Peluang Bisnis Online di Tahun 2015 Tambah Besar

Peluang Bisnis Online di Tahun 2015 Tambah Besar | Berkembangnya bisnis online 10 tahun terakhir menjadi peringatan keras bagi kalangan pengusaha dengan mengandalkan internet sebagai media berbisnisnya. Setelah beberapa tahun ini bisnis online begitu meriah dan traffic dalam jumlah besar menyesaki jaringan internet. Jika dianalisa lebih mendalam, peluang bisnis online di tahun 2015 dan tahun – tahun berikutnya akan bertambah besar. Simak ulasannya berikut ini.

Bisnis Online 10 tahun terakhir

Sejak kemunculan internet di negara Indonesia, jumlah pengguna internet atau nettizen semakin menunjukkan angka yang signifikan. Pengguna internet di Indonesia menggunakan internet untuk berbagai macam keperluan, seperti mencari artikel, membaca online news, sosial media dan lain-lain. Jumlahnya diperkirakan mencapai hampir 30% lebih dari total penduduk keseluruhan di Indonesia.

Bahkan banyak bisnis-bisnis offline merambah ke bisnis online. Banyak bisnis offline yang kemudian melakukan inovasi dengan bisnis online. Karena memang secara pasar, bisnis online menjadi gencar dan sangat diperhitungkan oleh konsumen. Selain karena praktis juga karena penghematan waktu. Seperti penyediaan program delivery service restoran-restoran yang memanfaatkan jaringan internet dalam proses pemesanannya. Program ini banyak dimanfaatkan oleh konsumen yang malas keluar pada malam hari misalnya, atau karena tugas menumpuk sehingga tidak bisa keluar kantor saat makan siang. Hal-hal seperti itu dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis restoran untuk semakin mempermudah pelanggan.

Peluang Bisnis Online di Tahun 2015 Tambah Besar , Tetapi, di sisi lain beberapa survei mengatakan bahwa jumlah transaksi dengan menggunakan ecommerce di Indonesia masih sangat minim, yaitu sejumlah 5% dari total pengguna internet atau nettizen. Banyak alasan mengapa hal ini terjadi. Salah satunya adalah kurangnya pengetahuan masyarakat tentang bisnis online. Masyarakat konvensional belum memiliki kepercayaan penuh untuk belanja secara online. Selain faktor tersebut, kurangnya infrastruktur internet juga merupakan salah satu faktor lambatnya perkembangan e-commerce di Indonesia. Walaupun setiap tahunnya terus bertambah tetapi perkembangannya belum terlampau tinggi.

Bisnis Online Sekarang dan Masa Depan

Kabar bagusnya, e-commerce di Indonesia memiliki peluang yang sangat besar untuk bisa dikembangkan lebih lanjut. Peluang ini selain didasari oleh lambatnya perkembangan e-commerce di Indonesia juga didasari oleh semakin bertambahnya jumlah masyarakat kaum ekonomi menengah.

Benar, masyarakat pada kategori ini merupakan target market baru bagi bisnis online. Karena seiring dengan perekonomian mereka yang baik, life style mereka juga berubah. Interaksi sosial mereka semakin diperluas. Selain hal tersebut, kemajuan pendidikan Indonesia juga memiliki dampak positif bagi bisnis online. Semakin hari, masyarakat menjadi semakin cerdas dan menginginkan sesuatu yang lebih praktis untuk menunjang aktivitasnya, termasuk dalam aktivitas berbelanja. Tidak mengherankan bila banyak pakar yang memprediksikan Indonesia sebagai salah satu negara yang akan menjadi pengguna ecommerce terbesar di dunia dalam beberapa dekade kedepan.

4g lite

4g lite

Bisnis online atau e-commerce

 

ini memiliki keuntungan-keuntungan tersendiri dalam dunia bisnis. Tujuan bisnis-bisnis online ini disamping mengejar profit atau keuntungan dari penjualan juga dalam rangka mengedukasi masyarakat tentang bertransaksi secara online. Dengan berbekal pengetahuan yang memadai, diharapkan masyarakat memiliki ketertarikan untuk mencoba bertransaksi secara online. Dapat kita bayangkan bersama, apabila 10% saja dari masyarakat terdidik di Indonesia melakukan belanja online maka volume transaksinya akan sangat besar.

Nah sebagai seorang pengusaha kita tidak mau kehilangan mementum dan kesempatan untuk menjadi pengusaha di bidang bisnis online, bukan? Maka kita wajib menciptakan inovasi-inovasi di bidang online shop ini. Ada banyak inovasi-inovasi yang dapat dilakukan oleh seorang pengusaha di bidang online shop ini.

Tetapi mereka yang banyak melakukan inovasi dan memiliki perbedaan tersendiri di jagat internet akan memiliki banyak peluang untuk sukses. Hal ini seperti yang dilakukan oleh perusahaan internet terbesar di dunia, google. Google memiliki banyak feature yang dikembangkan untuk memenuhi permintaan pasar. Inovasi-inovasi yang dikembangkannya belum memiliki banyak pesaing.

Nah bisnis online semacam inilah yang harus dipikirkan dan di inovasikan lebih lanjut. Namun bukan hanya bisnis online skala besar saja, bisnis kecil dan memengah seharusnya mampu membaca peluang bisnis di jagat internet.

Kemunculan 4G Lite

Pada kondisi akhir-akhir ini beberapa operator besar di Indonesia berlomba-lomba untuk menyiapkan layanan jaringan 4G LTE. Sebagian besar amatir nettizen, istilah 4G LTE masih belum terdengar akrab. Namun teknologi satu ini akan membantu para pengguna internet maupun para pembisnis yang berselancar di bidang internet.

Sederhananya, jaringan 4G LTE memiliki kapasitas bandwidth 10x yang lebih besar jika dibandingkan dengan jaringan 3G saat ini. Maka secara otomatis, kecepatan akses data dengan menggunakan jaringan 4G jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan jaringan 3G. Jaringan 4G LTE ini menggunakan frekuensi 1800 Mhz. Frekuensi 1800 Mhz sendiri memang diyakini paling siap dalam menyediakan ekosistem jaringan 4G LTE.

Di sisi lain, kebijakan penataan pita frekuensi radio 1800 MHz juga telah disahkan oleh Menteri Kominfo, Rudiantara pada Jumat, 13 Februari 2015. Surat edaran nomor 1 tahun 2015 tentang kebijakan tersebut ditetapkan berdasarkan peraturan perundangan-undangan dan asas-asas umum pemerintahan yang baik.

Tujuannya agar kebijakan menata industri telekomunikasi untuk menuju kondisi industri yang sehat dan proporsional serta berhasil. Dengan memberikan kepastian tersebut, persiapan langkah-langkah korporasi bagi para penyelenggara telekomunikasi dapat dipercepat. Sebelumnya disebutkan bahwa Menteri Kominfo, Bapak Rudiantara memang telah berjanji untuk menerbitkan izin terkait penggunaan frekuensi 1800 Mhz terkait dengan ketersediaan 4G LTE pada pertengahan kuartal pertama 2015. Hingga saat ini beberapa penyedia layanan jaringan internet ini sudah mulai menyediakan jaringan 4G LTE.

Dengan adanya teknologi baru ini, masalah yang kerap ditemui seperti putusnya koneksi saat mengakses data tidak akan ada lagi. Kapasitas bandwidth 4G LTE yang digadang-gadang lebih besar juga diharapkan dapat membantu para kaum profesional yang bekerja dengan internet menjadi lebih baik nantinya. Keinginan untuk download atau upload berbagai macam file dengan ukuran besar tidak perlu menunggu waktu lama. Kerja jadi lebih efisien. Dengan kemungkinan bebas lemot yang ditawarkan oleh provider-provider jasa layanan internet, maka peluang wirausaha di bidang bisnis online terbuka lebar.

Bisnis online dengan jaringan baru, jaringan 4G LTE, diharapkan akan lebih besar memberikan dampak positif. Misal, bila dalam mengupload image atau video produk yang akan kita jual biasanya terkendala, seperti buffering misalnya, maka dengan jaringan baru ini kita sama-sama berharap bahwa hal tersebut sudah tak akan terjadi lagi. Selain itu, diharapkan juga pemerintah akan terus memonitoring pergerakan dari bisnis online, yang sekarang ini juga banyak disalah gunakan oleh oknum-oknum penipu yang menjadikan image online shop sangat buruk di depan konsumen.

Nah bila kita juga ingin terjun ke dunia bisnis online, kita juga harus melakukan inovasi yang nyata agar apa yang kita bisniskan mendapat tempat di hari para nettizen tanah air maupun manca negara. Dengan demikian, profit akan mengalir terus ke rekening kita. Tertarik? Silahkan mencoba karena Peluang Bisnis Online di Tahun 2015 Tambah Besar .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *