Home Bisnis UKM Chocodot Inovasi Perpaduan Bisnis Coklat Dodol

Chocodot Inovasi Perpaduan Bisnis Coklat Dodol

1
0

bisnisumkmonline.com – Chocodot Inovasi Perpaduan Bisnis Coklat dan Bisnis Dodol | Kreatifitas saat ini kelihatannya sudah banyak merubah muka dunia ekonomi serta usaha. Bagaimana tak, angka sebesar Rp 119 triliun (10 miliar dollar AS) sudah disumbangkan dari bidang Industri Kreatif untuk Indonesia pada th. 2013.
Oleh karena itu bermacam inovasi serta kreatifitas dalam usaha saat ini dipercaya beberapa orang sebagai teknik untuk meraih berhasil serta membuahkan keuntungan optimal. Tidak ayal, beberapa pelaku bisnis lokal lalu berlomba berinovasi serta berkreasi untuk dapat memperoleh tuah dari tingginya prospek industri kreatif ini.
Satu diantara product lokal hasil inovasi serta kreatifitas yang nampak di Garut, Jawa Barat yaitu Chocodot. Satu inovasi di #bisnis kuliner dari Kiki Gumelar yang memadukan cokelat dengan jajanan khas Garut yaitu dodol ini sekarang ini sudah jadi jajalan yang begitu disukai orang-orang Indonesia. Chocodot saat ini sudah alami perubahan yang cukup penting dari naik dari 20% sampai 200% per th. dari pertama kemunculannya pada bln. Agustus 2009.
Dengan pasar yang telah menembus luar negeri seperti Malaysia, Singapura serta Australia ini automatis bakal mendongkrak pendapatan chocodot. Dipercaya omset Chocodot sekarang ini sudah meraih beberapa ratus bahkan juga dapat meraih miliaran rupiah per bulannya. Lantas seperti apakah jajanan Chocodot ini sendiri sesungguhnya? Tersebut penjelasannya.
 

Inspirasi Usaha Chocodot

Menurut pernyataan Kiki Gumelar, founder Chocodot, kalau penemuan chocodot ini berlangsung dengan cara kebetulan. Satu saat Kiki Gumelar dengan cara tak berniat menjatuhkan dodol yang bakal dimakannya kedalam adonan coklat. Serta waktu dikonsumsi kembali nyatanya rasa-rasanya enak. Pada peristiwa tersebut nampak inspirasi Kiki untuk bikin olahan coklat isi dodol serta lahirlah chocodot.
 

Sistem Pembuatan Chocodot Garut

Diliat dari sistem membuatnya, untuk membuahkan chocodot ini termasuk gampang serta simpel. Ada tiga varian cokelat yang dipakai dalam pembuatan chocodot yakni dark chocholate, white chocolate, serta milk chocolate. Cokelat-cokelat batangan ini pertama-tama dilelehkan lantas diciptakan kembali dengan di isi dodol bermacam rasa di bagian tengahnya.
 
Chocodot Inovasi Perpaduan Bisnis Coklat dan Bisnis Dodol Dodol yang dipakai sendiri yaitu dodol keju serta dodol buah-buahan seperti jeruk, sirsak, duren, dan sebagainya. Sistem selanjutnya sesudah dodol dimasukkan kedalam cokelat yaitu mendinginkan cetakan dengan suhu di bawah 400 C, sampai adonan cokelat serta dodol betul-betul menyatu.

Dengan Strategy Penamaan Yang Unik

Yang unik dari chocodot yaitu penamaan sebagian produknya, seperti “cokelat obat stres” yang disebut cokelat rasa mint. Ada pula “cokelat mudah jodoh” yang mempunyai tiga varian yaitu milk, soft, serta dark. Lalu ada lagi “cokelat rasa sayang” yakni cokelat dengan rasa milk.
Lain lagi dengan “cokelat hindari alay” yang mempunyai dua type rasa. Penamaan cokelat yang unik ini terang makin jadikan chocodot sebagai product inovatif serta kreativ yang menarik hati.

Product Inovasi Coklat lainnya

Dengan perubahan chocodot, Kiki Gumelar lalu meningkatkan beberapa produk yang lain di bawah bendera PT. Tama Cokelat Indonesia. Product inovasi lain olahan cokelat dari Kiki diantaranya BRODOL (Browniez Dodol), yakni brownies khas Amerika yang disebut cake bantat dimodifikasi dengan isi dodol khas garut.
Ada juga GAGE CHOCO (Garut Geulis Cokelat) yang memprioritaskan paket dengan besek khas Parahyangan. Lalu ada juga product RANGICOK EUY (Ranginang Celup Cokelat EUY) yang disebut product makanan ranginang khas Garut yang di gabung dengan balutan cokelat yang begitu menggoda serta lezat.
Seolah tidak ingin tidak bergerak berinovasi, pada bln. Agustus 2010, Kiki kembali bikin “Cofee Choc” yakni satu olahan cokelat yang di gabung dengan beragam type biji kopi dari Papua, Toraja, Jawa, Bali, serta Sumatra. Serta masihlah di bln. yang sama PT. Tama Cokelat Indonesi juga melaunching Cokelat DoGar (Domba Garut) yang memadukan cokelat dengan gabungan abon yang nikmat.
 
 

Visi serta Misi Chocodot

Dinyatakan oleh Kiki Gumelar kalau Chocodot serta PT. Tama Cokelat Indonesia mengusung misi lain serta bukanlah sekedar hanya untuk mencari keuntungan. Dia menginginkan kalau dari beberapa produk yang sudah di produksi oleh PT. Tama Cokelat Indonesia, termasuk juga Chocodot ini, ia dapat mengangkat citra kuliner Indonesia dimata dunia serta kuliner Garut pada terutama. Sang kreator Chocodot ini dapat menginginkan tunjukkan pada dunia kalau Indonesia juga mempunyai coklat yang tidak kalah lezat di banding cokelat-cokelat yang lain diluar negeri.
 
baca juga
1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu
800 Jenis Usaha Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil
100 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar
Cara Sederhana Ini Mampu Meningkatkan Penjualan Kartu Perdana
 
Kiki mengharapkan kalau dengan bermacam kreasi cokelatnya ini dapat memperkaya sajian kuliner yang ada di kota Garut. Dibawah bendera perusahaannya, PT. Tama Cokelat Indonesia, Kiki mempunyai visi untuk “mencokelatkan” kota Garut serta jadikan cokelat sebagai duta budaya Indonesia. Chocodot Inovasi Perpaduan Bisnis Coklat dan Bisnis Dodol