tersohor, yaitu rawon setan yang terletak di Jalan Embong Malang. Disebut rawon setan karena bukannya malam hingga dini hari.

  • Gado-Gado

Bagi vegetarian, selain rujak, kita memiliki gado-gado. Makanan khas Indonesia khususnya Kota Jakarta ini berisi campuran potongan sayuran seperti selada, wortel, kentang, jagung, bayam mentimun, tomat dan taoge. Sering disebut-sebut sebagai ‘Salad Jawa’ oleh orang luar negeri. Selain berbagai macam sayuran, gado-gado bisa juga dicampur dengan potongan tahu, tempe dan juga lontong. Bila salad disajikan dengan bumbu mayonaise, maka gado-gado ini disiram dengan bumbu kacang dan disajikan dengan kerupuk.

 

Selain kelima makanan di atas, masih banyak makanan khas nusantara lainnya, seperti makanan berbahan sagu, makanan dengan pete dan jengkol, lumpia khas Semarang, onde-onde, empek-empek khas Palembang, prekedel, opor, rendang, bakso, soto, tahu tek, tahu sumedang dan lain-lain.

Ya, dari sabang hingga merauke, kita mengenal berbagai macam makanan dengan ciri khas dan rasanya masing-masing. Bahkan ada makanan yang secara penyebutan sama tapi teryata jenisnya berbeda. Seperti contohnya bakwan. Bakwan di daerah jawa tengah ditengarai sebagai makanan jenis gorengan, namun bakwan khususnya di Kota Malang digunakan untuk menyebut salah satu ragam bakso. Fenomena ini tentu sangat menarik. Apalagi bagi kita sang

rendang indonesia

rendang indonesia

.

Bisnis bidang kuliner memang seperti menjadi ‘usaha-darling’ tersendiri bagi setiap pemula usaha. Pasalnya usaha dibidang ini selalu saja dicari dan dinikmati. Dan era modernisasi ini menjadi momentum baik untuk terus menerus mengangkat budaya kuliner nusantara ke mata internasional. Salah satunya dengan dijadikan usaha alias bisnis.

Peluang Besar dalam Berbisnis Kuliner

Peluang dalam berbisnis kuliner masih terbuka lebar. Namun pelaku bisnis kuliner harus dan wajib hukumnya untuk menyadari bahwa penting sekali melakukan inovasi-inovasi agar dapat menarik perhatian dan minat pelanggan. Dengan inovasi-inovasi, makanan yang kita jadikan bisnis tersebut akan menuai kekarakteristikannya sendiri dan akan menjadi ciri khas dari bisnis kita.

Selain itu, kesuksesan dalam berkomunikasi dengan para pelanggan akan membawa keuntungan alias kesuksesan pada bisnis yang sedang dijalani. Ini berlaku untuk semua bisnis, termasuk juga bisnis kuliner. Pembeli adalah raja. Bukan berarti kita harus tunduk, tidak. Tetapi kita harus menghormati dan melayani pelanggan kita dengan sebaik-baiknya. Resep senyum harus selalu kita hidangkan disetiap kita bertatap muka dengan para pelanggan.

Peluang besar dalam berbisnis kuliner yang sering dibicarakan ini bukan hanya isapan jempol belaka. Bila memang kita bisa memanajemen usaha kita dengan baik, kita bisa mendulang memperoleh omset yang besar sekaligus terkenal. Bukan hanya si empunya bisnis, tetapi juga makanan yang kita jadikan produk dalam bisnis kita.

Bila kita mengangkat tema kuliner nusantara, maka kita sudah pasti ikut melestarikan budaya Indonesia. Apalagi dengan mulai terbentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN alias MEA. Kemungkinan kedatangan masyarakat negara tetangga akan lebih besar ke Indonesa. Dan kuliner khas Indonesia yang tersohor hingga ke berbagai belahan dunia nantinya akan sangat dicari, Kuliner Nusantara  Business Opportunity Masa  Kini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *