Agromaret, Startup Ciptakan Petani Sejahtera

bisnisumkmonline.com – Agromaret Dalam membangun bisnis sekarang ini sangat perlu menguasai bidang IT sebagai media. Sekarang ini juga banyak tersebar marketplace yang menyediakan berbagai barang yang diperjualbelikan melalui internet.

Bahkan sekarang bidang marketing pun telah dirambah oleh IT. Sekarang ini bidang pertanian pun sudah sangat berkembang teonologinya. Salah satu startup bidang pertanian yang mulai merebak sekarang ini yaitu Agromaret.

Perkembangan teknologi yang semakin maju pesat  memberi dampak positif yang bisa mempermudah segala aktivitas masyarakat dalam berbagai bidang tidak terkecuali bidang pertanian. Meskipun teknologi semakin berkembang, Anda tetap harus bisa tetap hati-hati dalam bertransaksi online.

 

Gambaran Umum Startup Agromaret

Startup Agromaret ini merupakan salah satu marketplace ataupun kumpulan komunitas pertanian dengan basis online. Startup ini terbilang cukup besar di negara Indonesia. Marketplace ini tidak hanya menawarkan produk di bidang pertanian saja. Aoan tetapi juga menawarkan berbagai produk peternakan dan

Seperti yang diketahui, sekarang ini para petani banyak dirugikan dalam berbagai hal jadi untuk mengurangi dominasi pasar akan hal tersebut maka startup inipun mulai dihadirkan. Cara untuk bisa mengurangi dominasi tersebut yaitu dengan cara menciptakan banyak peluang pasar yang seluas-luasnya.

 Dalam hal ini kualitas perusahaan sangat diutamakan dalam menjalankan bisnisnya. Selain itu tawaran harga yang bersahabat dan menarik juga diunggulkan startup ini. Oleh karena itu diharapkan adanya startup ini maka para petani dan masyarakat bisa membentuk sebuah agrometer kerjasama di bidang sektor pertanian skala luas.

 

Agromaret

Sejarah dan Pendiri Agromaret

Setia Darmawani Afandi merupakan pendiri dari PT. Agromaret Digital Indonesia. Startup ini mulai beroperasi sejak tahun 2009. Markas platform ini berada di kota Bogor dan sangat banyak peminatnya.

Setia Darmawan Afandi ialah lulusan Kementerian Ilmu Pc Institut Pertanian Bogor. Berawal dari kasus petani yang susah memasarkan produknya, Afandi mempunyai gagasan membuat web buat menolong petani memasarkan produknya sendiri secara online.

Web ini melayani penjualan, permintaan serta agromaret Kerjasama pastinya dalam bidang pertanian yang meliputi hasil tani, kebun, hutan, peternakan sampai jasa angkutan. Selaku bukti kalau startup ini banyak peminatnya, pada bulan Agustus 2017 orang yang mulai bergabung menggapai angka 119.288.

Selama ini Anda bisa melihat kalau Indonesia dianggap sebagai negara agraris. Tetapi zona pertanian masih saja berjuang di tiap wilayah. Baik dari budidaya, pengolahan pasca panen sampai pemasaran komoditas nya.

Lewat Agromaret Anda pantas bangga, sebab marketplace serta komunitas ini secara langsung jelas bisa menolong pertanian Indonesia. Spesialnya pemasaran produk pasca panen. Untuk seperti itu keamanan pembeli serta kenyamanan penjual jadi prioritas utama yang wajib terus dibentuk serta dibesarkan.

Dengan jaminan keamanan serta fitur lain yang menunjang tidak dipungkiri kalau perpaduan IT serta Pertanian pada waktu yang akan datang akan jadi terobosan menolong pertanian Indonesia menggapai kejayaannya.

Agromaret sendiri selaku marketplace terbesar di bidang pertanian sudah beroperasi semenjak tahun 2009. Saat ini 120.680 petani (Agropreneur) sudah bergabung di Agromaret. Tidak hanya itu dengan 3 bidang pertanian yang disediakan di Agromaret ialah hasil pertanian, hasil perikanan, serta hasil peternakan. Menjadikan marketplace ini jadi marketplace terbesar di bidang agribisnis saat ini.

Untuk itu Agromaret baru-baru ini sudah meluncurkan fitur REKBER (rekening bersama) demi menjamin kemanan dalam bertransaksi untuk penjual ataupun pembeli. REKBER yang di gadang gadang tersebut sukses diluncurkan sekitar 2 bulan yang lalu.

Menggabungkan konsep pertanian yang sebagian orang menilainya tradisional dengan konsep online marketplace yang digandrungi masyarakat modern saat ini jadi ide terjadinya Agromaret dalam membangun jembatan antara petani dengan konsumen.

Cuma dengan modal akses terhadap internet, Anda dapat dengan mudah membangun pasar secara daring di lapak yang telah disediakan oleh tim. Sama halnya buat para calon pembeli yang mau mencari komoditas tertentu, cukup masuk ke dalam web Agromaret akan disambut dengan interface yang simpel serta mudah dimengerti.

Terdapat 3 fitur utama yang bisa melayani pengguna Agromaret, ialah Penjualan, Permintaan, serta Kerja Sama. Tiap-tiap fitur dilengkapi dengan verification process saat sebelum disetujui terlihat di halaman Agromaret. Tujuannya yaitu menghindari penipuan serta tingkatkan keyakinan terhadap data ataupun produk yang diiklankan.

Agromaret

Keunggulan yang Diberikan Platform Agromaret

Terdapat sebagian keunggulan yang ditawarkan oleh tim Agromaret, ialah:

  • Memperluas berbagai jaringan bisnis para petani yang terdapat di seluruh provinsi di Indonesia.
  • Menggunakan tagar Agripreneur, maka Agromaret akan membuka kesempatan yang besar untuk para wirausahawan memperkenalkan semua komoditasnya lebih dari 119,532 para wirausahawan di luar sana.
  • Fitur live chat dari platform tawk.to menanggapi seluruh persoalan dari pengunjung Agromaret
  • Fitur Permintaan dan juga Kerja Sama yang akan membantu pengunjung Agromaret untuk mencari produk dengan sebuah kualifikasi tertentu.  Bisa juga mencari peluang kerja sama ataupun juga investor di suatu aktivitas wirausahanya. Kuntuk ktiga fiturnya yaitu Penjualan, Permintaan, dan Kerja Sama.
  • Penawaran harga yang kompetitif sebab menjembatani langsung antara pemasok dengan konsumen. Harga yang ditawarkan lewat Agromaret dapat lebih murah dibanding dengan toko lainnya
  • Fitur Dompet buat memudahkan penjual dalam melihat saldo terakhir serta melaksanakan pencairan dana
  • Sarana rekening bersama dalam tata cara pembayaran. Kedua pihak merasa aman sebab memperoleh proteksi transaksi rekening lewat Agromaret. Tidak hanya itu terdapat kebijakan pengembalian uang apabila terjadi permasalahan penipuan ataupun barang tidak sesuai konvensi.

Dengan lebih dari 100 ribu petani yang telah tergabung, maka Agromaret telah dipercaya oleh banyak pihak buat memfasilitasi pemasaran produk yang ditawarkan oleh petani. Penjual bisa mengendalikan berapa harga yang dipasang serta minimal pembelian buat calon pembeli. Kebalikannya pembeli bisa mengendalikan buat mencari produk tertentu dengan lebih dari 30 jenis yang disediakan dari bidang pertanian, perikanan, peternakan, dan lain-lain.

Agromaret

Kedua pihak diberikan hak buat melaksanakan pengembalian barang pada keadaan tertentu. Fitur Pencarian yang ditawarkan tim dengan 4 jenis utama, salah satunya merupakan Pengguna yang mempermudah pengunjung dalam mencari orang/kelompok yang tergabung dalam Agromaret. Tetapi, di belakang keunggulan tersebut ada kekurangan yang perlu dicermati oleh tim Agromaret.

Belum terdapat jaminan apakah penjual yang mempromosikan produknya di lapak Agromaret merupakan penjual terpercaya, meski senantiasa terdapat sesi verifikasi saat sebelum memasang iklan di Agromaret.

baca juga

    Belum tersedianya menu buat memilih multi-language supaya mempermudah pengujung non Indonesia dalam mengakses web Agromaret serta memperkenalkan toko-toko yang tergabung di dalamnya kepada pengunjung non Indonesia.

    Kedepannya diharapkan Agromaret bisa diakses lewat aplikasi secara offline serta free yang menunjang smartphone dengan sistem operasi iOS, Android, ataupun Windows dan bisa diakses lewat SMS semacam fitur SMS Banking di dunia perbankan. Sehingga semakin menjangkau petani di pelosok buat berkontribusi dalam memajukan agribisnis di Indonesia serta meminimalisir kerugian para petani.

    Leave a Comment

    error: Content is protected !!