Home Bisnis UKM Kursus Bahasa Jepang Untuk Bisnis

Kursus Bahasa Jepang Untuk Bisnis

6
0

Jepang merupakan salah satu negara besar di Asia yang perkembangannya semakin meningkat setiap tahunnya, baik itu dalam bidang teknologi, bisnis, maupun hiburan. Karena itulah banyak orang yang juga mulai tertarik untuk mempelajari Bahasa Jepang dengan berbagai alasan.

Trik Paling Ampuh dan Efektif Belajar Bahasa Jepang Bagi Pemula

Bagi orang awam atau para pemula, Bahasa Jepang bisa terkesan sangat asing. Ini karena huruf, kosa kata, teknik penulisan, dan teknik pengucapannya sangat berbeda dengan Bahasa Indonesia yang biasa kita ucapkan sehari-hari.

Berikut adalah beberapa cara efektif belajar Bahasa Jepang dari nol bagi para pemula:

Belajar secara runtut

Runtut di sini maksudnya adalah urut dari mulai huruf, kata, lalu kalimat. Hal pertama yang harus dipelajari dalam Bahasa Jepang adalah huruf-hurufnya, beserta semua cara penulisan dan cara pengucapannya.

Bahasa Jepang memiliki banyak jenis huruf, seperti kanji, hiragana, dan katakana, sehingga mungkin akan butuh waktu cukup lama untuk bisa menghapalkan semuanya.

Tips untuk bisa dengan cepat menguasai huruf Bahasa Jepang adalah dengan rajin praktek menulis dan juga membaca. Huruf-huruf dalam Bahasa Jepang memiliki teknik penulisannya tersendiri yang agak rumit sehingga perlu perhatian ekstra untuk berlatih menulis sesuai aturannya.

Selain itu praktik membaca juga perlu untuk bisa belajar mengenali huruf-huruf yang sudah dipelajari dalam teks.

Setelah menguasai semua huruf yang ada, bisa lanjut ke tingkat selanjutnya, yaitu kata. Pada saat belajar kosa kata, penting juga untuk menghapalkan cara penulisan dan teknik pengucapannya.

Setelah itu, cobalah buat kalimat dari tiap kata yang tadi dihapalkan. Buatlah beberapa contoh kalimat yang berbeda untuk latihan.

Dengan cara ini, metode belajar akan lebih terarah dan hasilnya bisa segera dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Menghafal kosa kata

Memiliki banyak perbendaharaan kosa kata dalam Bahasa asing bisa membuat orang terlihat pandai menguasai Bahasa tersebut, sama halnya dalam Bahasa Jepang. Anggap saja cadangan kosa kata dasar ini sebagai peluru yang bisa digunakan kapan saja saat dibutuhkan.

Bisa dimulai dengan menghapalkan kosa kata dasar seperti ucapan atau sapaan sehari-hari sampai nama-nama perabotan di rumah. Setelah menghapalkannya, pastikan untuk tetap mempraktekkannya setiap ada kesempatan, sehingga tidak mudah lupa.

Walaupun terkesan remeh, cara ini bisa sangat efektif terutama saat anda dihadapkan dengan situasi saat harus berbicara Bahasa Jepang secara mendadak. Jika saat itu anda belum belajar cara merangkai kalimat, anda masih bisa menggunakan kosa kata-kosa kata yang sudah anda hapalkan untuk berkomunikasi, walaupun tidak sempurna.

Cara efektif untuk bisa menghapalkan banyak kosa kata dalam Bahasa Jepang adalah dengan membuat target setiap harinya. Misalnya, anda membuat target lima kosa kata per hari.

Bayangkan saja, dalam dua minggu anda sudah bisa menghapalkan 70 kosa kata baru.

Banyak membaca

Setelah sudah menguasai huruf katakana, hiragana, dan kanji dalam Bahasa Jepang, walaupun belum sempurna pun, anda pasti secara otomatis sudah bisa membaca tulisan dalam Bahasa Jepang. Supaya bisa lebih cepat mahir, cara yang bisa anda lakukan adalah dengan banyak praktek membaca.

Walaupun awalnya masih terbata, atau bahkan masih perlu untuk membuka contekan, dengan banyak berlatih lama kelamaan anda pasti bisa dengan lancar membaca tulisan dalam Bahasa Jepang. Tidak perlu langsung praktek membaca buku, anda bisa mulai dengan membaca sesuatu yang sederhana seperti artikel di internet atau bahkan status seseorang di sosial media.

Jika tiba-tiba menemukan kata yang sulit, bisa dicatat terlebih dahulu untuk nanti dicari artinya. Jika latihan ini dilakukan secara terus-menerus, anda bahkan bisa sekaligus menambah banyak perbendaharaan kosa kata baru.

Jangan lupa untuk meningkatkan level kesulitan bacaan yang dibaca. JIka sudah bisa sedikit lancar, anda bisa mencoba membaca yang lebih kompleks seperti komik, cerita pendek, novel, teks berita, atau bahkan karya sastra berbahasa Jepang.

Melatih percakapan

Tidak akan dianggap bisa berbahasa Jepang orang yang tidak bisa berkomunikasi dalam Bahasa Jepang, karena itulah penting untuk tidak melupakan teknik percakapan dalam rencana belajar. Cara paling ampuh tentunya adalah dengan praktek berbicara langsung dengan orang lain yang bisa berbahasa Jepang.

Tapi jika tidak memiliki partner yang bisa diajak bicara, bisa mulai membayangkan percakapan yang akan terjadi dalam situasi tertentu. Misalnya anda sedang memesan kopi di café, sambil menunggu anda bisa membayangkan bagaimana cara memesan kopi menggunakan Bahasa Jepang.

Cara ini terbukti efektif, dan jika takut lupa, anda bisa menulis contoh percakapan ini dalam buku catatan dan mengulangnya lagi nanti. Siapa yang tahu, catatan ini mungkin saja berguna saat nanti anda tiba-tiba bertemu dengan orang Jepang dan harus bercakap-cakap.

Selain itu, di jaman modern seperti sekarang tidaklah harus bertemu dengan orang langsung untuk bisa bercakap-cakap. Cara belajar ini bisa disiasati dengan berkomunikasi via chat alias secara online.

Belakangan ini mulai banyak beredar aplikasi belajar Bahasa Jepang yang memiliki fasilitas chat dengan para penutur asli Bahasa Jepang. Atau bisa juga mencari teman yang bisa berbahasa Jepang untuk diajak latihan.

Jangan lupa untuk mengganti setting keyboard anda menjadi Bahasa Jepang sebelum mulai chat ya. Cara ini juga bisa sangat membantu karena anda pasti sebagian besar akan menggunakan Bahasa Jepang modern yang biasa digunakan sehari-hari untuk bercakap-cakap.

baca juga

Mendengarkan Bahasa Jepang

Logat dan pengucapan Bahasa Jepang memang sedikit unik, sehingga jika tidak terbiasa mendengar perkataan dalam Bahasa Jepang, anda akan kesulitan untuk praktek mengucapkannya. Untuk mengatasinya, pastikan anda juga sering berlatih mendengarkan berbagai audio berbahasa Jepang.

Sumber audionya bisa beragam, entah itu lagu, radio, podcast, video Youtube, dll. Yang paling efektif sebenarnya adalah dengan menonton film atau drama dalam Bahasa Jepang.

Selain bisa belajar cara pengucapannya, anda juga bisa langsung belajar banyak kosa kata baru. Tidak perlu takut tidak paham dan tidak bisa mengikuti jalan ceritanya, anda bisa menyetel subtitle yang ada sesuai keinginan, bisa Bahasa Inggris ataupun Bahasa Indonesia.

Dengan adanya subtitle, anda bisa langsung mencocokkan kosa kata yang diucapkan dengan artinya. Ini juga merupakan cara yang cukup efektif untuk memperkaya perbendaharaan kosa kata dalam Bahasa Jepang.

Cara-cara di atas cukup efektif jika dipraktekkan oleh anda yang belajar sendiri secara otodidak. Metode belajar lain yang bisa dipilih adalah dengan mengikuti kursus belajar Bahasa Jepang.

Lembaga kursus bahasa jepang pasti sudah memiliki kurikulum belajar yang terbukti efektif dilengkapi dengan teknologi mengajar terbaru dan juga tenaga pengajar yang profesional. Salah satunya adalah Lister.co.id.

Lister.co.id memiliki platform belajar yang mudah dan menyenangkan, sangat fleksibel, sehingga bisa disesuaikan dengan waktu dan kemampuan peserta. Lister.co.id juga menggunakan teknologi meeting tatap muka yang bisa menghadirkan kualitas pembelajaran layaknya kelas offline.

Selain itu, setiap kelas akan dibimbing oleh pengajar profesional yang berpengalaman, sehingga setiap materi yang diajarkan dijamin akan menarik dan mudah dipahami. Siswa akan diajarkan materi percakapan, pengenalan kosa kata dan tata Bahasa, dan juga latihan speaking dan listening dalam Bahasa Jepang.

Di Lister.co.id tersedia berbagai kelas yang disesuaikan dengan kebutuhan anda, baik untuk bisnis maupun studi. Ada berbagai pilihan kelas dengan kurikulum pembelajaran yang beragam dan harga yang terjangkau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here