KISAH KANTIN MAKAN INI, MENUNJUKKAN TEKAD BRAND YANG KUAT

Byundercover

KISAH KANTIN MAKAN INI, MENUNJUKKAN TEKAD BRAND YANG KUAT

Bisnisumkmonline.com – Memulai bisnis di sebuah apartemen, bisa saja menjadi suatu hal yang lumrah. Namun apa jadinya di saat usaha yang lain mulai gulung tikar, akan tetapi bisnis kita memilih untuk tetap bertahan, It sounds crazy, right? and pastinya hal itu menjadi suatu yang sangat amat riskan.

Kalian pun pasti menjawabannya dengan beragam, ada yang mungkin iya atau mungkin tidak. Satu hal yang pasti dari pernyataan di atas ialah kisah yang pernah dialami oleh Bisnis Kantin Kitchen Mate. Tempat makan yang berdiri pada tahun 2016  di bilangan Apartemen Kebagusan City Tower C ini, membuktikan bahwa dirinya masih sanggup bertahan di saat persaingan semakin hari semakin menekan.

Alasan mereka bertahan adalah karena kepercayaan bahwa kualitas makanan yang disajikan di tempat ini akan mampu membuat lidah pengunjung yang datang semakin ketagihan.

Memangnya, menu makanannya apa aja sih? Pada umumnya  makanan yang disajikan di sini pure bercitarasa khas lidah orang Indonesia, seperti; Ayam, Ikan, Tumisan, dan Sayuran. Lantas apa yang membuat mereka berbeda? Bumbu-bumbu yang mereka pilih sebagai olahanlah yang ternyata sangat beragam, mulai dari balado, rica-rica, opor, bakar, goreng, dan banyak lagi.

baca lagi Bisnis UKM Kreatif yang Simple , Kotak Hadiah

Menu-menu itu mereka pilih serta jadikan sebagai andalan, dan telah berhasil menggoyang lidah para pengunjung yang datang. Hal tersebut terbukti dengan banyak penghuni apartemen yang hilir-mudik mendatangi tempat makan ini untuk sekedar makan siang, makan malam, nongkrong, bahkan mengadakan pertemuan.

And then, apa yang bisa kita pelajari dari kisah di atas?

Bila ditinjau dari sisi branding, strategi mereka untuk tetap bertahan mengingatkan saya akan sebuah tekad dari Brand Equity yang sangat kuat. Masih ingatkan kalian dengan 5 elemen dari Brand Equity? Yap! Salah satu elemen yang menonjol dari mereka adalah apa yang disebut dengan Perceived Quality.

Kualitas makanan dari Kitchen Mate lah yang membuat banyak pelanggan semakin mempercayakan isi perutnya pada mereka. Terlebih hal tersebut didukung dengan bukti bahwa pada pertengahan tahun 2013 tempat makan ini pun pernah mengambil bagian dalam sebuah kegiatan bazar yang diisi oleh makanan-makanan dari mancanegara.

Selama tiga hari mereka mengikuti event tersebut, dan setiap hari pula menu Ayam Rica menjadi makanan yang digemari, serta selalu habis dikonsumsi oleh para pengunjung bazar waktu itu.

Berkat kerja keras mereka dalam menyajikan cita rasa makanan terbaik, pelanggannya pun pasti akan enggan untuk pindah ke tempat lain. Poin itulah yang kemudian membentuk elemen Brand Equity selanjutnya, ialah  yang disebut dengan Brand Association. Pelanggan sudah terasosiasi dengan rasa khas dari makanan mereka. Apa yang terjadi bila seseorang sudah terasosiasi? Tentu sebuah kesetiaan pun akan muncul.

Maka elemen yang disebut dengan Brand Loyalty, siap membuat ratusan bahkan ribuan pelanggan tetap yang akan selalu setia pada mereka.Tentunya hal itu pun akan mudah membuat inovasi baru, untuk kemudian menaikan atensi pelanggan-pelanggan lain yang tidak mereka prediksi, dan segera datang berhamburan ke tempat makan ini.

Terbentuklah elemen selanjutnya yang disebut dengan Brand Awareness. Sebagai buktinya, dewasa ini, semakin banyak pengunjung di luar apartemen yang berhasrat untuk menikmati makanan yang disajikkan oleh Kitchen Mate.

KISAH KANTIN MAKAN INI, MENUNJUKKAN TEKAD BRAND YANG KUAT Alhasil, mereka pun segera merespon dengan melebarkan sayapnya dan mulai membuka pulang usaha baru yaitu jasa catering jagoannya yang diberi nama NABOXPARAH (Nasi Box Paket Murah). Usahanya yang satu ini telah berhasil melayani orderan sampai beratus-ratus kotak. Tentunya pelanggan yang sebelumnya tidak tahu tempat makan ini, sekarang menjadi tahu dan semakin penasaran pastinya.

Selain itu, mereka pun sekarang mulai melayani jasa lain seperti; pembuatan buffet dan tumpengan. Jasa ini mereka buat untuk memenuhi permintaan pada acara-acara tertentu semisal selametan, syukuran, pernikahan, maupun kantoran.

Terkhusus untuk event prasmanan, jasa yang mereka tawarkan pun sudah termasuk dengan tempat saji, peralatan makan, minuman, dessert, sampai  pramusaji sekalipun telah dipersiapkan oleh Kitchen Mate. Wilayah cakupan untuk jasa mereka yang satu ini meliputi wilayah atau daerah Jakarta, Tangerang, Bekasi dan Depok.

Baca Juga 8 Cara Membuat Email Marketing Lebih Efektif Untuk Bisnis Online Anda

Kembali pada 4 elemen di atas yang telah berhasil mereka bentuk, maka apa dampak selanjutnya? Dampak positif pastinya sedang menunggu Kitchen Mate untuk mungkin bisa membuka peluang usaha baru di luar dua usaha sebelumnya.

Bagaimanapun, empat elemen di atas telah berhasil membentuk elemen terakhir, yang disebut dengan Proprietary Asset. Kini kantin makan yang berada di apartemen ini telah berubah menjadi sebuah asset yang sangat berharga. Jangan heran, bilamana di luar sana pasti telah banyak investor-investor yang siap membidik usaha ini dan ingin menjadi partner bisnis baru bagi mereka. Maka, peluang usaha Franchise pun telah menunggu di gerbang selanjuntnya.

Bagaimana menurut kalian? Apakah langsung penasaran dengan Kantin Kitchen Mate ini? atau ingin segera mengadakan kerjasama catering dengan mereka? Tenang kawan-kawan, untuk pemesanan tinggal kunjungi website mereka di  naboxparah.com bisa juga kontak nomor HP mereka (0823-1097-9593). Jangan takut soal masalah harga, pasti murah, pasti renyah, tinggal diskusi soal menu, sisanya biarkan mereka yang atur segalanya. Sampai jumpa di artkel selanjutnya, semoga selalu bermanfaat. (IAS) KISAH KANTIN MAKAN INI, MENUNJUKKAN TEKAD BRAND YANG KUAT

About the author

undercover administrator