Perkembangan Bisnis UKM Busana Muslimah di Indonesia

Byundercover

Perkembangan Bisnis UKM Busana Muslimah di Indonesia

bisnisumkmonline.com – Menjadi negara dengan mayoritas umat muslim di dunia menjadikan Indonesia pasar yang sangat bagus untuk memasarkan pakaian muslim dan busana muslim. Perkembangannya pun semakin hari semakin bagus saja. Pasar muslimah dianggap sangat menguntungkan banyak pihak, terutama masyarakat Indonesia.

Pakaian muslimah merupakan pakaian yang dibuat untuk mereka yang beragama muslim dan dibuat sesuai dengan kaidah islam. Pakaian ini diutamakan untuk para wanita, dimana mereka harus menutup aurat dari kepala hingga bagian kaki, dan hanya boleh terlihat telapak tangan dan wajah saja. Dulu pakaian muslimah dianggap menyeramkan dan juga membosankan. Namun seiring jalannya waktu, masyarakat kita menciptakan pakaian muslim yang bervariasi dan bahkan menjadi pelopor pakaian muslim modern.

Perkembangan Bisnis UKM Busana Muslimah di Indonesia

Pro dan Kontra Pakaian Muslim

Meskipun awalnya sempat timbul pro dan kontra namun pakaian muslim juga akhirnya bisa berjaya dan juga menjadi trend tersendiri. UKM sendiri membantu mengembangkan pakaian muslim modern ke jalan yang lebih cerah lagi. Meskipun kontra datang silih berganti, seperti halnya pakaian muslim modern tetap menampilkan aurat, terlalu ketat, menampilkan warna yang mencolok, terlalu mewah dan lainnya. Karena menurut yang seharusnya pakaian muslim tidak terlalu mencolok dan juga berpenampilan terlalu menarik perhatian.

Banyak Potensi, Harus Sejalan dengan Modal

UKM Busana muslim terbilang kreatif dalam memanfaatkan unsur budaya dan agama yang ada di Indonesia. Hanya saja memang butuh bantuan pemasaran dan juga pendanaan. Pakar Ekonomi Islam, Didin Hafidhuddin mengatakan bahwa ada tiga isu besar di kalangan kaum muslim global diantaranya produk yang halal khususnya makanan, ekonomi syariah yang sesuai dengan aturan islam dan terakhir tentunya pakaian muslim yang dianjurkan sesuai dengan ketentuan islam. Ketiga isu ini membantu Bisnis UMKM yang memproduksi pakaian muslimah mulai bisa berkembang dan juga maju.

Namun ada kendala yang dibilang cukup besar, dimana pendanaan memang kurang memadai untuk UKM ini, sehingga tentunya beberapa orang sering mengurungkan niat dan keinginan untuk memulai bisnis UKM atau usaha busana muslim akibat sedikitnya donatur yang memberikan sumbangan dana UKM. Peluang untuk memajukan usaha kecil menengah UKM untuk membuat produk yang dibutuhkan dan memasarkannya. Didin yakin pemerintah sudah tahu pasar dan prospek produk seperti ini. Perkembangan UKM sendiri termasuk yang maju diantara usaha besar lainnya. Masyarakat bisa memanfaatkan budaya konsumtif dengan potensi penjualan produk yang mulai maju.

baca juga KISAH KANTIN MAKAN INI, MENUNJUKKAN TEKAD BRAND YANG KUAT

Memikat Dunia Ekspor

Setelah sukses menguasai pasar di Indonesia, pemerintah mencoba membantu UKM untuk bisa melebarkan sayap penjualannya keluar negeri, yakni dibuat untuk ekspor. Industri UKM nyatanya sekarang sudah merambah ke Arab Saudi dan juga Timur Tengah. Banyaknya masyarakat disana yang beragama muslim juga memudahkan kita dalam mengekspor pakaian atau produk UKM. Dalam kunjungan Rumahnya Koperasi dan UMKM beberapa waktu lalu, Gubernur Otoritas UKM Kerajaan Arab Saudi, Ghsaan Alsuliman mengakui bahwa beliau benar-benar tertarik dengan gaya yang berbeda dan berani tampil kreatif untuk busana muslim. Selain itu, kunjungan besar tersebut banyak menghasilkan perjanjian dan kerjasama yang tentunya akan berdampak pada penjualan barang muslimah dengan golongan UKM sekalipun.

Deretan Desainer Busana Muslimah UKM Terbaru

Ternyata tak hanya butik besar yang memiliki deretan desainer ternama yang berhasil membuat pakaian muslim yang tak kalah kreatif dan juga sangat bagus. Ketiga belas desainer tersebut memamerkan pakaiannya di UKM gallery yang bisa dilihat dengan berbagai harga. Tema dan tipe dari masing-masing desain pakaian tersebut juga berbeda, maka anda bisa menyesuaikanya sesuai selera anda. Dengan adanya deretan desainer ini tentu menginspirasi banyak UKM baru yang baru mau memulai usaha untuk berani maju dan mencoba.

Harga Beragam

Sama halnya seperti pakaian biasanya, pakaian muslim memiliki harga yang beragam mulai dari mahal hingga yang murah. Namun tentu dibandingkan pakaian biasanya, beberapa orang mengatakan bahwa pakaian muslim lebih tinggi. Mungkin karena penggunaan bahan yang lebih banyak, proses menjahit yang lebih rumit dibanding pakaian biasa dan tentu pemilihan bahan. Karena di Indonesia sendiri memiliki iklim tropis, maka udara cukup panas dan lembab yang mengharuskan para pelaku UKM pakaian muslimah menggunakan jenis bahan yang adem, namun juga tidak membentuk tubuh dan menerawang.

Perkembangan Bisnis UKM Busana Muslimah di Indonesia Dengan begitu pakaian muslimah menjadi lebih mahal. Semakin mahal harganya biasanya jenis bahannya semakin dingin dan juga bagus serta bentuk pakaian yang semakin trendi dan berbeda. Sekarang ini sudah tidak jarang menemukan pakaian muslimah di deretan gaun mahal dan juga berkualitas. Jangan takut tidak kebagian pakaian muslim yang keren meskipun hasil UKM.

Perkembangan Bisnis UKM Busana Muslimah di Indonesia

 

Tips Ingin Memulai Bisnis UKM Busana Muslimah

Jika anda ingin memulai bisnis UKM dengan kategori busana muslimah, ada beberapa hal yang bisa dilakukan diantaranya :

  1. Rencana

Rencana merupakan hal pertama yang harus anda buat agar usaha tersebut jelas tujuan dan keinginanya. Misalnya anda memiliki rencana untuk membuat UKM busana muslimah namun untuk anak-anak atau khusus anak. Dari sana anda tinggal mengembangkan apa saja rencana, seperti apa tokonya, pakaian yang dibutuhkan seperti apa, berapa anggaran atau modal yang keluar dan lainnya. Jika ingin mendesain sendiri maka desain apa yang cocok untuk melambangkan pakaian anda dan menjadi ciri khas tersendiri pakaian anda. Jangan lupa, bahwa rencana merupakan patokan yang bisa anda lihat untuk memulai bisnis UKM tersebut. Walaupun nantinya akan melenceng atau tidak sesuai dengan rencana awal yang sudah dibuat, setidaknya anda sudah memiliki patokan atau rel yang mengarahkan anda lebih tepat. Agar tidak salah langkah dalam memulainya.

  1. Modal

Modal merupakan hal pertama yang harus anda siapkan dan ada dalam rencana usaha anda. Dimana modal merupakan kunci agar usaha bisa berdiri dan juga sukses. Untuk ukuran UKM, anda tidak perlu khawatir karena banyak sekali lembaga yang menyediakan pinjaman dan modal usaha yang sangat ringan bunganya tanpa harus anda khawatirkan. Selama usaha anda memang benar-benar, maka modal bukan jadi masalah. Lebih baik lagi jika anda memang memiliki uang sendiri untuk mengisi modal usaha busana muslimah anda.

  1. Informasi Update

Jika anda menjual atau membuat pakaian muslimah, atau yang berkaitan dengan produk pembuatan yang digunakan manusia maka anda harus rajin mencari informasi dan sejenisnya. Dimana semakin update atau tepat anda dalam membuat sebuah pakaian dan juga menghasilkan produk yang kreatif, maka akan semakin disukai oleh para pembeli dan konsumen.

Anda juga jangan takut untuk mencoba membuat produk sendiri dari informasi dan referensi yang anda dapatkan, asal jangan menggunakan produk orang dan mencatutnya busana muslim anda akan banyak disukai para konsumen. Namun umumnya, ciri khas dari para pelaku UKM adalah menghasilkan produk yang unik, misalnya untuk busana muslimah yakni pakaian gamis yang bentuknya berbeda, kaftan, abaya dan lainnya. Bahkan hingga kerudung sekalipun perlu desain yang berbeda agar semakin handal dalam menguasai pasar.

  1. Modal Kecil Atau Saingan Jangan Menghambat

Namanya bisnis maka anda harus merasakan yang namanya proses dan kesulitan terlebih dahulu. Jangan terpaku pada hal seperti modal yang kecil dan juga hal seperti saingan yang banyak, cobalah untuk menjadi diri sendiri, terus belajar dan juga menggali potensi usaha anda. Persaingan memang banyak namun berbeda dengan makanan yang pasti disukai masyarakat untuk pasaran masyarakat memang anda harus bersusah payah.

  1. Promosi Kerahkan

Terakhir yakni senjata para pedagang untuk bisa menjual produk mereka, dimana anda harus bisa memilah promosi yang tepat untuk menjual produk dari bisnis anda. Terutama jika anda berbisnis UKM, jangan takut untuk mempromosikan dan mengikuti berbagai pameran. Tampilkan produk atau hasil UKM anda dengan kategori busana muslimah, dari sana pakaian atau produk anda akan mendapatkan tempat di pasar. Pengusaha UKM sukses yang sebelumnya merintis usaha dari bawahpun mengatakan bahwa promosi dan jangan malas dalam mengikuti berbagai promo produk khusus UKM membawa mereka bisa berjaya dengan brand muslimah masing-masing.

baca juga BiSnis Kopi Ala Bisnis UMKM Indonesia

Kendala yang Akan Datang

Akan ada beberapa kendala yang datang jika anda memilih bisnis UKM busana muslimah, diantaranya :

  • Persaingan Tinggi

Tren memang memunculkan banyak sekali pengusaha dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika anda memilih bisnis UKM dengan menjual busana muslimah, kendala pertama yakni adanya persaingan yang sangat tinggi. Selain karena banyak penjual banyak juga desainer, pengusaha yang menjual brand alias merek mereka menggunakan busana muslimah. Terutama perusahaan besar yang sudah tahu bahwa busana muslimah memiliki potensial untuk menarik pasar sehingga mereka tak luput dalam memproduksi busana muslimah. Anda sebagai pebisnis UKM haruslah berusaha semaksimal mungkin dan cari strategi yang paling tepat untuk menjual produk anda.

  • Tak Hanya Untung, Tapi Rugi

Bisnis bisa mendatangkan untung,normal bahkan merugi, begitupun jika usaha atau bisnis UKM busana muslimah. Anda akan merasakan kesulitan yang berarti bahkan hingga merugi. Pakaian muslim yang anda jual haruslah sesuai dengan tren yang ada, jika tidak maka jualah pakaian yang “out of the box” alias unik dan berbeda dengan lainnya. Namun jika ingin mengikuti tren ketika produk tidak terjual semua dan tren sudah berganti maka anda harus mengikuti pergantian tersebut tanpa memikirkan sisa stok atau produk di toko anda. Jika bisnis UKM anda membuat produk mandiri, anda juga tidak bisa terlalu jauh dari tren karena akan sulit masuk ke pasaran.

  • Hanya Satu Sasaran

Busana muslim sudah jelas digunakan oleh umat muslim yang memang membutuhkan. Hal ini juga bisa menjadi hambatan yang berarti, karena jika anda menjual di daerah Bali yang notabene menganut agama Hindhu maka akan sulit menjual produk tersebut. Walaupun Indonesia mayoritas umat muslim namun beberapa daerah memiliki perbedaan agama dan juga ras. Sudah jelas anda tidak bisa berekspektasi tinggi kecuali anda memang mengekspornya ke negara lain. Busana muslim juga hanya diperuntukan satu sisi alias satu tujuan saja namun tidak dapat menjual universal.

Terlepas dari perkembangan dan bagaimana bisnis UKM muslimah berselancar di pasaran, anda yang ingin mencoba jangan dulu mundur karena berbagai kendala yang dilihat. Namun coba buat dan keluar dari zona nyaman anda. Perkembangan Bisnis UKM Busana Muslimah di Indonesia

About the author

undercover administrator