Semarang dan Bersinarnya Bisnis Kuliner Lompia

Semarang dan Bersinarnya Bisnis Kuliner Lompia | Jajanan kuliner indonesia banyak yang diadaptasi dari jajanan tionghoa. Dintaranya bakso, pangsit mie, capjay, siomay, bakpao dan lompia. Beberapa dari jenis makanan itu, hampir tidak dikenali lagi sebagai kuliner turunanan tonghoa, karena memiliki cita rasa indonesia yang sangat kental. Bahkan sebagian dai kuliner itu diklaim sebagai jajanan tradisional milik tanah air.

Penikmat kuliner di Indonesia termasuk dalam kategori fanatis. Begitu ada makanan indonesia yang diakui oleh negara lain sebagai makanan khasnya, kita langsung marah dan demo besar-besaran. CIta rasa masakan indonesia memang sungguh menggugah selera dan membuat penduduk negara lain jatuh cinta pada kuliner indonesia.

Baru-baru ini ada sebagian kelompok masyarakat pecinta jajanan kuliner Indonesia yang melakukan demonstrasi besar-besaran di Kedutaan Malaysia. Mereka mengutuk keras malaysia karena telah mengakui Lumpia sebagai makanan khas mereka. Lumpia semarang telah mempunyai surat keputusan resmi dari menteri kebudayaan Indonesia sebagai warisan budaya nasional bukan benda.

Semarang dan Bersinarnya Bisnis Kuliner Lompia

Semarang dan Bersinarnya Bisnis Kuliner Lompia

Namun sebenarnya lumpia bukanlah hanya milik kota semarang saja, banyak sekali variasi jajanan kuliner lumpia di kota-kota lain di Indonesia yang memiliki cita rasa unik dan berbeda dari lumpia semarang biasanya. Bahkan ada yang mengolah lumpia dengan isi keju,pisang, dan cokelat.

Nama Lumpia di Luar negri

Sebenarnya lumpia di luar negeri dikenal dengan nama springroll. Bahan utama lumpia dan springroll sama-sama terletak pada kulitnya. Satu-satunya yang membedakan adalah isinya lumpia berisi rebung sedangkan springroll berisi sayuran. Namun sekarang lumpia dan springroll sudah tidak ada bedanya karena isinya sama – sama sudah dimodifikasi sendiri oleh pebisnis lumpia

Selain dikenal dengan rasanya yang khas dan unik lumpia juga dikenal sebagai bisnis kuliner yang menggiurkan. Pebisnis lumpia seringkali hampir tidak pernah gagal dalam menjalankan bisnisnya. Penikmat kuliner lumpia di Indonesia yang terlalu banyak, membuat penjual lumpia sampai gulung tikar rasanya hal yang mustahil.

Untuk berbisnis lumpia kita harus mengerti dengan baik kualitas kulit lumpia yang akan kita pergunakan. Kita dapat membeli kulit lumpianya di supermarket atau membuat kulit lumpia sendiri. Untuk langkah awal sebaiknya kita mempergunakan kulit lumpia di supermarket untuk berbisnis lumpia, baru setelah jualan mulai ramai , mau tidak mau kita harus membuat kulitnya sendiri. Kriteria kulit lumpia yang baik sebenarnya sangat sederhana yaitu jika di goreng atau dikukus, kulit tidak berlubang.

Berikut kita akan membahas bagaimana beberapa brand jajanan kuliner lumpia mempertahankan dan mengembangkan bisnisnya serta meraih keuntungan yang sangat fantastis dan berhasil mendapatkan hati masayarakat pencinta kuliner.

Loompia BOOM Jogjakarta

Jika kita melintas ke jalan sekitar kampus UGM, kita akan menemui kedai lumpia yang tak henti-hentinya dikunjungi orang kedai ini bernama kedai loompia boom. Nama loompia boom mencerminkan bentuk lumpia yang mempunya ukuran besar, bahkan tagline kedai ini adalah the biggest lumpia ever.

Lumpia boom memiliki panjang 25 cm dan diameter 4cm. lumpia boom tidak seperti lumpia pada umumnya. Lumpia ini lebih seperti omelet yang dibungkus menggunakan kulit lumpia. Isi dari lumpia boom diantaranya daging, telor, kornet, ayam dan lainnya. Loompia boom dihidangkan dengan nasi dan sambal.

Semarang dan Bersinarnya Bisnis Kuliner Lompia

Semarang dan Bersinarnya Bisnis Kuliner Lompia

Kini loompia boom telah memiliki tiga cabang yang semuanya berada di Yogyakarta. Inspirasi berdirinya loompia boom pada tahun 2008 adalah karena keluarga pemilik tidak terlalu suka pada lumpia semarang yang berisi rebung. Loompia boom juga menjual makanan lain di kedainya seperti spagethi boom pizaaboom, boorgrboom dan masih banyak lainnya. Namun produk utamanya tetap loompia boom yang juga menjadi nama brand dari kedai ini.

Loompia boom dibandrol dengan harga mulai Rp 12.000 dan lebih spesifik melayani market segmen mahasiswa. Kedai Loompia boom buka mulai dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam.

LUPIKO (lumpia pisang cokelat)

Iris pisang ambon tipis-tipis, ambil 3 iris, masukan dalam kulit lumpia yang terbuka lebar, taburi dengan selai nutela cokelat, beri sedikit susu kental manis cokelat, lipat lumpia dan goreng. Isi juga bisa ditambah dengan potongan cokelat batangan seperti silver queen atau kitkat. Kemudia lumpia bisa digoreng atau dikukus sesuai selera.

Itulah persisnya hidangan kuliner dengan brand LUPIKO. Brand ini adalah brand pebisnis lumpia umkm yang mangkal di depan sma muhammadiyah 2 Surabaya. Setiap hari jam istirahat bagi siswa-siswi sma muhammadiyah 2 Surabaya adalah jam yang selalu dinanti untuk menikmati LUPIKO. Siswa biasanya pesan melalui sms sebelum waktu istirahat dimulai. Jadi keitika istirahat LUPIKO sudah siap untuk dimakan.

Pebisnis Lupiko ini bernama kamto pria berusia 27 tahun asal Boyolali jawa tengah. Pak kamto membandrol LUPIKO dengan harga Rp 5000 sampai Rp 10.000 per potong tergantung dengan isi yang digunakan. Dalam sehari Pak kamto dapat menjual LUPIKO sebanyak 50 hingga 100 potong lumpia. Dalam sehari pak kamto bisa memperoleh profit Rp 50.000 hingga Rp 150.000. Pak kamto hanya beroperasi di satu lokasi saja dan mentap di depan SMA 2 Muhammadiyah Surabaya mulai pukul 9 pagi hingga 3 sore, Semarang dan Bersinarnya Bisnis Kuliner Lompia  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *