Potensi Bisnis Cemilan dan Oleh Oleh Serabi

jasa seo perusahaan jakarta

Potensi Bisnis Cemilan dan Oleh Oleh Serabi | Dalam menjalankan bisnis makanan tradisional kita seringkali dihadapkan oleh gaya hidup masyarakat yang serba modern. Jajanan-jajanan luar negeri yang lebih digemari dari jajanan khas dalam negeri, menjadi tantangan tersendiri bagi pengusaha kuliner tradisional. Beragam carapun ditempuh agar bisnisnya dapat survive. Salah satunya dengan cara menyajikan bisnis kuliner tradisional bercita rasa khas luar negeri.

Bisnis Jajanan kuliner tradisional

yang akan kita bahas berikut ini adalah serabi. Serabi adalah jajanan yang terbuat dari adonan tepung beras berbentuk cair, yang dimasukkan dalam cetakan setengah lingkaran menggunakan bahan bakar arang dan setelah matang dimakan menggunakan kuah kinca. Jajanan serabi adalah jajanan kuliner khas Bandung. Namun saat ini, serabi juga dikenal sebagai jajanan kuliner khas solo.

Karena Baik di Solo Maupun di Bandung, masing-masing kota memiliki depot serabi yang sangat terkenal di mata pencinta pemburu kuline khas daerah. Jika anda mengunjungi kota Solo dan tidak mampir ke Serabi Notosuman yang telah melegenda, maka anda seperti tidak berkunjung ke kota Solo. Begitulah pendapat dari konsumen fanatik dari Serabi Notosuman ini.

Begitu pula jika anda sedang berwisata ke kota bandung tetapi tidak mengunjungi serabi enhaii, akan sangat disayangkan sekali. Serabi Enhaii merupakan serabi yang paling populer di Kota Bandung. Baik Serabi Enhaii dan Serabi Notosuman dua-duanya punya penikmat sendiri. Tapi ada juga yang menjadi penggemar fanatik dari kedua serabi ini.

Berikut adalah liputan secara detail mengenai Bsnis Serabi Enhaii di Bandung dan Bisnis Serabi Notosuman di Solo.

Serabi Notosuman Solo, Jawa Tengah

Pada tahun 1920 an seorang pengusaha tiongha bernama Hoo Geng Hok berinisiatif untuk mendirikan bisnis kuliner kue apem di depan rumahnya. Karena pada jaman itu pebisnis jajanan kuliner belum banyak seperti sekarang, maka secara otomatis bisnis kue apem pak hoo geng hok mendapat sambutan yang sangat baik dari penduduk setempat. Hanya dalam hitungan hari, bisnis kue apemnya bisa dikatakan sebagai salah satu bisnis kuliner yang sukses pada masa itu.

Potensi Bisnis Cemilan dan Oleh Oleh Serabi

Potensi Bisnis Cemilan dan Oleh Oleh Serabi

Setelah bisnis kue apemnya berjalan selama 5 bulan, timbullah celetukan dari beberapa pelanggan,yang menyarankan pak hoo geng hook untuk membuat kue serabi. Awalnya pak hoo geng hok tidak menanggapi saran dari pelanggan tersebut. Namun seiring dengan banyaknya pelanggan yang menyarankan, akhirnya Pak hoo geng hok memproduksi kue serabi.

jasa seo perusahaan jakarta

Tak disangka-sangka pada hari pertama produksi serabi, omset penjualan pak hoo geng hok meningkat 200% dibandingkan dengan sebelumnya. Akhirnya lama-kelaman pelanggan lebih tertarik pada kue serabi daripada kue apem sehingga setiap harinya, penjualan kue apem berangsur-angsur menurun. Satu tahun kemudian Pak Hoo Geng Hok resmi hanya berjualan kue serabi saja.

Proses produksi Serabi Notosuman

dapat dilihat langsung ketika kita datang ke lokasi. Cetakan serabi yang terbuat dari tanah liat dan memiliki diamet 12 cm, sebanyak 40 buah, dipajang rapi diatas tengku yang berisi arang. Cetakan yang terbuat dari tanah liat, membuat Serabi Notosuman memiliki kualitas tekstur yang sangat bagus dan kering.

Roni sebagai generasi penerus serabi notosuman, mengatakan bahwa pada tahun 1920 an harga satu kue serabi dijual Rp 25 . Saat ini harga satu kue serabi Notosuman dijual Rp 3000 untuk rasa original dan Rp 3500 untuk rasa cokelat. Untuk harga paket, dibandrol dengan Rp 30.000. Satu paket berisi 5 kue serabi polos dan 5 kue serabi cokelat. Serabi Notosuman tidak dimakan menggunakan kuah cincau seperti serabi pada umumnya.

Dalam sehari Roni mengaku dapat menjual 5000 kue serabi. Rata-rata omset harian serabi norusman sekita Rp 15.000.000 sampai Rp 20.000.000. Serabi Notosuman buka dari jam 7 pagi sampai jam 9 malam.

Serabi Enhaii Bandung

Serabi Enhaii mempunyai konsep bisnis yang sangat lain dengan Serabi Notosuman. Jika Serabi Notosuman adalah pusat oleh-oleh khas solo, Serabi enhaii adalah pusat restoran serabi di Bandung. Ya restoran serabi. Proses memasaknya tidak jauh beda dengan serabi notosuman, Serabi enhai juga menggunakan cetakan serabi dari tanah liat dan menggunakan arang sebagai bahan bakar memasak serabi. Yang membedakan adalah cara memakan serabi dan toping serabi.

Potensi Bisnis Cemilan dan Oleh Oleh Serabi

Potensi Bisnis Cemilan dan Oleh Oleh Serabi

Serabi enhai memiliki bermacam-macam toping dan rasa mulai diantaranya serabi duren, serabi sosis oncom mayo, dan serabi pizza. Serabi Enhaii juga menjual serabi tradisional yaitu kue serabi yang dimakan menggunakan kuah cinca. Serabi Enhaii sebaiknya dimakan panas-panas setelah kue serabi matang dari cetakannya. Harga Serabi Enhaii berkisar antara Rp 2000 – Rp 20.000 tergantung jenis rasa dan toping.

Serabi Enhaii buka pada jam 4 sore hingga jam 12 malam setiap harinya. Kini omset serabi enhaii telah mencapai Rp 10.000.000 perhari. Serabi Enhai beralamat di jalan Setia Budi, Bandung Jawa Barat, Potensi Bisnis Cemilan dan Oleh Oleh Serabi 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *