7 Langkah – langkah untuk Menetapkan Strategi Pertumbuhan UKM

jasa seo perusahaan jakarta

Bisnisumkmonline.com –  Jika hanya setengah dari perusahaan start – up yang bertahan lebih dari lima tahun dan hanya sepertiga yang berhasil mencapai 10, apa satu hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan perusahaan Anda berkelanjutan? Jawabannya adalah untuk menciptakan strategi pertumbuhan untuk bisnis Anda.

Strategi pertumbuhan bisnis melibatkan lebih dari sekedar membayangkan kesuksesan jangka panjang. Jika Anda tidak memiliki rencana yang nyata, maka Anda benar – benar kehilangan bisnis kepada peaaing lain.

Pertumbuhan merupakan prioritas utama bagi semua bisnis, jadi sangat penting untuk menyusun operasi sedemikian rupa sehingga tidak jauh dari proses pemeliharaan bisnis dan terhadap pelanggan. Dengan berinvestasi dalam keefisiensian bisnis, para pemilik bisnis bisa mencapai tujuan usaha yang diinginkan.

Kunci untuk strategi pertumbuhan apapun harus disengaja. Cari tahu langkah pembatas laju pertumbuhan bisnis. Tetapi, Anda perlu melakukan langkah – langkah sebagai berikut :

  1. Tetapkan proposisi nilai

Agar pertumbuhan bisnis Anda dalam jangka panjang, Anda harus memahami apa yang membedakannya dari kompetisi. Identifikasilah mengapa pelanggan datang kepada Anda untuk mendapatkan produk atau jasa. Apa yang membuat Anda relevan, berbeda, dan kredibel ? Gunakan jawaban Anda untuk menjelaskan kepada konsumen lain mengapa mereka harus berbisnis dengan Anda.

Misalnya, beberapa perusahaan bersaing dengan “otoritas”. Cari tahu manfaat khusus apa saja yang bisa Anda berikan sesuai proposisi nilai. Jika Anda menyimpang dari proposisi nilai ini, Anda hanya akan menanggung risiko dalam mendevaluasi bisnis.

  1. Identifikasilah pelanggan ideal Anda

Untuk merangsang pertumbuhan bisnis, Anda sedang mengembangkan bisnis untuk memecahkan masalah bagi audiens tertentu. Siapa penonton itu? Apakah audiens itu pelanggan ideal Anda? Jika tidak, siapa yang Anda layani?

  1. Tentukan indikator kunci Anda

Perubahan – perubahan indikator harus dapat diukur. Jika Anda tidak dapat mengukur perubahan dalam indikator usaha tersebut, maka Anda tidak dapat mengetahui apakah perubahan itu efektif. Anda dapat mengidentifikasi indikator utama mana yang mempengaruhi pertumbuhan bisnis Anda, kemudian mendedikasikan waktu dan uang ke bidang usaha tersebut, yang akan membantu Anda mencapai tujuan usaha tersebut.

  1. Verifikasikan aliran pendapatan Anda

Apa aliran pendapatan Anda saat ini? Aliran pendapatan apa yang bisa Anda tambahkan untuk membuat bisnis Anda lebih menguntungkan? Setelah Anda mengidentifikasi potensi arus pendapatan baru, tanyakanlah pada diri Anda apakah tindakan itu berkelanjutan dalam jangka pendek dan jangka panjang Beberapa ide hebat atau produk keren belum tentu memiliki aliran pendapatan. Hati -hati untuk mengisolasi dan memahami perbedaan tersebut.

jasa seo perusahaan jakarta
  1. Lihatlah pesaing Anda

Tidak masalah betapa besarnya industri Anda, pesaing Anda cenderung unggul dalam hal yang sedang dihadapi oleh perusahaan Anda. Lihatlah ke arah bisnis serupa yang sedang bertumbuh dengan cara baru dan unik untuk menginformasikan berbagai strategi pertumbuhan yang telah Anda buat.

Janganlah takut untuk meminta nasehat kepada para pengusaha lain, keluarga, teman, dana tau para perencana keuangan bisnis. Tanyakanlah pada diri Anda, mengapa pesaing Anda telah memilih keputusan alternatif. Apakah mereka salah? Atau apakah bisnis Anda diposisikan secara berbeda?

  1. Fokus pada kekuatan Anda

Kekuatan utama para pengusaha dan hubungan dengan pelanggan merupakan dua hal yang ditekankan dalam membangun strategi pertumbuhan usahanya. Sebaiknya Anda fokus pada dua hal tersebut daripada mencoba memperbaiki kelemahan dari strategi pertumbuhan usahanya. Anda dapat berorientasi secara berulang – ulang dalam bidang usaha agar sesuai dengan kekuatan Anda, dan bangunlah untuk mengembangkan bisnis Anda.

  1. Berinvestasi

Karyawan Anda memiliki kontak langsung dengan pelanggan Anda, jadi Anda perlu mempekerjakan orang – orang yang termotivasi dan terinspirasi oleh proposisi nilai usaha Anda. Sebaiknya Anda berinvestasi dengan pinjaman modal yang lebih murah, maka Anda bisa membeli perabotan kantor, peralatan kantor. Apalagi Anda bisa membuat anggaran – anggaran pemasaran bersama tim pemasaran.

Sebaiknya Anda meng – hire beberapa karyawan, tetapi Anda membayar gaji karyawan sebesar satu ton. Yang terbaik biasanya akan bertahan jika Anda perlu mengurangi kompensasi mereka selama periode yang lambat.

Mengembangkan strategi pertumbuhan bukanlah satu ukuran cocok untuk semua proses bisnis. Sebenarnya, karena kondisi pasar yang berubah, Anda janganlah membuat keputusan strategis berdasarkan kesuksesan orang lain. Itu tidak berarti bahwa Anda tidak dapat belajar dari perusahaan lain.

Namun, Anda menerapkan rencana bisnis yang tidak akan menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan. Hal ini dapat membuat Anda membabi buta dalam melakukan hal itu.

Anda perlu menyesuaikan rencana bisnis Anda untuk mengembalikan kondisi bisnis yang lebih efisien dan efektif, memperbaiki kekuatan usaha, dan lebih sesuai dengan selera pelanggan Anda – yang bisa sangat berbeda dari strategi yang tidak jelas dan tidak tepat bagi usaha Anda.

Baca Juga Sumber – Sumber Keuangan UKM

Data perusahaan Anda harus berisi semua keputusan strategis dalam mengembangkan pertumbuhan usahanya. Secara khusus, Anda dapat menggunakan data dari indikator utama dan aliran pendapatan untuk membuat rencana pertumbuhan usaha selama 5 tahun.

Begitulah, Anda akan lebih baik memahami bisnis dan selera pelanggan Anda, yang secara alami akan menyebabkan pertumbuhan usahanya.

Strategi satu berukuran cocok untuk semua indikator yang kabur. Tetapi, rencana khusus adalah rencana yang sukses. Bila Anda menyesuaikan strategi pertumbuhan Anda dengan bisnis dan pelanggan Anda, maka Anda akan membuat pelanggan Anda tetap bahagia dan memenuhi keinginan dan kebutuhan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *