Langkah Awal Memulai Bisnis Coffee Shop

undercover.co.id – Langkah Awal Memulai Bisnis Coffee Shop , Dari beberapa artikel sebelumnya, Anda bisa mengetahui langkah awal meracik kopi ala barista, beragam teknik meracik kopi, hingga beberapa alat untuk membuat kopi yang sering ditemui di kafe dan kedai kopi.
Banyak pecinta kopi yang awalnya belajar tentang seluk beluk kopi, belajar meracik kopi, hingga berlatih menjadi barista secara khusus, dan kemudian membuka usaha coffee shop. Beberapa dari Anda pun pasti ingin memiliki kafe atau kedai kopi yang menjual kopi yang sebenarnya bukan sekadar kopi instan.
Saat ini, keberadaan kafe dan kedai kopi semakin menjamur dari kota ke kota. Umumnya, kafe dan kedai kopi tersebut menjadi indikator kemampuan ekonomi masyarakat dan kondisi perkebunan penghasil kopi di sekitarnya.
Para pelaku bisnis coffee shop juga memegang peran penting dalam meningkatkan popularitas kopi sebagai komoditas ekonomi. Bahkan, tidak heran jika Anda sudah mulai berpikir untuk menjadi pebisnis sejak awal bahasan sejarah kopi karena menyadari peluang berbisnis di bidang kopi memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi meski banyak saingannya.
Karenanya, dalam artikel ini, akan diulas angkah awal sebelum memulai bisnis coffee shop agar Anda bisa lebih siap dan terhindar dari kemungkinan mengalami kerugian karena kurang persiapan dan tidak memiliki referensi yang cukup.
 
 

Susun Business Plan Secara Konkret

 
Terjun ke dunia bisnis adalah sebuah pilihan yang bagus namun juga butuh persiapan yang matang. Bukan sekadar angan-angan lagi, karenanya Anda perlu mengkonkretkan persiapan bisnis coffee shop Anda secara konkret dengan membuat rencana bisnis yang sistematis.
Anda bisa mulai menyusun rencana bisnis (Business Plan) dengan melakukan pengamatan bisnis coffee shop saat ini. Dengan hasil pengamatan tersebut, Anda bisa memperkirakan prospek tentang keuntungan, mengetahui faktor yang menyebabkan kerugian, menentukan target konsumen, hingga menciptakan solusi agar tidak kalah dengan kompetitor.
Langkah menyusun business plan sangat penting dalam memulai berbagai usaha, karenanya Anda perlu memikirkannya dengan matang agar bisa menentukan modal dan persiapan lainnya untuk mewujudkan coffee shop Anda.
 
 
 

Buat Konsep Coffee Shop

 
Jika Anda adalah pecinta kopi yang sering berkunjung ke kafe atau kedai kopi, Anda pasti tahu bahwa hampir tidak ada kafe atau kedai kopi yang memiliki konsep yang sama. Mulai dari lokasi coffe shop, tata ruang (desain interior dan eksterior), menu sajian kopi, menu pelengkap, gaya pelayanan, dan lain sebagainya.
Anda perlu menentukan hal-hal tersebut agar bisa memperkirakan dengan pasti nominal modal yang Anda perlukan untuk membuka coffee shop Anda. Anda juga perlu menentukan supplier kopi, peralatan, dan kriteria pegawai yang Anda butuhkan untuk coffee shop Anda.
Memang dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk melalui langkah, karena Anda perlu melakukan pengamatan yang lebih dalam lagi agar coffee shop Anda kelak memiliki keunikan dan ciri khas, yang bisa membuat pecinta kopi lainnya tidak ragu datang ke coffee shop Anda.
 

Rancang Pendanaan dengan Cermat

 
Menentukan jumlah modal yang diperlukan dalam memulai sebuah bisnis adalah hal yang sangat penting. Biasanya banyak orang yang menganggap bahwa untuk memulai sebuah usaha, apalagi coffee shop, membutuhkan modal yang banyak.
Pernyataan tersebut biasanya menghampiri orang-orang yang tidak melakukan perencanaan bisnis dan pengamatan kondisi bisnis terkait. Faktanya, banyak para pebisnis yang memulai bisnisnya dengan modal yang minimal dan bisa menghasilkan keuntungan berkali-kali lipat.
Tentu tidak mudah, diperlukan kecermatan dan keberanian. Kecermatan, berarti Anda harus bisa menghitung segala keperluan dasar Anda untuk memulai bisnis coffee shop. Maksudnya, penuhilah kebutuhan, bukan keinginan yang berlebihan.
Keberanian, berarti Anda berani mengambil resiko untuk bisa memperoleh pendanaan yang cukup dengan berbagai cara, misalnya mengajak teman bekerja sama sebagai pemodal hingga melakukan peminjaman kepada lembaga yang kredibel.
Jika Anda sudah memiliki modal yang cukup banyak untuk membangun coffee shop sesuai keinginan, Anda bisa langsung mengeksekusi konsep Anda tanpa harus memikirkan sumber pendanaan lainnya. Namun, Anda harus tetap berupaya untuk meminimalisasi pendanaan agar bisa menjadi simpanan Anda untuk keperluan lainnya.
 

Jalin Komunikasi dengan Para Ahli

 
Konsultan bisnis, petani kopi, supplier kopi dan alat pembuat kopi, coffee shop owner yang berpengalaman, hingga arsitek/desainer interior, adalah orang-orang profesional yang perlu Anda hubungi ketika Anda sudah memantapkan pendanaan Anda.
Orang-orang tersebut akan membantu Anda dalam mewujudkan coffee shop impian Anda dengan tepat. Namun, akan lebih baik jika Anda sudah memiliki jaringan pergaulan dengan para ahli tersebut sejak sebelum penyusunan business plan sehingga Anda bisa dengan lebih mudah dan cepat dalam menentukan langkah-langkah selanjutnya.
 

Tentukan Kriteria Para Pekerja

 
Pekerja adalah bagian yang tidak kalah pentingnya dalam menjalankan bisnis coffee shop. Mulai dari barista, akuntan, pelayan, dan karyawan dengan tugas lainnya, harus segera Anda tentukan kriterianya.
Hal ini sangat berhubungan dengan konsep coffee shop yang Anda inginkan. Namun, tentu ada kriteria dasar yang wajib Anda susun sebelum memutuskan kriteria khusus untuk setiap jenis karyawan yang Anda inginkan.
Penentuan ini bisa memakan waktu yang lama jika Anda tidak melakukan pengamatan sebelumnya. Namun, Anda juga bisa membuat kriteria dengan cepat jika Anda meminta saran dari orang yang berpengalaman, misalnya teman/kerabat Anda yang sudah memulai bisnis lebih dulu.
 

Ikuti dan Perhatikan Setiap Eksekusi dengan Baik

 
Meski Anda sudah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak yang sudah profesional, bukan berarti Anda bisa lepas tangan dan hanya menunggu dari jauh. Anda wajib mengetahui setiap proses eksekusi bisnis coffee shop Anda, mulai dari pembangunan coffee shop hingga pembukaan coffee shop Anda.
Anda tahu mengapa, bukan? Mempercayai rekan kerja memang perlu, namun mengetahui dengan pasti proses bisnis coffee shop Anda, pasti akan lebih baik dan bisa terhindar dari segala akibat buruk yang mungkin terjadi.
Selain itu, jika Anda merasa ada kekurangan atau kesalahan selama proses eksekusi, Anda bisa dengan cepat menentukan langkah yang bisa diambil untuk memperbaikinya dan membuat solusi antisipasi agar tidak terjadi hal yang sama di kemudian hari.
 
Mudah dipahami, bukan? Namun belum tentu mudah dilakukan.
Setidaknya, langkah-langkah tersebut bisa menjadi panduan Anda untuk mulai berbisnis coffee shop. Yang perlu Anda ingat, langkah-langkah tersebut bukanlah langkah-langkah mutlak, namun menjadi langkah awal paling dasar yang perlu Anda pertimbangkan untuk memulai bisnis coffee shop.
Ada banyak langkah lainnya yang bisa Anda temukan, yang berkembang dari langkah-langkah tersebut. Untuk membuat konsep coffee shop misalnya, Anda sudah pasti harus menentukan konsep coffee shop yang saling terkait, mulai dari desain interior, desain eksterior, menu minuman kopi, jenis kopi yang dipakai, jenis pelayanan yang diberikan, dan sebagainya.
Juga, ada langkah-langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk menjalankan bisnis coffee shop Anda, misalnya solusi agar bisa bersaing dengan coffee shop – coffee shop lainnya yang sudah lebih dulu terkenal.
 
 

Selangkah Lebih Dekat: Hal-hal Penting dalam Persiapan Membuka Coffee Shop

 
Pada artikel sebelumnya telah dibahas langkah awal memulai bisnis coffee shop secara umum yang sangat penting untuk Anda pertimbangkan. Seperti yang sudah disebutkan pada akhir artikel tersebut bahwa langkah-langkah yang diulas itu bukanlah langkah mutlak yang harus diikuti.
Namun, dengan memahami langkah-langkah tersebut, setidaknya Anda bisa mendapat gambaran secara umum yang bisa menjadi panduan Anda. Kemudian, jika Anda sudah mencermati dan mempertimbangkannya, Anda bisa menentukan langkah selanjutnya untuk memulai bisnis coffee shop.
Agar Anda bisa memperluas wawasan terkait bisnis coffee shop, Anda bisa membaca ulasan berikut ini yang membahas hal-hal penting dalam persiapan membuka coffee shop.
 
 

Buat Daftar Menu

 
Meski banyak kafe atau kedai kopi yang memiliki menu sajian kopi yang sama, hampir tidak ada kafe atau kedai kopi yang menyajikan kopi dengan rasa yang sama. Hal ini dikarenakan setiap kedai kopi memiliki barista andalannya masing-masing.
Untuk itu, Anda perlu membuat daftar menu yang akan Anda sajikan di coffee shop Anda. Jika Anda menjadi baristanya, maka Anda perlu mengamati perkembangan menu sajian kopi yang paling baru. Jika Anda mempekerjakan barista lain, Anda bisa mengajaknya berdiskusi dari hasil mengamati perkembangan sajian minuman kopi.
Selain itu, menu pendamping selain kopi, juga perlu Anda pertimbangkan. Memang tidak semua kafe atau kedai kopi, menjual menu selain kopi. Namun, keberadaan menu pendamping ini bisa menjadi daya tarik tersendiri nantinya. Anda bisa mulai memikirkan menu lain tersebut berdasarkan konsep coffee shop Anda.
Jika coffee shop Anda berkonsep modern, Anda bisa membuat menu makanan yang juga modern seperti dessert atau makanan olahan kopi yang unik lainnya. Menu tersebut lebih baik disajikan pada waktu tertentu sehingga menu sajian kopi Anda akan tetap mendominasi.
 

Cari Supplier yang Kredibel

 
Setelah Anda menentukan menu coffee shop, terutama menu sajian kopi, Anda bisa mencari supplier kopi dan bahan pendukung lainnya. Jika Anda masih ingat dengan bahasan supplier kopi pada artikel yang lalu, Anda pasti tahu bahwa penting untuk memastikan kredibiltas seorang supplier.
Anda bisa meminta saran kepada orang yang sudah berpengalaman dengan supplier atau mengecek secara langsung biji kopi ke lokasi gudang supplier. Tentu bukan hanya masalah kualitas biji kopi atau bahan lainnya yang harus Anda utamakan, tetapi juga hubungan kerja sama jangka panjang yang saling menguntungkan.
Untuk itu, dalam masa pencarian tersebut, Anda membutuhkan lebih banyak waktu untuk menentukan supplier yang tepat. Karenanya, jangan terpaku pada satu supplier saja. Anda perlu membandingkan beberapa supplier untuk mengetahui supplier yang terpercaya dan bisa diajak kerja sama dalam jangka panjang.
Artikel tentang supplier kopi yang sudah dibahas sebelumnya, bisa menjadi referensi Anda untuk menentukan supplier kopi Anda. Anda juga bisa mencari sumber referensi lain atau bahkan bekerja sama langsung dengan pemilik perkebunan kopi.
 

Siapkan Fasilitas Sesuai Kebutuhan

 
Selain supplier kopi dan bahan pendukung lainnya, Anda juga wajib memenuhi kebutuhan fasilitas coffee shop Anda. Yang paling penting dan utama adalah fasilitas tempat atau bangunan yang nyaman. Anda harus memastikan jika coffee shop Anda, dengan konsep seunik apapun, harus tetap membuat pelanggan Anda merasa nyaman.
Selanjutnya, yang paling penting dan pertama adalah peralatan atau mesin pembuat kopi, seperti grinder dan alat manual brewing. Secara umum ada sembilan alat manual brewing yang biasanya digunakan oleh barista. Alat-alat tersebut di antaranya V60, French Press, Aeropress, Chemex, Syphon, Moka Pot, Rok Presso, Vietnam Dripper, dan Kalita Wave.
Ada pula mesin manual brewing dan mesin otomatis pembuat kopi lainnya yang bisa Anda pilih. Anda wajib untuk menyediakan peralatan pembuat kopi tersebut sesuai dengan menu sajian kopi yang akan sajikan. Untuk pengadaan fasilitas pembuat kopi, Anda bisa berdiskusi dengan barista yang akan bekerja sama dengan Anda.
Fasilitas lainnya yang perlu Anda pertimbangkan adalah fasilitas kekinian yang bisa membuat pelanggan Anda lebih betah, misalnya penyejuk ruangan, music performance, perpustakaan mini, hingga ketersediaan akses internet gratis dan sumber listrik yang memadai.
 
 

Hitung Biaya Secara Keseluruhan

 
Ketika Anda sudah membuat menu, menentukan supplier, dan mempersiapkan fasilitas dasar dan fasilitas penunjang, Anda wajib membuat pembukuan keuangan yang bisa menjadi pengingat sekaligus perekam aktivitas keuangan Anda.
Hal ini akan lebih dilakukan untuk setiap aktivitas persiapan yang Anda lakukan. Maksudnya, ketika Anda membuat menu, Anda bisa langsung membuat perkiraan nominal yang dibutuhkan untuk membuat satu jenis menu dalam jumlah tertentu. Juga ketika Anda dalam proses mencari supplier, Anda bisa segera memperkirakan jumlah pengeluaran Anda untuk sekali transaksi.
Menghitung biaya secara keseluruhan ini sangat penting agar Anda terhindar dari out of money atau kehabisan modal sesudah atau bahkan sebelum coffee shop dibuka. Juga, agar Anda lebih cermat dalam membelanjakan modal Anda sehingga Anda tetap memiliki biaya simpanan untuk keperluan mendesak.
 

Tentukan Harga Produk

 
Jika Anda sudah menghitung biaya yang Anda keluarkan, mulai dari keperluan supply kopi dan bahan lain, pembelian dan penyediaan fasilitas secara berkala, hingga biaya untuk membayar tenaga kerja, waktunya Anda menentukan harga produk atau menu sajian coffee shop Anda, berdasarkan hasil hitungan tersebut.
Ingat, jangan langsung menetapkan harga produk tanpa pengamatan harga produk sejenis di pasaran. Maksudnya, Anda harus tahu harga umum untuk produk sajian Anda di coffee shop-coffee shop lainnya. Hal ini sangat penting untuk menghindari kerugian akibat harga produk yang terlalu mahal.
Faktor fasilitas dan sasaran konsumen juga sangat perlu Anda pertimbangkan. Jika Anda perhatikan, fasilitas yang memadai bisa menjadi penentu harga suatu produk. Suatu coffee shop yang menyediakan fasilitas yang memadai dan menyenangkan, pasti menyesuaikannya dengan harga produk mereka.
Karena itu, tidak heran jika semakin bagus suatu coffee shop, semakin mahal harga produk sajiannya. Selain itu, sasaran konsumen juga perlu Anda pertimbangkan. Harga secangkir untuk seorang mahasiswa, seharusnya, berbeda dengan harga secangkir kopi untuk seorang karyawan perusahaan. Artinya, harga kopi ditentukan oleh untuk siapa kopi itu dibuat.
 

Susun Strategi Pemasaran

 
Satu hal yang tidak kalah penting dan selalu menjadi ulasan yang menarik dalam sebuah perbincangan bisnis adalah strategi pemasaran. Ketika Anda sudah siap secara materi untuk membuka coffee shop, yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah menyusun strategi pemasaran pertama yakni promosi, agar coffee shop Anda dikenal secara luas.
Anda bisa melakukan promosi dengan berbagai cara, mulai memasang iklan di media cetak, radio, mengedarkan selebaran, hingga melalui social media yang sedang trendi seperti instagram, facebook, twitter, dan sebagainya.
Promosi melalui keluarga, kerabat, atau teman yang memiliki jaringan pergaulan yang luas juga akan sangat memudahkan Anda untuk memperkenalkan coffee shop Anda secara luas dalam waktu singkat.
Jangan lupa untuk membuat tawaran menarik lainnya dalam rangka menarik minat dan perhatian calon pelanggan Anda, misalnya diskon, paket minuman kopi, hingga bonus merchandise untuk pembelian dalam nominal tertentu.
 
baca juga
 
1. Teknologi Manual Pembuatan Kopi
2. Daftar 30 Kopi Termahal Di Dunia Terlengkap
3. Panduan Lengkap Pecinta Kopi
Panduan Bisnis Online Terlengkap
1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu
350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar
 
 
Hal-hal penting yang telah diulas tersebut akan membantu Anda untuk mempersiapkan pembukaan coffee shop Anda. Namun, hal-hal tersebut tidak harus Anda lakukan secara urut atau menambahkan hal-hal lainnya yang Anda rasa lebih penting.
Nyatanya, ada banyak hal lainnya yang perlu Anda pertimbangkan ketika melakukan persiapan membuka coffee shop, misalnya penentuan lokasi, penataan interior dan eksterior, dan lainnya.
Setidaknya, dengan memahami hal-hal penting yang sudah diulas pada artikel ini, Anda bisa lebih membuka wawasan dan pemikiran Anda agar coffee shop Anda kelak bisa berjalan sesuai dengan keinginan dan menguntungkan bagi Anda.

You cannot copy content of this page