Bisnis Orang Tua Menjadikan Mereka Milyuner Indonesia

Byundercover

Bisnis Orang Tua Menjadikan Mereka Milyuner Indonesia

bisnisumkmonline.com – Jika anda membuka bisnis saat ini, maka bisa jadi anda tidak menikmati hasil usaha yang anda buka sekarang. Namun anda tak perlu hawatir, jika regenarasi yang anda lakukan berhasil, maka kelak anak anda yang akan melanjutkan usaha anda dan menjadikannya sukses, mengingat mereka tidak perlu membuka usaha dari awal.

Jadi kunci dalam membuka usaha adalah meletakkan pondasi yang kuat dan berfikir jangka panjang, bukan hanya untuk generasi saat ini, namun bisa untuk jangka panjang. Kisah sukses bisnis tersebut bisa anda simak baik-baik dari deretan orang terkaya di Indonesia berikut ini yang melanjutkan usaha yang sudah dibuka oleh orang tuanya. Berikut ini ulasan lengkapnya:

Dua Bersaudara Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono

Kakak beradik Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono merupakan kisah keluarga paling sukses dalam menjalankan regenerasi bisnis keluarga. Mereka selama beberapa periode lamanya dinobatkan sebagai orang terkaya di Indonesia bersama Grup Djarum. Robert Budi Hartono dan Michael Hartono merupakan salah satu pemilik perusahaan rokok Djarum. Michael merupakan kakak dari Robert Budi Hartono yang  mewarisi usaha Djarum setelah ayah mereka, Oei Gwan, meninggal pada tahun 1963.

Kisah bisnis mereka tak selamanya mulus. Bisnis keluarga ini sempat mengalami guncangan hebat saat pabrik rokok mereka sempat terbakar habis. Keuletan dan intuisi bisnis yang kuat membuat Michael dan Robert berhasil membangkitkan kejayaan Djarum kembali, bahkan sampai luar negeri. Tak hanya Asia Pasifik, bahkan hingga saat ini, Djarum mendominasi pasar rokok kretek di Amerika Serikat, jauh diatas kapitalisasi market Gudang Garam dan Sampoerna.

 

Tahun 2016 ini, kekayaan Michael mencapai USD 7,9 miliar (sekitar Rp102,7 triliun). Tak mau kalah dengan saudaranya, Robert juga dinobatkan sebagai orang terkaya nomor 1 di Indonesia. Bahkan namanya juga tercantum di majalah Forbes dengan predikat orang terkaya nomor 131 di dunia.

baca juga punya-bisnis-distro-coba-cek-cara-pemasaran-yang-ini/

Sukses dalam bisnis yang berkelanjutan membuat nama Robert Budi Hartono berhasil bertahan di daftar nama orang terkaya di Indonesia selama beberapa tahun. Total kekayaannya pada tahun 2016 ini sebesar US$ 8,1 miliar (sekitar Rp105,3 triliun). Kekayaannya berasal dari bisnis utamanya, yakni rokok. Selain itu, ia juga memiliki sebagian besar saham Bank BCA. Oei Hwie Tjhong ini adalah anak kedua dari pendiri perusahaan Djarum, yaitu Oei Wie Gwan.

Husain Djojonegoro sukses mewarisi Grup Orang Tua dan ABC

Selain industri rokok, bisnis minuman anggur tradisional juga melahirkan regenarasi usaha yang sukses. Adalah Husain Djojonegoro yang memiliki kekayaan sebanyak USD 1 miliar (sekitar Rp13 triliun) dan mulai bekerja sebagai seorang salesman saat berusia 15 tahun merupakan penerus bisnis dari orang tuanya yang mendirikan usaha keluarga pada tahun 1984. Awalnya bisnis tersebut menjual berbagai barang seperti anggur tradisional.

Bisnis Orang Tua Menjadikan Mereka Milyuner Indonesia Layaknya bisnisman yang ingin mengembangkan usaha, setelah dua tahun berjalan, ayah Husain menggandeng keluarga Lim untuk mendirikan  NV Handel Maatschappij May Lian & Co, yang memproduksi anggur tradisional Cap Orang Tua di Semarang. Kelak dikemudian hari, perusahaan ini menjadi cikal bakal Grup Orang Tua dan ABC. Hasil kongsi dagang ini melahirkan kepemilikan keluarga Husain sebesar 42%.

baca lagi kuliner-lokal-yang-sukses-menembus-masyarakat-ekononi-asean-dalam-5-tahun/

Dalam perkembangannya, bisnis Orang Tua Grup ini berkembang pada tahun 1959 dengan didirikannya PT Everbright Battery Factory yang memproduksi baterai ABC. Sebagai generasi kedua, Husain pun menjadi direktur perusahaan PT International Chemichal Industrial Co. Ltd yang juga memproduksi baterai ABC.

Bisnis Orang Tua Menjadikan Mereka Milyuner Indonesia

Bisnis Orang Tua Menjadikan Mereka Milyuner Indonesia

TP Rachmat merupakan seorang pengusaha yang sukses melanjutkan estafet Grup Astra

Theodore Rachmat atau yang lebih dikenal dengan TP Rachmat adalah sosok di balik sukses Astra Grup menjadi perusahaan terkemuka di tanah air. TP Rachmat sukses melanjutkan regenerasi Astra yang awalnya perusahaan ini didirikan oleh pamannya, yakni William Soeryadjaya. Waktu itu, TP. Rachmat memulai karirnya sebagai sales Astra pada tahun 1968. Setelah lulus, ia menjadi karyawan ke-15.

Sukses dalam berkarir pada akhirnya tahun 1972, TP Rachmat dipercaya mengelola United Tractors yang merupakan anak perusahaan dari Astra, sampai tahun 2005. Kepiawaian dia dalam mengelola usaha dan jiwa bisnis yang dia pelajari dari pamannya mengantarkan TP. Rachmat mendirikan perusahaan sendiri bernama Triputra Group yang bergerak dalam bidang batu bara, karet olahan, manufaktur, perdagangan, agribisnis, hingga dealership motor serta logistik.

Bisnis keluarga ini dia kelola bersama saudaranya, ia juga turut andil membesarkan perusahaan tambang batu bara bernama PT Adaro Energy di Kalimantan. Kekayaan TP mencapai USD 1,4 miliar (sekitar Rp18,2 triliun) pada tahun 2016. Bisnis Orang Tua Menjadikan Mereka Milyuner Indonesia

 

Mochtar Riady, Tokoh Penting di Balik Lippo Grup yang Sukses melakukan Regenerasi

 

Mochtar Riady yang merupakan pengusaha Indonesia terkemuka. Dia sebenarnya tidak murni mewarisi usaha dari orang tuanya. Orang tuanya hanya mengajarkan dia berbisnis dengan mengelola sebuah toko peralatan kebutuhan sehari-hari. Setiap hari Mochtar Riadi sangat terinspirasi menjadi seoarng banker setelah sering melihat banyak pegawai bank yang selalu rapi dan gagah dalam berpakaian.

Jiwa bisnis yang diajarkan orang tuanya saat mengelola toko yang membuat dia sangat piawai dalam mencium peluang bisnis. Ia adalah seorang pendiri sekaligus presiden komisaris dari Lippo Grup. Hingga saat ini, Mochtar Riady banyak dikenal masyarakat sebagai seorang praktisi perbankan yang handal. Dengan kekayaan sebesar USD 2,1 miliar (sekitar Rp27,3 triliun), namanya melambung menjadi salah satu konglomerat keturunan Tionghoa-Indonesia hingga ke mancanegara. Dalam perjalanan bisnis Lippo Grup, Mochtar Riady sukses melakukan generasi dengan mangalihkan pengelolaan usaha kepada anaknya James Riady.

 

Di antara daftar nama konglomerat terkaya di Indonesia diatas, beberapa nama lama yang masih betah bertahan diatas merupakan bukti suksesnya regenerasi. Anda bisa menjadikan mereka sebagai Inspirasi.  Hampr pasti, orang terkaya di Indonesia selalu didominasi oleh seorang pengusaha. Ada yang terlahir dari keluarga miskin dan pas-pasan, namun berhasil membangun bisnis dari nol. Namun ada juga yang gigih mempertahankan serta mengembangkan bisnis keluarga. Perannan orang tua yang membuka bisnis dan melanjutkan estafet  ke anaknya sangatlah penting. Kisah sukses mereka dalam membangun sebuah bisnis layak menjadi inspirasi kita semua untuk ikut membangun bangsa ini.

 

About the author

undercover administrator