Mengevaluasi Vendor Baru Untuk Perluasan Bisnis UKM

jasa seo perusahaan jakarta

 bisnisumkmonline.comMemperluas bisnis Anda ke pasar baru adalah usaha besar bagi start – up dan bisnis yang sedang berkembang dan membutuhkan banyak bantuan. Oleh karena itu, bisnis tersebut dapat mengatur siasat dengan baik.

Vendor, konsultan dan penyedia layanan dapat membantu Anda mengatasi tantangan ini dan membantu dalam mendirikan bisnis lain ke tingkat berikutnya.

Tetapi, bagi perusahaan baru, Jika Anda bermitra dengan beberapa vendor, maka hal ini bisa menjadi tugas yang menakutkan dan menegangkan. Lagipula, bagaimana pemilik bisnis baru bisa menemukan penyedia layanan yang tepat ?

Bekerja dengan orang lain adalah salah satu cara membangun hubungan, dan proses pemilihan vendor baru harus ditekankan pada hubungan para pemilik bisnis dengan para eksekutif dan tim perusahaan secara keseluruhan dan bertahan untuk jangka pendek dan jangka panjang.

Berikut beberapa panduan untuk memilih vendor yang akan memberi nilai paling besar untuk memperluas bisnis, diantaranya :

  1. Tanyalah kepada orang lain di sekitar Anda

Jaringan adalah salah satu jalan bagi para pengusaha untuk mencari klien baru dan berbakat, dan sumber daya yang berharga untuk mengidentifikasi berbagai vendor yang tepat.

Arahan dan rekomendasi dari hubungan koneksi yang tepercaya bisa membuat para pemilik bisnis ingin berhubungan dengan vendor terbaik untuk memperluas bisnisnya. Sebelum melakukan beberapa penelitian dengan serius, lihatlah apa yang orang lain katakan tentang beberapa penyedia potensial apa pun.

Apa yang bekerja untuk satu perusahaan mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan spesifik dari orang lain. Arahan adalah sebuah titik awal dalam memulai perluasan bisnis. Tetapi, penyelidikan menyeluruh terhadap beberapa vendor manapun harus dilakukan sebelum membuat komitmen apapun terhadap usaha bisnis Anda.

  1. Hindarilah penjual yang melayani diri sendiri

Agar kemitraan dapat berjalan dengan lancar, para vendor manapun harus mengerti dan bekerja untuk memenuhi kebutuhan unik bagi para klien. Para vendor hanya fokus pada promosi penjualan dan intinya adalah hal yang salah.

Untuk menyingkirkan vendor yang tidak tepat, sebaiknya Anda tetap terbuka mengenai apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh perusahaan. Deskripsikan sebuah industri, niche market (pasar terbatas), dan tujuan perusahaan. Perwakilan dari vendor dengan mudah melakukan pembicaraan dengan memberikan perhatian atau mencoba menyesuaikan bisnis dengan praktik operasi standar yang tidak memberikan pilihan terbaik. Contohnya adalah konsultan di vendor terbaik berusaha memahami perusahaan dan menawarkan saran gratis sebelum menandatangani kontrak.

  1. Carilah para vendor sebagai perencana

Menemukan pemasok yang tepat hanyalah langkah pertama menuju hubungan vendor dengan para pemilik bisnis. Sebaiknya Anda mencari para vendor yang ahli dalam merencanakan usaha yang memperhatikan kualitas produk atau jasa yang diinginkan oleh para pelanggan. Selain itu, Anda juga memastikan untuk mencari informasi data para vendor yang telah bekerjasama dengan para pemilik lain, terutama informasi mengenai kemampuan dan keterampilan para vendor dalam menangani suatu bisnis.

jasa seo perusahaan jakarta
  1. Evaluasi komunikasi

Komunikasi adalah bagian penting dari setiap hubungan bisnis dan beberapa bisnis seharusnya menjaga hubungan dengan para pelanggan atau para klien dalam mencapai usaha perluasan bisnis. Vendor yang sulit dikenali selama “mengenal fase Anda” kemungkinan besar akan tidak hadir bila sudah saatnya Anda melakukan pekerjaan dengan serius. Menunggu berhari – hari untuk menjawab email atau membalas telepon adalah pertanda buruk.

Demikian juga, penyedia layanan sulit menjawab pertanyaan mengenai hal itu, menghindari kekhawatiran atau tidak jelas dalam tanggapan mereka akan sama sulitnya mendapatkan jawaban langsung dari para pemilik bisnis. Sebaiknya Anda menemukan konsultan terpercaya yang tidak menjawab pertanyaan.

  1. Perbandingan toko

Lakukanlah perbandingan dalam berbelanja tetapi hal ini tidak berarti tawar menawar dalam berbelanja. Saat membandingkan vendor, Anda fokus pada kualitas produk atau layanan, bukan harga. Harganya bisa dinegosiasikan, tetapi kualitas ini tidak dapat diperbaiki. Nyatakan beberapa anggaran dan harapan yang jelas sejak awal.

Bandingkan penyedia layanan serupa dan pelayanan yang ditawarkan. Pastikan untuk membandingkan kedua penyedia tersebut dan jujurlah dengan penyedia potensial yang sedang diwawancarai oleh  perusahaan lain. Setelah pemilihan dipersempit menjadi dua atau tiga pilihan, mintalah perwakilan dari masing – masing vendor untuk menjelaskan apa yang membedakan perusahaan dari persaingan. Mengapa perusahaan ini adalah pilihan terbaik ? Jawaban ini bisa membantu Anda membuat keputusan akhir.

  1. Hindarilah perselisihan hukum bisnis

 

Kenyataannya adalah bahwa berbagai perselisihan bisa dan akan terjadi bahkan dengan pemasok terbaik Anda. Untuk mengatasi perselisihan bisnis domestic internasional dengan para vendor melalui cara hukum, sebaiknya Anda lebih mudah untuk bernegosiasi dan menyelesaikan perselisihan secara pribadi dan keluarga daripada melalui tindakan hukum.

 

Contohnya adalah setelah pesanan pembelian (PO) diterima, itu menjadi bentuk kontrak yang sederhana namun efektif antara pembeli dan penjual. Persyaratan dan ketentuan apapun harus dinyatakan dengan jelas di pesanan pembelian Anda kepada pemasok Anda untuk menghindari kemungkinan terjadinya perselisihan.

baca juga 7 Langkah – langkah untuk Menetapkan Strategi Pertumbuhan UKM

  1. Percayalah pada firasat

Saat Anda memilih vendor, para pemilik bisnis dan eksekutif harus percaya pada penilaian yang sama dengan penilaian yang telah mereka gunakan untuk menggerakkan kesuksesan perusahaan sejauh ini. Bagaimanapun, para eksekutif bertanggung jawab atas perusahaan mereka, mengetahui apa yang akan berhasil, dan bisa menilai hubungan mana yang paling menguntungkan.

Jangan menyewa para vendor tampaknya angkuh dan melakukan hal – hal negatif atau tidak menyenangkan untuk bekerja dengan cara apapun. Jika Anda ingin membangun hubungan dekat dengan para vendor, maka Anda berhentilah mencoba dan terus bekerja dengan baik di perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *