Cara mengatasi kesalahan dalam publik speaking

Batik Pring Sedapur Magetan

Setelah membahas beberapa kesalahan umum yang dilakukan dalam publik speaking, berikut ini terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kesalahan-kesalahan tersebut.

Baik kesalahan pada saat acara berlangsung maupun sebelum dan sesudah acara berlangsung.

tips ini dari lister.co.id , selain sebagai kursus bahasa asing, lister juga memberikan pelatihan kursus public speaking

Memberi jeda

Jika seorang public speaker melakukan kesalahan ketika acara sedang berlangsung seperti gugup, kehilangan ide dan lainnya cobalah memberikan sedikit jeda dalam acara tersebut.

Dengan memberikan sedikit jeda, maka hal ini akan membantu si public speaker mendapat kepercayaan dirinya kembali.

bukan hanya itu saja akan tetapi hal ini juga mengembalikan ingatan materi-materi yang sudah dilupakan oleh publik speaker.

Selain itu, hal ini juga berpengaruh kepada audiens dimana mereka juga membutuhkan jeda dan istirahat sejenak selama publik speaking berlangsung.

Memberikan sedikit hiburan dan humor kepada audiens

Acara yang didalamnya tidak disertai dengan rasa humor pasti akan sangat membosankan.

Untuk itu, ketika acara terlihat membosankan, ada baiknya seorang pembicara memberikan sedikit humor kepada para audiensnya. apalagi dalam bahasa inggris, oleh karena itu penting untuk anda menguasai bahasa inggris, sebagai rujukan kursus bahasa inggris dewasa , lister memberikan online course english untuk anda

Dengan memberikan sedikit humor kepada audiens akan mengurangi ketegangan dalam acara tersebut.

Acara yang tidak disertai dengan humor biasanya akan sangat garing dan pendengar mudah merasakan bosan.

Ada beberapa teknik humor yang dilakukan dalam public speaking, yaitu;

Pertama, buka acara tersebut dengan sedikit  humor, karena hal ini akan menambah daya tarik para pendengar terhadap apa yang akan disampaikan.

Kedua, jangan pernah sesekali menggunakan subjek saya dalam menceritakan humor tersebut karena hal ini bisa saja memperburuk citra pembicara.

Ketiga, satu hal yang perlu diingat bahwa humor tersebut harus berkaitan dengan materi yang disampaikan, jangan sesekali membuat humor diluar materi karena para audiens akan berfokus pada humor tersebut dibandingkan dengan isi materi yang disampaikan.

Keempat, ada baiknya seorang pembicara publik tidak menceritakan humor usang atau homor lama yang sudah beredar di kalangan masyarakat.

Karena hal ini akan menambah kegaringan dalam acara publik speaking tersebut.

Dan yang perlu diperhatikan dalam melakukan humor yaitu mengatur intonasi suara supaya menarik minat pendengar.

Relaksasi tubuh dan suara

Ketika acara yang dibawakan sudah mulai membosankan, ada baiknya public speaker melakukan relaksasi tubuh dan suara. Relaksasi tubuh dan suara bisa dilakukan pada saat jeda berlangsung.

Selain itu public speaker juga bisa meminta para audiensnya melakukan relaksasi tubuh bersama.

Hal ini sering dilakukan para public speaker ketika melihat audiensnya sudah merasakan bosan dan kelelahan.

Salah satu cara melakukan relaksasi tubuh ketika acara publik speaking berlansgung yaitu dengan meminta audiens mengikuti gerakan gerakan sederhana yang dipandu oleh host atau pembawa acara tersebut.

Selain itu metode ini juga akan menambah daya tarik pendengar terhadap acara itu.

Meringkas atau mempersingkat isi materi

Ketika public speaker sedang melakukan kesalahan dalam mempersentasekan materinya, seperti gugup, kehabisan materi dan lain sebagainya, ada baiknya si pemateri meringkas materi tersebut.

Si pemateri dapat menyampaikan hal-hal yang menurutnya cukup penting saja tanpa memperpanjang penjelasan.

Namun sebelum hal ini terjadi ada baiknya si pemateri menyiapkan sebuah catatan kecil yang bisa dia buka ketika melakukan presentasi.

Walaupun  hal ini akan mengurangi citra si pemateri, akan tetapi hal ini jauh lebih baik daripada kehabisan materi di tengah-tengan acara.

Mengajukan diskusi kepada para audiens

Disaat pemateri sudah kehabisan bahan diskusinya, maka cara yang paling ampuh dilakukan adalah mengajak diskusi para audiens.

Diskusi berupa tanya jawab atau pendapat audiens terhadap materi yang disampaikan.

Biasanya dalam tanya jawab atau berdiskusi akan membuka pikiran-pikiran dan ide yang dilupakan sebelumnya

Namun perlu di ingatkan kembali bahwa pengetahuan dan wawasan yang luas akan sangat diperlukan dalam acara ini.

Oleh sebab itu, beberapa hari sebelum acara dimulai, latihlah dan tambahlah wawasan anda yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan.

Jika seandainya si pemateri melakukan kesalahan untuk  kedua kalinya dengan tidak mampu menjawab pertanyaan audiens, maka citra dan reputasi pembicara akan semakin buruk dihadapan para audiens.

 Poin-poin diatas merupakan solusi atau cara mengatasi kesalahan umum dalam melakukan publik speaking, namun sebelum acara tersebut dimulai ada beberapa hal yang harus dilakukan demi meminimalisir kesalahan-kesalahan tersebut, diantaranya ;

Berlatih di depan kaca

Walaupun terdengar konyol, akan tetapi berlatih di depan kaca nyatanya bisa mengurangi kesalahan dalam melakukan publik speaking.

Orang yang melakukan latihan di depan kaca akan melihat bagaimana dirinya akan tampil pada hari berikutnya, selain itu dia juga bisa mengubah dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang dibuat.

Dengan berlatih di depan kaca, maka akan menambah rasa percaya diri dan mengurangi resiko terjadinya kesalahan.

Mempersiapkan bahan presentasi

Seperti yang dibahas sebelumnya, sering kali terjadi seorang pemateri kehabisan materi dalam melakukan presentase.

Demi mencegah hal itu terjadi ada baiknya seorang pemateri menyiapkan bahan-bahan yang akan di presentasekan.

Beberapa pemateri juga terjadang meninggalkan dan memberikan bahan tersebut sebagai pertinggal kepada audiensnya, karena seperti yang kita ketahui tidak semua audiens akan menangkap apa yang dikatakan oleh pemateri tersebut.

Menggunakan alat bantu tambahan

presentase yang disampaikan melalui alat bantu tambahan nyatanya lebih menarik perhatian penonton dibandingkan dengan materi yang hanya disampaikan oleh pemateri saja.

Alat bantu tambahan ini juga meminimalisir jika seandainya pemateri kehabisan ide dalam melakukan presentasi.

Adapun alat bantu tambahan yang dimaksudkan adalah berupa video penjelasan, menyiapkan proyektok dan menampilkan poin-poin materi, menampilkan powerpoint dan menyiapkan alat alat tulis.

Menaklukkan rasa takut

Rasa takut dan kurang percaya diri merupakan bagian yang sangat sulit dihilangkan dalam melakukan publik speaking, untuk itu pembicara harusnya bisa mengendalikan rasa takut yang dia miliki menjadi dorongan untuk melakukan public speaking lebih baik lagi.

Kekhawatiran dan rasa takut bisa dijadikan sebagai alat kontrol dalam melakukan public speaking.

Dan perlu diketahui rasa takut dan kehawatiran dalam melakukan public speaking akan menimbukan ketidaknyamanan para audiens ketika acar berlangsung.

Untuk mempersiapkan presentasi yang baik beberapa poin dibawah ini bisa dijadikan sebagai acuan sebelum memulai  acara tersebut.

  • Pilih dan temukan topik yang akan disampaikan
  • Sebelum acara dimulai, akan lebih baik menganalisa dan mengetahui jenis audiens yang akan dihadapi
  • Mencari sumber-sumber ilmiah yang akan disampaikan dan berhubungan dengan materi tersebut.

Selain poin-poin diatas, poin-poin berikut ini menjelaskan bagaimana cara mengurangi rasa takut dalam melakukan publik speaking

  • Menguasai topik yang akan disampaikan
  • Sebelum memulai acara, tataplah mata dan sapa para audiens, jangan langsung memberikan materi kepada audiens
  • Harus mampu mengendalikan bahasa tubuh dan penampilan
  • Yakinkan bahwa para audiens yang berada di depan anda memang sangat membutuhkan motivasi dan materi yang akan anda sampaikan.
  • Hindari hal-hal yang berbau sara, rasisme, pelecehan dan sebagainya.
  • Jangan menyudutkan siapapun dalam pembicaaran dan termasuk merendahkan diri anda.
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like