Ide Bisnis Sampingan

undercover.co.id – Sebagai pekerja tentunya sangat sulit untuk meninggalkan pekerjaan jika masih belum bisa menghasilkan pendapatan secara mandiri.


Motivasi Pekerja Entrepreneur untuk Berbisnis Sampingan


Biaya hidup yang semakin tinggi setiap harinya, juga tidak lantas membuat pekerja hanya mengandalkan gaji dari pekerjaannya, apalagi jika pekerjaannya hanya sebagi pesuruh kantor atau office boy.

Gaji perbulan yang diterima officeboy jauh dibawah upah tenaga kerja minimum. Tentu saja gaji tersebut tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, apalagi jika officeboy sudah menikah dan mempunyai anak.
 
 

Waryono Office boy Berpenghasilan Bos

Waryono, Pria berusia 35 tahun asal jakarta selatan mengambil lompatan yang cukup mencengangkan dalam kehidupannya. Pekerjaan dengan jam kerja 8 jam sehari bukan alasan bagi waryono untuk tidak memulai usaha.


Berprofesi sebagai officeboy selama 10 tahun di salah satu perkantoran swasta, tidak lantas membuat waryono kehilangan semangat dan kreatifitas.

Keuletan dalam mengatur keuangan secara ketat dan selalu membeli aset yang produktif telah mengantarkannya menjadi Pekerja Entrepeneur yang memiliki bisnis ikan hias, tanaman hias,jasa sewa traktor pertanian, persewaan lahan pertanian dan warung pecel lele.
 
Diawali dengan modal Rp 500.000, winarno dengan nekat membuka bisnis toko kelontong.

Keuntungan yang diperoleh dari usaha toko kelontong itu, ia sisakan sebagian untuk membuat aset produktif lagi. Winarno bertutur bahwa ia tidak pernah menggunakan uangnya untuk membeli barang konsumtif yang tidak perlu.


Ia juga mengatakan untuk membeli barang sesuai dengan fungsinya saja bukan karena barang bermerek atau karena lagi ngetrend. Hal itu terlihat dari handphone dan sepeda motor winarno yang modelnya ketinggalan jaman.


Setelah bisnis toko kelontongnya meraih omset yang settle setiap bulan, Winarno dengan cepat langsung membuka bisnis tanaman hias dengan modal Rp 2.000.000.

Setelah kedua bisnis itu berjalan dengan baik, Winarno membeli traktor sawah dan aset tak bergerak berupa lahan sawah seluas 2000 m2 .

Winarno menyewakan sawah miliknya seharga            Rp 40.000.000 per tahun dan membandrol harga sewa traktor sawahnya Rp 200.000 perhari.

Saat ini Winarno telah mengantongi Rp 25.000.000 setiap bulan dari seluruh usaha miliknya.


Meskipun begitu, Winarno tidak melepas pekerjaannya sebagai officeboy. Setiap hari Winarno tetap masuk kantor seperti biasa layaknya pekerja kantoran biasa.

Dalam mengembangkan bisnis, Winarno selalu berkonsultasi pada mentor-mentornya di komunitas Entrepreneur Indonesia.


Pak Joko Suntaro selaku mentor Winarno selama ini mengatakan bahwa Winarno adalah orang yang mempunyai kepribadian tekun, pantang menyerah, bermental baja, dan mempunyai semangat belajar yang tinggi.

Ia juga mengatakan bahwa Winarno mempunyai keinginan keras untuk terus memutar uang menjadi aset yang produktif dan menekan keinginannya untuk membeli barang-barang yang konsumtif.
 
 

 Asep. Profesional Design Interior Menjadi Bos Restoran

Asep 45 tahun asal garut Jawa Barat, tidak menyangka keahliannya sebagai design interior telah mengantarkannya menjadi Pebisnis Restoran Nasi Liwet terbesar di Indonesia.

Pada awalnya, Asep hanyalah pegawai design interior biasa dari perkebunan stroberi di garut. Kemahiran Asep dalam mengelola suasana kebun menjadi menarik membuat pengusaha-pengusaha perkebenan di Garut berebutan memperkerjakannya.


Suatu hari Asep memasak nasi liwet di sekitar kebun strawberry milik bosnya, tak disangka-sangka ada segerombola turis asing dan lokal yang mencium nasi liwet buatan asep. Turis itu langsung meminta Asep untuk menyiapkan nasi liwetnya.

Dengan bahan seadanya asep membuat beberapa menu nasi liwet untuk gerombolan turis itu. Setelah mencicipi nasi liwet buatan asep, salah seorang turis langsung minta asep untuk membuatkan 75 nasi liwet esok hari.


Dengan sigap esoknya Asep langsung membuat 75 nasi liwet itu dan alhasil bisnis nasi liwet itu berkembang dengan pesat.

Karena kebun itu adalah milik bos asep, maka asep dipersilahkan keluar oleh bosnya karena merangkap sebagai penjual nasi liwet dan memanfaatkan kebun bosnya secara gratis .


Setelah dipecat kemudian Asep mencari akal untuk menyewa kebun dan menjual nasi liwet dikebun itu. Bermodal Rp 15.000.000 dan menggadaikan truk miliknya untuk menyewa kebun dan membangun usaha nasi liwet,

kini Asep telah meraih sukses besar dan memiliki 5 cabang restoran dengan konsep menjual nasi liwet di perkebunan strawbery.
 
 
 
Asep menamai brand restorannya Asep Strawberry. Menu nasi liwet di Asep cukup murah yaitu Rp 125.000 untuk 5 porsi.

Saat ini Asep telah memiliki omset Rp 200.000.000 perbulan dari 5 cabang restoran miliknya. Asep juga telah sukses menghajikan orang tua, kerabat, dan para pegawainya.


Tekad bulat dan kerja keras pak Asep dan Pak Wiryono telah mengantarkan mereka menjadi entrepreneur yang sukses.

Bagaimana dengan anda?. Apakah anda siap menjadi pekerja entrepreneur seperti 2 sosok tokoh diatas

Ide Bisnis Sampingan Mahasiswa Cerdas Dengan Modal Terbatas

masih Menjadi Pelajar atau mahasiswa ? tidak menghalangi untuk mencoba berbagai bisnis sampingan , selain melatih jiwa wirausaha , bisa juga mendapatkan income untuk berbagai kebutuhan

Contoh Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa

1. Bisnis Air Minum Refill

Sebenarnya modal awal yang diperlukan untuk bisnis ini lumayan besar yaitu mencapai Rp 75.000.000 kepercayaan konsumen yang dibangun untuk menjadi pelanggan dari Bisnis Air minum refill ini juga cukup berat pasalnya, harga sekali refill untuk gallon kemasan 15 liter hanya Rp 4500 setengah kali lebih murah dari harga air minum bermerek.

Kecurigaan konsumen akan air minum yang tidak higienis juga besar, karena pernah ada air minum refill yang tidak higienis bahkan menggunakan soda api agar air terasa nikmat seperti air beroksigen, tapi lambat laun konsumen meyakini bahwa banyak pebisnis air minum refill yang jujur yang menjaga kualitas airnya untuk layak minum.

Tidak memerlukan waktu yang lama bagi Bisnis Air minum refill tersebar di kampung, kampung dan perumahan di sudut kota sekitar tahun 2002-2013, namun sejak tahun 2013 kemarin, ketika suatu perusahaan raksasa mengeluarkan produk mesin refill untuk konsumen langsung (mesin dipakai sendiri untuk kebutuhan air rumah tangga) secara otomatis konsumen dari bisnis Air minum refill ini berkkurang secara drastis karena harga mensin refill untuk konsumen langsung ini hanya berharga Rp 500,000 itu artinya seluruh segmen menengah bawah sampai mengah atas mampu membeli produk ini.

2. Bisnis Cuci Pakaian

Pekerja kantoran dan mahasiswa yang mempunyai aktifitas yang sangat padat tidak mempunyai waktu yang cukup untuk mencuci pakaiannya sendiri, peluang ini secara langsung dimannfaatkan oleh masyarakat yang berada dikawasan padat penduduk, seperti kawasan perkantoran, dan kawasan kampus.

Seiring dengan perkembangannya bisnis ini tumbuh dengan sangat subur dan menciptakan pebisnis laundry baru yang jumlahnya tidak terhitung kalau biasanya disuatu kawasan hanya ada satu tempat bisnis cuci pakaian, saat itu ada 3 sampai 5 tempat bisnis cuci pakaian, keadaan ini berlangsung selama 8 tahun dari tahun 2004-2012 setelah itu serentak tutup, hanya beberapa gelintir saja bisnis cuci pakaian yang masih bertahan karena pemiliknya memiliki modal yang sangat kuat dan masih mempunyai bisnis yang lain.

Harga jasa cuci pakaian ini mulai dari Rp 2500 perpotong sampai Rp 25.000 perpotong tergantung jenis kain pakaian dan tambahan layanannya seperti setrika dan antar jemput pakaian. Turunnya konsumen secara drastis yang membuat pelaku bisnis semakin berkurang, disebakan oleh banyaknya bisnis itu sendiri, sehingga daripada konsumen melayani banyak rayuan dari pegawai pelaku bisnis ini dan menghindari rasa tidak enak dengan pebisnis yang lain konsumen memilih untuk membeli mesin cuci sendiri yang kini harganya juga semakin murah.

3. Bisnis Warung Internet, Pengetikan, Mesin Printer dan Mesin Fotokopi

Ini adalah bisnis yang sangat terkenal sebagai bisnis latah terpopuler dan yang paling lama bertahan hingga saat ini, karena konsumennya kebanyakan adalah mahasiswa.

Walaupun kemajuan teknologi kian pesat dan semua orang memiliki computer personal dan modem sendiri-sendiri, bisnis warung internet tidak pernah mati begitu juga dengan mesin fotokopi , pengetikan dan printer keempat bisnis ini menjadi pilar pendukung utama dari suluruh kegiatan aktfitas mahasiswa.

Rata-rata harga jasa warung internet sekitar Rp 2500 perjam, untuk pengetikan seharga 10.000 untuk 2000 kata , jasa mesin fotokopi Rp 150 perlembar sampai Rp 500 perlembar tergantung kulitas kertas dan tinta, begitu juga dengan printer tergantung kualitas kertas dan tinta untuk printer satu lembernya Rp 500-Rp 2000, Bisnis Latah Bisnisnya Para Pemula

4. Bisnis Di Industri Busana Muslim Wanita Indonesia

Garlina memulai usahanya ketika masih duduk di bangku kuliah. Ia memulai usahanya dengan modal Rp 500.000. Usahanya berawal ketika ia memberikan busana muslim rancangannya sendiri sebagai hadiah ulang tahun untuk temannya.

Esok harinya teman garlina yang kemarin berulang tahun, menelepon dan menanyakan pada garlina, tentang alamat toko busana muslim, yang menjual busana muslim dengan model seperti hadiah yang diberikan oleh Garlina.

Tanpa basa-basi Garlina langsung mengatakan bahwa baju muslim itu adalah rancangan design dari Garlina sendiri. Esoknya mereka sepakat bertemu untuk membicarakan design busana muslim. Singkat kata pertemuan itu berujung pada kesepakatan bersama untuk membangun bisnis konveksi busana muslim .

Garlina memiliki kemampuan yang sangat tinggi dalam mendesain baju busana muslim, sedangkan temannya Alif memiliki keahlian dibidang Internet Marketing.

Kemampuan Internet Marketing dan Fashion design yang dimiliki keduanya, telah membuat Garlina Collection memiliki omset harian sebesar Rp 8.000.000. Dalam sehari Garlina dapat menjual lebih dari 80 potong pakaian busana muslim. Harga busana muslim yang dijual Garlina berkisar antara Rp 35.000 sampai Rp 200.000 tergantung kerumitan design dan size baju.

Garlina Collection memiliki rumah produksi sendiri yang memperkerjakan 5 penjahit. Saat ini Garlina collection masih belum mempunyai outlet resmi. Garlina dan Alif hanya mengoptimalkan akun social media Garlina Collection sebagai saluran penjualan satu-satunya.

Garlina mengatakan bahwa hal yang paling penting dalam menjalankan suatu usaha adalah keyakinan dan tekad bulat. Garlina juga menambahkan ketika dua faktor tersebut telah dimiliki oleh pengusaha, omset besar pasti akan mengikuti.

Baca Juga

  1. 100 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar
  2. 7 Daftar Bisnis UKM yang Perlu Anda Coba

Toko Arlisah. Mukena Trendy

Pak Aziz telah sepuluh tahun berkecimpung di bisnis mukena trendy. Pak Aziz menggunakan satu-satunya toko yang berada di DTC Surabaya sebagai saluran penjualan utama. Selain itu Pak Aziz juga memasarkan barangnya melalui agen-agen kecil dan social media pribadinya.

Sebelum mendirikan Toko Arlisah, Pak Aziz berprofesi sebagai pegawai restoran di Amerika. Setelah tabungannya cukup untuk membangun sebuah usaha, barulah Pak Aziz pulang ke Indonesia. Pak Aziz mengakui bahwa alasan memilih berbisnis mukena trendy daripada bisnis yang lain adalah omset yang dihasilkan cukup besar, barang tidak mempunyai tanggal kedaluarsa, termasuk salah satu bisnis yang over demand, memiliki frekuensi perubahan trend yang sangat rendah.

Dalam satu hari Pak Aziz memperoleh omset yang mencapai Rp 3.000.000. Jika pada musim lebaran dan puasa, omset pak Aziz bisa menembus hingga Rp 20.000.000 perhari. Pak Aziz tidak memiliki penjahit sendiri. Pak aziz memiih menggunakan jasa outsourcing untuk mengerjakan seluruh aktivitas produksi mukena trendy. Harga mukena Pak Aziz bervariasi mulai dari Rp 90.000 hingga Rp 3.00.000. Saat ini Pak Aziz telah memiliki banyak pelanggan tetap, yang membeli mukenanya dalam jumlah cukup besar untuk dijual lag. Toko Arlisa buka dari Jam !0 Pagi sampai jam 6 Sore, Alternatif Bisnis Mahasiswa , Bisnis Hijab dan Mukena

You cannot copy content of this page