Bisnis UKM Cuanki Lakoca

Calista Music 4

bisnisumkmonline.com – Cuanki, jika Anda berdomisili di Bandung atau sekitarnya, Anda pasti akrab dengan makanan khas satu ini. Cuanki, akronim dari cari uang jalan kaki, adalah makanan sejenis bakso yang disajikan dengan mie dan tahu kering.
Di Bandung, ada banyak penjual cuanki, dari yang menggunakan pikulan, gerobak kaki lima, hingga tenda. Meski termasuk jajanan pinggir jalan, banyak orang yang menggemari cuanki.
Melihat peluang tersebut, Rosalia Rachma Putri terinspirasi membuat olahan instan dari cuanki yang diberi nama Lakoca.
 
 
 

Konsep Baru Cuanki Lakoca

Cuanki biasanya disantap seketika di tempat atau dalam waktu kurang lebih dua jam. Jika tidak dalam keadaan hangat, maka rasanya pun kurang nikmat.
Inilah yang membuat cuanki memiliki keterbatasan bagi penggemarnya yang sewaktu-waktu ingin mengonsumsi cuanki tetapi tidak ada penjual cuanki terdekat.
Hal ini pula yang membuat Ocha, sapaan akrab Rosalian Rachma Putri, ingin membuat cuanki dalam bentuk instan.
Cuanki Lakoca buatan Ocha tersebutpun lahir, menjadi cuanki yang bisa dinikmati hanya dengan seduhan air panas dalam beberapa menit.
 

Distribusi Luas Cuanki Lakoca

Cuanki Lakoca yang dibuat oleh Rosa terdiri atas tahu, siomay kering, dan bumbu. Karena disajikan dalam kemasan cup, banyak orang yang tertarik dengan cuanki.
Alhasil, produk yang dijual sejak 2013 silam ini menjadi populer di kalangan pecinta makanan instan.
Dengan menggunakan swalayan sebagai media pemasaran, Ocha berhasil mendistribusikan Cuanki Lakoca ke berbagai daerah di Jawa Barat dan sekitarnya. Bahkan, setelah dikenalkan via online, Cuanki Lakoca berhasil diimpor hingga ke luar negeri seperti Jepang.
 
 
 
Cuanki Lakoca, bisnis yang dibangun dengan modal ratusan ribu rupiah tersebut kini telah berkembang pesat. Dalam sebulan, Ocha bisa memproduksi hingga 40.000 cup.
Distribusi Cuanki Lakoca pun semakin menyebar, yang awalnya hanya di area Jawa Barat, kini sudah meluas hingga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, hingga Surabaya.
Produk yang dijual dengan harga Rp 13.000,- ini juga pernah mendapat penghargaan Inovasi Pangan Baru dalam Pangan Award pada 2015.
 
baca juga
1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu
350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar
50 Usaha Rumahan di Indonesia
Panduan Bisnis Online Terlengkap
900 Pebisnis Start Up Bisnis Digital Di Dalam Dan Luar Negri
 
 
Meski sudah terkenal di dalam dan luar negeri, mulai banyak produk sejenis yang bermunculan. Alih-alih menganggapnya kendala, Ocha menganggapnya sebagai tantangan.
Untuk itu, ia pun terus menjaga dan meningkatkan kualitas produk Cuanki Lakoca. Satu di antaranya yakni tidak menggunakan MSG di dalamnya dan menyediakan pilihan berbagai rasa, mulai dari original, pedas ramen, dan kari ayam.

You May Also Like