Strategi Inovasi dan Pertumbuhan bagi UKM

jasa seo perusahaan jakarta

bisnisumkmonline.com – Bisnis Anda adalah sebuah perjalanan dan saat ini Anda berada di awal perjalanan itu, sama seperti Anda akan mempersiapkan mobil untuk perjalanan yang besar, siapkan bisnis Anda. Evaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bisnis Anda.

Menganalisis setiap aspek dari masing – masing fungsi bisnis, setiap produk dan pelayanan, bagaimana bisnis dapat beroperasi, pasar – pasar apa yang sedang beroperasi, dan sumber daya yang dibutuhkan. Sumber daya termasuk kepegawaian dan modal finansial bagi perusahaan manufaktur itu bisa termasuk bahan baku.

Jika perusahaan Anda sedang mulai, latihan ini akan terlihat seperti latihan perencanaan bisnis, dan kemungkinan besar akan ada banyak ketidakpastian mengenai prospek bisnis masa depan. Banyak start-up terlalu optimis tentang masa depan,  terutama jika para pemilik bisnis memiliki sedikit pengalaman dalam menjalankan perusahaan sebelumnya.

Dimanapun Anda berada dalam perjalanan bisnis, disarankan untuk menilai potensi bisnis di masa depan dengan menggunakan pendekatan “warts and all“, dan benar – benar mengerti apa yang dibutuhkan untuk melangkah maju. Bersikaplah realistis mengenai target dan prakiraan penjualan, dan bangunlah kontinjensi di mana arus kas suatu keuangan berada.

Strategi Inovasi dan Pertumbuhan bagi UKM

Sukses dalam bisnis berarti usaha bisnis memiliki visi yang kuat, dan memiliki beberapa gagasan tentang arah yang perlu Anda ambilkan untuk mewujudkan tujuan dan visi. Ini adalah misi Anda.

Memiliki visi yang kuat adalah satu hal, namun untuk mencapai pertumbuhan dan kesuksesan, Anda membutuhkan tim di belakang Anda yang memiliki semangat dan impian Anda. Pemimpin yang benar – benar sukses adalah orang – orang yang dapat mengkomunikasikan visi dan misi mereka kepada para pengikut, mitra, anggota tim yang akan mendukung mereka untuk mencapai tujuan.

Mengubah sebuah mimpi menjadi kenyataan ini membutuhkan sebuah strategi. Strategi yang digunakan untuk mengarahkan bisnis Anda ke depan dan menggabungkan pendekatan khusus yang akan diambil untuk setiap aspek atau fungsi bisnis dari visi bisnis ke produk dan jasa apa yang akan dijual, dan bagaimana Anda akan menjualnya.

Sebagian besar bisnis membutuhkan sebuah strategi bisnis yang menyeluruh, dan bergantung pada ukuran perusahaan Anda, Anda mungkin juga memiliki strategi individual untuk setiap fungsi bisnis. Yang paling umum adalah strategi pemasaran.

Ini akan fokus pada profil pelanggan dan target pasar Anda serta saluran mana yang akan Anda gunakan untuk mendorong terjadinya penjualan. Ini juga akan mencakup kebijakan penetapan harga, posisi pasar, lokasi perusahaan dan cabang – cabangnya, dan kampanye kreatif Anda.

Identitas industri perusahaan Anda adalah salah satu aspek terpenting untuk keberhasilan dalam pertumbuhan dan mengembangkan bisnis Anda. Ini adalah bagaimana pelanggan akan mengenali Anda, bagaimana mereka akan menyesuaikan diri dengan produk dan atau jasa, dan bagaimana Anda mendapatkan posisi pasar dan pangsa pasar Anda.

baca juga Pecah Laba dari Bisnis Telur Organik

Beberapa bisnis seringkali membutuhkan akses terhadap keuangan untuk mencapai pertumbuhan yang ingin dicapai. Menghasilkan banyak modal tidak sesulit tugasnya. Sebenarnya ada sejumlah tempat yang dapat dikunjungi oleh beberapa bisnis untuk mempelajari bagaimana cara engakses keuangan.

Sebuah layanan pendanaan terbaru yang disebut GrowthAccelerator menawarkan kesempatan untuk menumbuhkan UKM untuk menikmati pelatihan bisnis dan penyediaan pelatihan yang didanai dengan ketat. Oleh karena itu, pendanaan tersebut dipilih dengan cermat oleh para pakar yang berbagi tips yang berguna mengenai bagaimana cara mencapai pertumbuhan bisnis.

Tidak ada kesatuan usaha dan pelayanan seperti ini yang masih ada. Anda hanya perlu meluangkan waktu untuk melihat – lihat apa yang ada di luar sana dan bagaimana bisnis Anda bisa mendapatkan keuntungan dari pembinaan dan pelatihan bagi pertumbuhan bisnis.

Ketika Anda merencanakan strategi pertumbuhan bisnis, Anda perlu memastikan bahwa sumber daya tersedia untuk mengatasi kenaikan permintaan. Ini tidak hanya berarti Anda membutuhkan tingkat kepegawaian yang memadai, tetapi jika Anda adalah produsen, apakah Anda memiliki cukup akses ke bahan baku untuk jangka panjang ? Anda layak mendapatkan kontrak kerja untuk beberapa saat sampai Anda berbisnis untuk mempekerjakan orang baru.

Setelah pembuatan strategi pertumbuhan bisnis telah selesai, saatnya untuk menerapkan strategi ini. Anda perlu mempertimbangkan rute terbaik ke pasar. Lihatlah persaingan Anda, tetapkan Google Alerts dan ikutilah apa yang dilakukan orang lain di industri Anda. Hal ini akan memberikan gambaran tentang posisi Anda sendiri di pasar Anda.

Pertimbangkan pemasaran. Anda bisa menjadi bisnis terbaik di negara ini, tetapi jika tidak ada yang tahu siapa Anda, maka Anda tidak akan menguntungkan. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan profil Anda adalah berperan aktif di media sosial, merencanakan strategi media sosial, dan mengembangkan merek Anda secara online. Pertimbangkan beberapa pemasaran langsung dengan memberikan kartu nama kepada para klien atau para investor.

Mulai menambahkan mereka ke  kontak Anda dan mengirim beberapa buletin dan materi pemasaran yang memberitahukan Anda mengenai kabar dan penawaran terbaru. Anda dapat memanggil beberapa ahli untuk bantuan strategis pemasaran dan bekerjasama dengan biro iklan untuk mendapatkan hasil terbaik.

Begitulah bisnis Anda memang mulai melihat tanda – tanda pertumbuhan adalah waktu terburuk untuk duduk dengan nyaman. Sebagai gantinya, kembalilah ke awal dan tinjaulah area lebih lanjut untuk pertumbuhan. Anda sekali mulai melihat laba atas investasi, Anda perlu mulai menginvestasikan kembali uang itu untuk mencapai pertumbuhan yang lebih besar.

baca Juga Mengevaluasi Vendor Baru Untuk Perluasan Bisnis UKM

 

             Perubahan Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

 

Apakah Anda beradaptasi dengan peraturan baru?

Komunitas UKM di Inggris berkembang pesat daripada di Indonesia. Sekarang ada lebih banyak bisnis yang sedang berkembang, yang berarti ada banyak peluang bagi para akuntan untuk mengembangkan praktik mereka. Tetapi, UKM berkembang dengan cepat, dan praktik akuntansi yang tidak berevolusi memberikan pelayanan atas keuangan kepada UKM akan tertinggal.

Didorong oleh profil bisnis baru serta pergeseran teknologi, perubahan mendasar terjadi pada para pengusaha UKM tidak dapat beradaptasi dengan cepat. Contohnya adalah mereka seringkali menghabiskan banyak waktu untuk berbicara dengan pengusaha lain dan inilah tiga tren berdasarkan apa yang dikatakan kepada mereka.

Apakah Anda benar benar mengenali basis klien Anda ? Dan apakah Anda berubah untuk memenuhi seperti apa bentuknya ?

Saat ini, profil rata – rata pemilik UKM bukan seperti yang Anda duga. Mayoritas orang sedang memulai bisnis atau menjadi wiraswasta menjadi 50 orang atau lebih. Faktanya, statistik yang paling mengejutkan adalah bahwa kelompok pengusaha yang lebih tua ini terpusat pada kesuksesan jangka panjang adalah bertahan lebih dari 5 tahun sebanyak lebih dari 70%, dibandingkan dengan hanya 28% pengusaha muda.

Ini hanyalah salah satu contoh bagaimana profil bisnis sedang berubah dan praktik akuntansi membutuhkan berbagai tipe klien apa yang diinginkan. Apakah Anda ingin melayani jenis klien yang sama dengan yang Anda layani sekarang dalam lima tahun ke depan, dan apakah Anda bekerjasama dengan para karyawan akan bertahan dalam bisnis ?

Satu hal yang menarik perhatian hampir semua pengusaha UKM adalah kurangnya waktu. Pemilik usaha kecil tidak pernah bekerja lebih keras. Sulit di luar sana, dan ada satu juta dan satu hal yang ingin dilakukan oleh mereka daripada melakukan pembukuan atau bertemu dengan para akuntan.

Tanggung jawabnya adalah para akuntan untuk beradaptasi dan bekerja dengan klien saat mereka ingin bekerja dengan Anda. Sebenarnya satu pertanyaan paling penting bagi akuntan untuk diajukan kepada klien adalah “Bagaimana saya bisa membuat bisnis Anda lebih mudah?”

 

Gangguan teknologi

Kecenderungan kedua adalah dampak teknologi terhadap cara UKM bekerja, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan para akuntan. Kita hidup di dunia yang selalu ada dan fleksibilitas untuk menyelesaikan pekerjaan setiap saat dan dari lokasi manapun telah menjadi bagian penting dalam kehidupan kerja modern. Pikirkan seberapa seringkah Anda menggunakan ponsel Anda – untuk pengguna ponsel cerdas rata-rata, ini lebih dari 220 kali dalam sehari !

jasa seo perusahaan jakarta

UKM mampu mengadopsi perubahan dengan cara mempercepat laju perubahan dalam teknologi. Hal ini berarti UKM dapat mengabaikan gangguan yang disebabkan oleh audit teknologi secara berkala dan malah memperbarui teknologi kapanpun dan dimanapun. Perbaruan teknologi yang memungkinkan perusahaan untuk segera menyesuaikan sesuai kebutuhan para klien.

Bisnis UKM dapat melakukan investasi tambahan yang lebih kecil dan masih memberikan dampak besar, memungkinkan mereka beradaptasi dan siap berubah. Perangkat lunak Cloud adalah contoh bagus tentang bagaimana UKM dapat melakukannya dengan cepat. UKM dengan mudah menggunakan alat yang dapat mengubah cara kerjanya, seperti Microsoft 365, Google Drive, dan Dropbox.

Perusahaan akuntansi sedang melakukan dengan baik adalah orang – orang yang bekerja secara fleksibel dengan klien, mengeksploitasi perangkat seluler untuk mengubah praktik kerja mereka. Apakah hal ini dapat memperluas basis klien mereka di seluruh negeri dengan jarak jauh, mengakses data klien di manapun atau kapan saja atau memberikan informasi real time yang membuat hidup mereka lebih mudah.

Cara – cara terbaru untuk mengakses keuangan

Sekarang, marilah Anda lihat kondisi keuangan bisnis. Arus kas tetap menjadi perhatian utama bagi banyak Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Para akuntan harus dapat memberikan saran tentang cara – cara yang mungkin bagi klien untuk segera menerima pembayaran, atau setidaknya lebih cepat.

Ini bisa melalui wawasan real time yang tersedia dengan lebih baik mengenai situasi arus kas mereka, mendukung Anda bernegosiasi dengan pemasok atau menggunakan teknologi yang tepat, seperti tagihan email atau pembayaran mobile untuk memastikan para pelanggan tidak memiliki alasan untuk tidak membayar tepat waktu.

Selain itu, akses terhadap pendanaan jauh lebih kompleks daripada yang lain. Ada banyak pilihan berbeda di luar bank, tapi bisa membingungkan terutama jika, seperti kebanyakan bisnis kecil, Anda sama sekali tidak memiliki pengalaman dalam mendekati jenis – jenis organisasi ini.

Para akuntan hanya perlu memahami berbagai jenis pembiayaan dan kriteria perbedaan penerimaan yang khusus dalam membantu UKM untuk menavigasi proses – proses terbaru ini untuk mengakses uang – saat Anda memulai bisnis dan sesudahnya. Ada kesempatan besar untuk memberikan layanan nilai tambah di sini.

baca juga 9 Tips Memperluas Pertumbuhan Bisnis UKM

Tiga tindakan yang perlu dilakukan oleh para akuntan

Jika para akuntan tidak dapat mendukung klien sesuai keinginan mereka, maka mereka akan menemukan seseorang yang bisa. Jadi, ada tiga hal yang perlu dilakukan akuntan. Pertama, usahakan untuk lebih memahami klien Anda  dan bagaimana Anda bisa membuat hidup mereka lebih mudah. Kedua, bantulah Anda meningkatkan kecepatan teknologi. Ketiga, bantulah Anda dapat mengakses uang tunai dengan lebih cepat. Anda harus fokus pada tiga hal tersebut sehingga Anda dapat memiliki setiap kesempatan untuk mempertahankan dan mengembangkan bisnis Anda selama bertahun – tahun.

 

Pertimbangan dalam Menghasilkan Pendanaan

Kata “kapitalisasi” bisa memiliki banyak arti dalam Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Dalam akuntansi, kapitalisasi bisa menjadi biaya peralatan dihapuskan seiring dengan penyusutan dari waktu ke waktu. Kapitalisasi bisa jadi konversi laba ditahan menjadi modal. Apalagi ini bisa jadi konversi modal sewa menjadi modal sewa. Atau, bisa juga aturan tanda baca saat Anda menulis sebuah rencana bisnis.

Kapitalisasi Usaha Rintisan Anda

Dalam hal ini kita sedang mengacu pada kapitalisasi sebagai usaha untuk menghasilkan uang, atau pendanaan yang memungkinkan suatu bisnis membuka pintunya. Kapitalisasi juga disebut pendanaan, dukungan, investasi, dan kepemilikan saham.

Mengkapitalisasi usaha rintisan Anda dapat memiliki berbagai efek jangka panjang pada kesuksesan perusahaan Anda. Pendanaan biaya – biaya awal, persediaan, dan operasi usaha rintisan merupakan sebuah tantangan bagi para pemilik bisnis. Sangat penting bagi Anda untuk memahami dan mengeksplorasi beberapa pilihan yang tersedia bagi para pengusaha, beberapa risiko dan ganjaran mereka serta kelebihan dan kekurangannya.

Kapitalisasi adalah modal awal suatu usaha berupa investasi yang dilakukan oleh para pemilik bisnis dan investor lainnya di perusahaan itu. Dikombinasikan dengan arus kas operasi, kapitalisasi memungkinkan Anda untuk memulai, melanjutkan, dan menumbuhkan suatu usaha dengan:

  • Membeli berbagai peralatan, kendaraan, litbang, dan lain – lain.
  • Pendanaan pertumbuhan usaha dengan membeli persediaan, mempekerjakan karyawan, pembiayaan piutang usaha, dan sebagainya.
  • Menyediakan berbagai cadangan untuk musim hujan yang tak terelakkan.

Jika Anda mengkapitalisasi biaya pendirian usaha rintisan, maka Anda mungkin bisa mendapatkannya kembali selama bertahun – tahun melalui pengurangan berkala untuk amortisasi, deplesi atau penyusutan. Jika Anda mengkapitalisasi biaya start – up, Anda menambahkannya ke basis properti yang berkaitan dengannya. Basis Anda adalah jumlah investasi Anda di property (real – estate) untuk keperluan pajak.

Apa yang dimaksud dengan biaya pinjaman menurut IAS 23 ?

Prinsip inti dari IAS 23 Biaya Pinjaman adalah Anda harus mengkapitalisasi biaya – biaya pinjaman jika biaya tersebut dikaitkan secara langsung dengan perolehan, konstruksi, atau produksi aset yang memenuhi syarat.

Kita bisa menggunakan apa untuk modal ? IAS 23 secara khusus menyebutkan 3 jenis – jenis biaya pinjaman yang dapat dikapitalisasi, antara lain :

  1. Beban – beban bunga (metode bunga efektif berdasarkan IFRS 9 / IAS 39).
  2. Beban – beban keuangan atas pembiayaan sewa menurut IAS 17.
  3. Selisih kurs atas pinjaman dalam mata uang asing, tetapi hanya mewakili penyesuaian biaya bunga.

Namun, beberapa jenis biaya – biaya menurut IAS 23 dan ada keraguan apakah mereka ingin meminjam biaya atau tidak, contohnya:

  1. Biaya bunga atas derivatif yang digunakan untuk mengelola risiko suku bunga atas pinjaman.
  2. Dividen dibayarkan pada saham preferen atau jenis saham lain yang tergolong liabilitas.
  3. Keuntungan atau kerugian yang timbul dari pelunasan pinjaman awal, dan lain – lain.

Pertimbangan – pertimbangan

Meskipun ini adalah topik yang kompleks, mari kita membahas beberapa hal mendasar, diantaranya :

Anda telah memiliki rencana bisnis komprehensif yang merupakan tujuan dan sasaran yang paling tepat bagi start – up, target pasar Anda, bagaimana Anda akan membelinya dari Anda, berapa banyak uang yang Anda butuhkan dan kapan pendapatan akan mulai masuk.

Kapan bisnis Anda akan menghasilkan kas yang positif ? Kapan Anda bisa membayar kembali kepada para investor, baik investor eksternal, teman dan keluarga, atau Anda ?

Menilai sumber – sumber pendanaan Anda. Jika Anda bisa mendanai ini dari kantong sendiri, Anda tetap mengendalikan bisnis secara penuh. Pinjaman bank berarti pembayaran bulanan. Investor luar, seperti angel investors (para individu yang ingin menginvestasikan bisnis dengan sebuah jaminan), ekuitas swasta, dan pemodal ventura bersama – sama menginginkan bisnis itu sebagai imbalan atas uang mereka.

Mereka menginginkan persentase kepemilikan bisnis karena mereka memiliki tujuan sendiri yang lebih penting daripada Anda. Jika Anda bersedia mengejar para investor luar, maka kemungkinan rencana bisnis Anda harus menunjukkan pertumbuhan yang substansial dalam 3 sampai dengan 5 tahun.

 

Pendanaan Ekuitas dan Pendanaan Hutang

Sangat penting bagi Anda untuk memahami mengnai dua jenis – jenis kapitalisasi yang terbagi menjadi :

  1. Pendanaan ekuitas

Ekuitas berarti kepemilikan berbentuk persediaan atau saham pada kepentingan kemitraan; atau jika sebuah perusahaan perseroan terbatas (Limited Liability Company / LLC), maka ekuitas diterbitkan dalam bentuk bunga.

Keuntungan dari pendanaan ekuitas berarti tidak ada pembayaran bulanan dan tidak ada yang mencari pelunasan secara langsung. Beberapa investor ekuitas bahkan menjadi ahli di bidang Anda yang dapat menawarkan saran mengenai pendanaan ekuitas. Kelemahannya adalah Anda tidak lagi dalam pengendalian penuh terhadap suatu bisnis, dan dalam beberapa kasus, investor ekuitas berhak mendapatkan sebagian keuntungan.

  1. Pendanaan hutang

Hutang adalah sebuah pinjaman yang dikeluarkan untuk perusahaan Anda. Keuntungannya adalah pengendalian penuh atas suatu bisnis, pelunasan pinjaman secara berkala dengan tepat waktu akan menghasilkan kredit, dan pembayaran bunga dapat dikurangkan.

baca juga 7 Langkah – langkah untuk Menetapkan Strategi Pertumbuhan UKM

Kelemahan dari pendanaan hutang adalah Anda harus memiliki arus kas untuk memenuhi target bulanan. Itu mungkin sulit untuk meminjam semua yang dibutuhkan, banyak institusi akan meminta Anda menjamin pinjaman secara pribadi. Jika hutang tersebut disimpan oleh keluarga dan teman, maka Anda tidak dapat membayarnya, hal itu dapat membahayakan hubungan tersebut.

Bekerjalah dengan para mentor bisnis serta jasa profesional pajak dan akuntansi Anda untuk menentukan rencana kapitalisasi yang terbaik bagi Anda dan perusahaan start – up Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *