Bermodal 50 Ribu, D’Russa Meraup Omset 250 Juta

undercover.co.id –  D’Russa, brand fashion yang didirikan Rusdi Raisa terbilang cukup sukses. Ia menerima banyak pesanan dari mancanegara dan beromset hingga Rp 250 juta setiap bulannya. Siapa sangka bisnis fashion dari bahan kulit itu awalnya hanya bermodalkan Rp 50 ribu saja.
Rusdi memulai usahanya saat masih menjadi mahasiswa di Universitas Islam Bandung. Demi membiayai kuliahnya, pemuda asal Garut tersebut berpikir keras bagaimana menghasilkan uang. Maka ia pun memilih merintis bisnis fashion pada tahun 2006 secara kecil-kecilan dengan modal seadanya.

D’Russa , Modal Kecil Hasil Melimpah

Modal Rp 50 ribu digunakan Rudi untuk membeli 2 kilogram limbah kulit dari para pengrajin seharga Rp 20 ribu. Sisanya digunakan untuk membeli alat produksi seperti jarum serta lem. Ia kemudian berpikir untuk membuat sebuah tempat ponsel berbahan kulit.
Ia pun kemudian belajar kerajinan kulit dari seorang teman yang bekerja sebagai pengrajin. Setelah tangannya piawai mengolah kulit, ia memproduksi tempat ponsel sendiri. “Meskipun kualitas jahitan tangan saya belum sebagus perajin lain,” ujarnya dilansir Kontan.co.id.
Dari modal 50 ribu, Rusdi berhasil memproduksi sekitar 70 buah tempat handphone. Ia memasang harga Rp 50 ribu tiap buahnya. Sasaran penjualannya teman-teman kampus dan ternyata Rusdi mampu menjualnya dalam sekejap. Omset dari rintisan bisnis fashionnya mencapai Rp 3 juta.

“Uang itu saya gunakan untuk memperbesar usaha, seiring dengan semakin banyaknya pesanan  yang datang,” kata Rusdi yang berhasil meraih gelar Sarjana Ilmu Perencanaan Tata Kota tersebut.

 
 
 

D’Russa Fokus Usaha Kerajinan Kulit Dari Garut

Rusdi mulai berpikir untuk memperbesar usahanya dengan membangun brand D’Russa yang fokus di usaha kerajinan kulit. Produk yang dihasilkannya bukan lagi sekedar tempat handphone melainkan dompet, jaket, tas hingga sepatu kulit asli. Semuanya terbuat dari kulit hewan.
Rusdi menuturkan, produk kulit memiliki potensi pasar yang terus meningkat setiap tahunnya. Karena itulah usaha kerajinan kulit menjadi perhatiannya dan dipilih sebagai ladang bisnisnya. Belum lagi ketersediaan kulit hewan baik sapi, kambing, ular dan lain sebagainya tersedia melimpah di tanah kelahirannya, Garut, Jawa Barat.

“Ketersedian bahan baku kulit dan industri pengolahannya juga cukup melimpah di Garut,” kata Rusdi.

Bermodal Awal 50 Ribu, Bisnis Fashion D’Russa Meraup Omset 250 Juta Tiap Bulan Namun karena bahan baku yang harganya tinggi, Rusdi pun memasang harga jual yang tinggi pula. Untuk tas kulit asli misalnya, ia memasang harga dari Rp 650 ribu hingga Rp 4,5 juta per itemnya.
Dompet kulit dijual seharga Rp 250 ribu hingga Rp 650 ribu. Pun untuk sepatu kulit ia memasang harga dari Rp 650 ribu hingga Rp 2,5 juta setiap pasangnya. Karena harga yang cukup tinggi, Rusdi pun menargetkan pasar kelas menengah ke atas.
 
 

D’Russa Tembus Ekspor

Saat ini bisnis fashion kulit D’Russa berkembang dengan sangat pesat. Rusdi berhasil menembus pasar ekspor dengan mengirimkan produk ke sejumlah negara seperti Kanada, Jepang, Australia, Swiss, Malaysia, Singapura dan lain sebagainya.
Bahkan saat ini ia tengah menerima proyek besar dari Selandia Baru. “Saya saat ini baru mendapatkan permintaan dari Selandia Baru dalam skala besar,” tuturnya.
Banyaknya pesanan dari luar negeri menunjukkan kerajinan kulit D’Russa berkualitas internasional. Rusdi bahkan mengaku, beberapa kliennya dari luar negeri memesan produk namun tanpa brand D’Russa. Mereka akan menjual kembali dengan brand mereka sendiri. Tak sedikit brand-brand ternama mancanegara yang memesan produk pada Rusdi.
baca juga
1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu
800 Jenis Usaha Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil
100 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar
 
 
Adapun penjualan di dalam negeri, Rusdi justru mengaku ada tantangan tersendiri. Menurutnya, banyak konsumen yang lebih suka dengan brand impor ketimbang melihat kualitas produknya. Karena itulah ia memiliki goal bagaimana produk D’Russa dapat menjadi raja di negeri sendiri.
Untuk penjualan lokal, Rusdi telah memiliki dua gerai D’Russa yang semuanya berada di ibu kota. Satu gerai berada di Epiwalk Kuningan dan satu lagi berada di Tebet Green Mall.
Adapun kantor pusatnya tetap berada di Kota Bandung. Hanya bermodalkan sehelai uang biru, Rusdi kini menjadi juragan fashion dengan ratusan juta rupiah masuk ke kantongnya setiap bulan. Menakjubkan! Bermodal Awal 50 Ribu, Bisnis Fashion D’Russa Meraup Omset 250 Juta Tiap Bulan

You cannot copy content of this page