Raup Ratusan Juta dari Bisnis Kerang

Byundercover

Raup Ratusan Juta dari Bisnis Kerang

bisnisumkmonline.com – Perjuangan tidaklah instan. Itu yang dibuktikan Suwarni, pemilik UD Mutiara Kerang. Usaha yang bergerak dalam mengolah kerajinan berbahan kulit kerang itu dirintis sejak 20 tahun lalu. Perjalanan yang panjang telah dilalui. Hingga kini, usaha yang didirikan Suwarni bersama sang suami, Syamsul itu mulai menunjukkan hasil. Tak kurang dari ratusan juta rupiah berhasil ia raup. Seperti apa perjalanannya?

Suwarni tak pernah menyangka, usaha yang dia dirikan pada dua dekade lalu mampu bertahan hingga saat ini. Ide awalnya hanya sederhana. Rumahnya yang berdekatan dengan pantai membuatnya tak asing dengan banyaknya kerang. Ia bersama suami pun berpikiran untuk mengolah limbah kulit kerang menjadi berbagai kerajinan yang beraneka ragam. Mulai dari bros, kotak tisu, gelang, gantungan kunci, dan sebagainya.

Untuk memasarkan hasil karyanya, Suwarni memiliki toko sekaligus ruang pamer di dekat pantai Camplong, tepatnya di Jl. Raya Taddan, Camplong, Sampang, Jawa Timur.

Ia juga kerap dibantu pemerintah mengikuti pameran di berbagai tempat, salah satunya dalam event pameran Hari Keluarga Nasional tahun 2016 tingkat Provinsi Jawa Timur di Lamongan. Pameran yang digelar pada 20 Juli 2016 itu menjadi kesempatan Suwarni untuk unjuk gigi. Ia pun tak segan turun langsung meladeni para pembeli. Bahkan, jika calon pembeli hanya bertanya harga, ia pun menjawab dengan ramah.

Raup Ratusan Juta dari Bisnis Kerang

Raup Ratusan Juta dari Bisnis Kerang

Di sela-sela kesibukannya melayani pembeli, Suwarni yang juga akrab disapa Bu Syamsul ini menceritakan perjalanan usahanya. Jika dulu ia bersama suami yang mengerjakan produksi sendiri, kini ia mampu menggaji lima orang pegawai. Bahkan, mesin yang awalnya hanya punya satu, kini telah berkembang menjadi tujuh mesin untuk grenda, dan beberapa mesin pengeplong. Ia bersyukur mampu mengembangkan usaha hingga seperti saat ini.

baca juga begini-cara-benar-promosi-online-untuk-pebisnis/

Raup Ratusan Juta dari Bisnis Kerang Salah satu pihak yang sangat membantu eksistensi usahanya adalah Pemkab Sampang. Pemerintah mempunyai peran besar dalam melakukan pembinaan dan memberikan akses pameran. Selain mengikuti pameran di Lamongan, ia juga kerap diajak pameran di Jakarta, Jambi, Denpasar, dan daerah lain. Suwarni senang mengikuti pameran demi pameran. Karena pameran menjadi ajang pengenalan produknya kepada khalayak yang lebih luas.

Selain membuka toko dan mengikuti pameran, Suwarni juga rutin mengirim produknya ke berbagai daerah. Di antaranya wisata Telaga Sarangan di Magetan, Jawa Timur, Pangandaran di Jawa Barat. Ia juga sering mengirim produknya ke Kalimantan dan Batam. Dari semua cara pemasaran produk tersebut, Suwarni mampu meraih omset hingga Rp 150 juta. Omset ini naik drastis ketika musim lebaran.

Ia kemudian menjelaskan detail pendapatannya di daerah saat lebaran tahun ini. Di Pangandaran, Rp 75 juta, di Jatijajar Rp 50 juta, di Telaga Sarangan Rp 100 juta. “Waktu lebaran kemarin dapat Rp 225 juta dalam seminggu,” katanya. Omset yang cukup besar untuk UKM seperti Mutiara Kerang. Meski demikian, Suwarni tetap bertahan dalam kesederhanaan. Ia sama sekali tidak menampakkan gaya hidup glamour.

Untuk dapat bertahan hingga 20 tahun, Suwarni membuka rahasianya. Ia selalu berusaha menjaga kualitas produk. Untuk lem, benang, dan bahan baku lain dipilih yang berkualitas bagus.

Terbukti, dalam pengiriman ke luar pulau pun, barang yang dikirimnya masih mulus tanpa cacat. Meski kualitas terjaga, namun, harganya masih sangat terjangkau. Barang-barang produksi Mutiara Kerang dibanderol dari Rp 2 ribuan untuk bros atau gantungan kunci berukuran kecil, hingga Rp 750 ribu untuk pajangan dari kerang berukuran besar.

Raup Ratusan Juta dari Bisnis Kerang

Raup Ratusan Juta dari Bisnis Kerang

“Produk kami dibawa ke Batam pakai pesawat barangnya tidak ada yang pecah. Itu karena kami selalu memakai kualitas bahan baku terbaik.

baca juga dari-sentra-handicraft-menjadi-desa-produktif-nasional/

Dalam menjalankan usahanya, Suwarni masih menemui kendala bahan baku. Selama ini bahan baku dia peroleh dari Sampang, Sumatera, Sulawesi, dan dari daerah-daerah lainnya di Pulau Jawa. Bahan baku yang diperolehnya hanya dalam jumlah terbatas. Karena itulah untuk sementara ia memilih untuk berfokus pada pasar yang ada, bukan membuka cabang di tempat lain.

“Kalau mau buka cabang, sepertinya belum. Sekarang saja saya masih kewalahan memenuhi permintaan,” katanya. Ke depan, Suwarni berharap agar usaha yang dirintisnya dapat lebih lancar dan lebih sukses di kemudian hari. Sehingga pendapatan yang diperoleh pun semakin banyak. Raup Ratusan Juta dari Bisnis Kerang

 

Data Usaha:

Nama Usaha       : Mutiara Kerang

Pemilik                 : Suwarni dan Syamsul

Alamat                 : Jl. Raya Taddan Camplong, Sampang

Tlp                          : 081357222677

 

About the author

undercover administrator