Home Bisnis UKM Mengenal SEO dan SEM

Mengenal SEO dan SEM

0
0

bisnisumkmonline.com – Search Engine Optimization(SEO) dan Search Engine Marketing(SEM) merupakan dua konsep yang sangat penting dalam dunia pemasaran digital atau online.

Sesuai dengan namanya, baik SEO maupun SEM sama-sama memiliki fungsi untuk meningkatkan visibilitas suatu produk yang menggunakan media mesin pencari.

Meskipun begitu terdapat perbedaan mendasar dalam pengaplikasian keduanya dalam pemasaran digital.

SEO atau Search Engine Optimization merupakan teknik pemasaran online yang bersifat organik alias lebih banyak menggunakan prinsip yang berjenjang untuk bisa menampilkan suatu halaman.

Sementara SEM merupakan teknik pemasaran anorganik yang berfokus pada pembelanjaan slot iklan di halaman pertama sebuah mesin pencari.

Berdasar dari perbedaan tersebut, SEO dan SEM dapat memberi dampak yang berbeda dalam upaya pemasaran.

Mengenal SEO dan SEM

Seperti yang dijelaskan di atas, SEO merupakan teknik optimisasi sebuah konten pemasaran yang dalam hal ini adalah laman website.

Teknik SEO sendiri lebih banyak berfokus pada aktivitas-aktivitas penyesuaian-penyesuaian dari komponen website untuk bisa mencapai peringkat tertentu dari mesin pencari.

Berbagai aktivitas yang termasuk ke dalam penerapan SEO dapat berupa optimalisasi kata kunci, pemilihan konten yang relevan, hingga pemanfaatan deskripsi website.

Aktivitas-aktivitas SEO ini terangkum dalam dua jenis yaitu SEO on-page dan SEO off-page.

Cara kerja SEO adalah dengan memaksimalkan preferensi dari algoritma mesin pencari yang ditugaskan untuk menampilkan informasi yang dianggap paling bermanfaat untuk ditampilkan di laman pertama.

Untuk dapat menggunakan SEO secara maksimal, ada beberapa hal yang harus diketahui oleh para pemasar dan pebisnis online.

Salah satunya adalah preferensi algoritma yang selalu berubah-ubah dalam beberapa kurun tertentu.

Perubahan algoritma mesin pencari ini sebenarnya dilakukan untuk meminimalkan kesalahan pembacaan dari elemen website.

Pada masa lampau kelemahan algoritma mesin pencari banyak dieksploitasi dengan teknik yang disebut dengan Black SEO.

Black SEO merupakan teknik yang berfokus untuk memanipulasi komponen website agar dapat diindeks oleh algoritma sebagai peringkat pertama.

Umumnya aktivitas SEO tidak memakan biaya besar namun dibutuhkan ketelitian dalam melakukan riset.

SEM atau Search Engine Marketing.

Sesuai dengan namanya, Search Engine Marketing adalah aktivitas pemasaran suatu konten yang ditempatkan di mesin pencari.

Untuk melaksanakan aktivitas SEM, biasanya para pemasar memanfaatkan beberapa perangkat lunak seperti perangkat analytic, back-end, hingga perangkat lunak locator.

Beberapa aktivitas yang masuk ke dalam Search Engine Marketing antara lain aplikasi Pay per Click dan Google Ads.

Praktiknya, website yang berasal dari SEM pada praktiknya juga muncul di indeks peringkat yang dioptimalisasi melalui SEO.

Karena bersifat berbayar, SEM biasanya memberikan kebebasan bagi para pemasar dan pebisnis online untuk menyampaikan muatan iklan yang dimuatnya.

Biasanya teknik SEM ini banyak digunakan oleh para pebisnis yang memiliki budget besar.

Karena kemiripan kedua fungsinya , para ahli internet terkadang mengelompokkan SEO ke dalam bagian dari SEM.

baca juga

    Mengenal Manfaat SEO dan SEM untuk pemasaran digital

    Karena memiliki perbedaan mendasar, kedua teknik ini dapat memberikan hasil dan parameter yang berbeda untuk mengukur keefektifan pemasaran.

    SEO biasanya digunakan untuk menjadi halaman pembuka yang bekerja dengan menarik pengguna mesin pencari untuk berkunjung.

    Karena berfungsi sebagai halaman pembuka atau umpan, konten-konten yang dihasilkan dari SEO biasanya memiliki isi yang panjang lebar menerangkan judul yang digunakan.

    Tidak jarang pula konten yang menggunakan teknik SEO juga mengedepankan pendekatan emosional yang merupakan salah satu teknik pemasaran yanbg terkenal dengan nama neuromarketing.

    dari menggunakan SEO, manfaat yang bisa didapat oleh pebisnis dan pemasar  online antara lain tidak begitu menguras anggaran hingga membantu branding dari segi kredibilitas.

    Hanya saja dibutuhkan konsistensi untuk mempertahankan status indeks dari website yang dimiliki.

    Berbeda dengan SEO yang difokuskan untuk meningkatkan segi branding, SEM biasa digunakan untuk memperkenalkan sebuah website yang baru diluncurkan.

    Karena bersifat layaknya sebuah iklan , SEM banyak dimanfaatkan untuk mengedukasi publik mengenai produk atau layanan jasa tertentu kepada publik secara praktis.

    Selain memiliki tingkat visibilitas yang lebih baik dibandingkan dengan mengandalkan SEO, para pemasar juga dapat mengatur waktu penayangan dan kata kunci yang dipakai dengan lebih fleksibel.

    Namun apabila SEM terlalu banyak digunakan, dampak negatif yang timbul dapat berupa hilangnya strategi konten karena terbiasa melakukan hard marketing.

    baca juga

      Menggunakan SEO dan SEM dengan efektif

      Kunci dari optimalisasi SEO dan SEM dalam dunia pemasaran digital terletak dari kualitas riset yang digunakan.

      Untuk mendapatkan hasil SEO yang optimal sangat tergantung dengan kualitas riset kata kunci yang digunakan untuk mendukung tingkat visibilitas dari website yang ditarget.

      Parameternya, semakin populer kata kunci yang dipakai maka peluang sebuah website untuk tampil di laman utama akan semakin besar.

      Sementara keefektifan SEM bergantung kepada anggaran yang disediakan.

      Sebagai contoh , Google sebagai perusahaan penyedia platform iklan untuk SEM menerapkan Google Adword’s Quality Score untuk mengindeks iklan SEM yang memperoleh peringkat terbaik.

      Untuk memberi hasil yang paling relevan bagi pengguna, Google adword’s Quality Score lebih memprioritaskan kesesuaian kueri dengan konten yang diiklankan.

      Dampaknya, meskipun suatu konten iklan memiliki budget yang lebih besar namun apabila tidak ditopang Quality Score yang memadai, sulit untuk mendapat posisi teratas dalam indeks.

      baca juga

        Menggabungkan SEO dan SEM

        Dibalik fungsi dan dampak yang diberikan oleh kedua teknik pemasaran digital ini, keduanya dapat saling melengkapi.

        Untuk dapat mengukur kinerja dari kombinasi keduanya, salah seorang pemasar digital yaitu Victor Endoh menyarankan untuk mengukur parameter yang jelas.

        Selain parameter yang biasanya diukur dengan angka numerik, ada beberapa hal yang bisa diterapkan untuk menghasilkan SEO dan SEM yang luar biasa

        Karena keduanya digunakan untuk menjaring interaksi dengan konsumen sebagai manusia, membangun marketing persona menjadi hal yang sangat krusial.

        Marketing Persona secara literal dapat diartikan bagaimana para pemasar dan pebisnis online mengenal betul segmen dan identitas konsumen yang dituju.

        Dengan demikian menjadi penting untuk menonjolkan nilai-nilai emosional dalam suatu konten.