Ruangguru Vs Haruka Edu

bisnisumkmonline.com/ – Ketika masa pandemi seperti ini kegiatan belajar mengajar sangat sulit diterapkan dengan baik dan tidak optimal.

Banyak siswa yang sulit memahami pelajaran sekolah yang diberikan karena kurangnya jumlah tatap muka dengan para pengajar di sekolah membuat banyak siswa sulit memahami pelajaran.

Untuk itu dalam kegiatan pandemic seperti ini sangat dibutuhkan menggunakan bantuan layanan aplikasi yang menunjang pembelajaran para murid sekolah.

Aplikasi-aplikasi ini merupakan bagian dari startup yang bergerak dalam bidang pendidikan dengan jenis aplikasi yang sangat beragam.

Antara Ruangguru Dan Haruka Edu, Mana Startup Yang Lebih Bagus Dalam Bidang Pendidikan ?

Diantaranya ada aplikasi Ruangguru dan HarukaEdu  yang  sama-sama sering menjadi pertimbangan para siswa untuk digunakan sebagai bantuan  dalam  kegiatan belajar  mereka.

Namun, terkadang masih ada saja para siswa dan orangtua yang  masih  bingung untuk menggunakan jenis aplikasi yang mana dan yang sesuai untuk digunakan oleh anaknya.

Untuk itu dibawah ini kami berikan penjelasan lebih detail dan perbandingan mendalam mengenai kedua aplikasi ini yaitu Ruangguru dan HarukaEdu.

HarukaEdu

Apa Itu Ruangguru Dan HarukaEdu ?

Ruangguru

Ruangguru merupakan jenis aplikasi yang bergerak dalam bidang pendidikan yang menyediakan layanan kelas virtual, playform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace, les privat, serta konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui website ataupun aplikasinya.

Ruangguru sendiri berdiri pada tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman dimana keduanya berhasil masuk kedalam jajaran pengusaha sukses di bawah 30 tahun melalui Forbes 30 under 30 dalam sector teknologi konsumen di Asia.

Ruangguru telah mendapatkan kepercayaan hampir seluruh masyarakat Indonesia yang terbukti banyaknya siswa di Indonesia yang sudah berlangganan menggunakan aplikasi ini. Ruangguru telah bermitra dengan 32 pemerintah provinsi di Indonesia dan 326 pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia loh.

HarukaEdu

HarukaEdu merupakan salah satu startup yang juga bergerak dalam bidang pendidikan namun memiliki keunggulan yang berbeda dibandingkan Ruangguru. HarukaEdu merupakan aplikasi yang menyediakan layanan dalam bidang pendidikan dan

HarukaEdu sendiri didirikan pada tahun 2013 oleh professional sekaligus akademisi dengan idealism yang sama. HarukaEdu memberikan pelayanan dalam bentuk pengajaran dan pelatihan kepada para siswa di Indonesia.

HarukaEdu juga menawarkan untuk penggunaan pada institusi untuk jenis pembelajaran seperti pengembangan sistem IT, konten nline, pusat bantuan, operasional, hingga rekrutmen mahasiswa dan dosen. HarukaEdu menyediakan pelatihan kepada para karyawannya tanpa terkendala jarak dan waktu melalui online learning.

Perbandingan Ruangguru Dan HarukaEdu

Meskipun kedua aplikasi ini sama-sama bergerak dalam bidang pendidikan namun baik aplikasi Ruangguru dan HarukaEdu sama-sama memiliki keunggulan dan ciri khasnya masing-masing yang membuat mereka tampak berbeda.

Berikut beberapa perbandingan yang bisa kamu lihat sebelum berlangganan menggunakan kedua aplikasi ini :

Perbandingan sistem layanan tambahan yang diberikan

Dalam aplikasi Ruangguru menyediakan pelayanan utama berupa penyediaan pembelajaran dalam bentuk materi ataupun video kepada para siswanya dan kegiatan konsultasi yang dapat dilakukan oleh siswa kepada para pengajar mereka.

Layanan tambahan yang diberikan aplikasi Ruangguru kepada para penggunanya adalah tersedianya marketplace dan les privat. Sedangkan pada aplikasi HarukaEdu juga menyediakan layanan tambahan kepada para karyawannya yang dinamakan dengan CorporateEDU melalui online learning.

Jika dilihat dari tawaran layanan tambahan yang diberikan maka keduanya sama-sama memiliki keunggulan pada masing-masing bidang layanan yang mereka berikan. Namun, pada dasarnya layanan tambahan yang bermanfaat dapat dilihat pada aplikasi HarukaEDU dimana pelayanan tambahan yang mereka berikan berupa pelatihan kepada para karyawannya.

Perbandingan ukuran aplikasi

Aplikasi Ruangguru dirancang dengan besar ukuran 75 MB yang cukup besar untuk digunakan pada perangkat tautan android dan sedikit menguras ruang penyimpanan pengguna. sedangkan aplikasi HarukaEdu disediakan dengan ukuran aplikasi sebesar 29 MB saja yang jauh lebih kecil dibandingkan aplikasi Ruangguru.

Jika dilihat dari perbedaan ukuran aplikasi yang ditawaran maka aplikasi HarukaEdu memiliki ukuran aplikasi yang berukuran lebih kecil dibandingkan rivalnya. Keunggulan ini bisa dimanfaatkan oleh pengguna sebelum mengunduh aplikasi ini pada perangkat tautan pengguna karena bisa menghemat ruang penyimpanan ada masing-masing perangkat pengguna.

Perbandingan fitur yang disediakan

Aplikasi Ruangguru dilengkapi dengan beberapa fitur diantaranya meliputi fitur produk, desktop, ruangbaca, promo, beasiswa, kompetisi sains, dan layanan. Sedangkan pada aplikasi HarukaEdu fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi meliputi Tracking, Live session, Forum discussion, Online materials, Schedule, Notification.

Jika dilihat dari tampilan fitur-fitur yang disediakan dalam aplikasi maka kedua aplikasi sama-sama memiliki keunggulan tersendiri yang dapat kamu gunakan sesuai dengan kebutuhanmu.

Perbandingan rating ulasan pengguna

Pada aplikasi Ruangguru jika dilihat dari rating ulasan pengguna android maka aplikasi Ruangguru sudah mendapatkan rating yang cukup bagus sebesar 4,5 bintang. Sedangkan pada aplikasi HarukaEDU pada rating ulasan pengguna android mendapatkan rating pengguna sebesar 4,2 bintang saja.

Jika dilihat dari perbandingan rating ulasan para pengguna maka aplikasi Ruangguru memiliki keunggulan lebih dibandingkan aplikasi HarukaEDU yang hanya mendapatkan bintang lebih sedikit dibawah Ruangguru.

Manfaat Menggunakan Startup Dalam Bidang Pendidikan

Dengan adanya berbagai macam startup yang sudah tersedia pada masa sekarang ini tentunya membawa banyak dampak yang positif bagi kehidupan manusia terutama pada masa pandemic seperti sekarang ini. Salah satunya kegiatan belajar mengajar menjadi sedikit terbantu dengan adanya aplikasi yang bergerak dalam bidang pendidikan pada masa sekarang ini.

Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dpaatkan dengan menggunakan aplikasi startup yang bergera dalam bidang pendidikan yakni :

  1. Lebih mudah digunakan

Dengan menggunakan aplikasi saja maka kegiatan belajar dan memahami materi sekolah menjadi lebih mudah dipahami karena hanya dengan menggunakan aplikasi saja kegiatan belajar bisa dilakukan di tempat mana saja dan kapan saja secara bebas.

  • Lebih mudah memahami materi

Materi yang disajikan pada suatu aplikasi startup yang bergerak dalam bidang pendidikan biasanya lebih bervariasi dan atraktif sehingga para siswa akan lebih mudah memahami materi dan tidak ragu untuk berkonsultasi apabila masih ada materi yang kurang dipahami.

  • Menghemat uang

Dengan menggunakan aplikasi ini maka kamu bisa menghemat uang kamu dalam bidang pembelajaran tambahan. Dengan aplikasi ini biasanya harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan belajar pada bibisnisumkmonline.com/ngan belajar pada lembaga tertentu yang terkadang menguras biaya dan waktu.

Berbeda dengan menggunakan aplikasi startup yang bergerak dalam bidang pendidikan maka harga yang ditawarkan jauh lebih murah untuk biaya berlangganan hampir setahunnya. Pembelajarannya juga dilakukan dengan mudah dan aman tanpa keluar rumah.

baca juga

Jadi semua jenis aplikasi startup yang bergerak dalam bidang pendidikan di Indonesia pada dasarnya semua sama-sama memberikan banyak manfaat bagi para siswa di Indonesia namun, terkadang terdapat beberapa perbedaan dalam penyediaan layanan maupun fitur yang disajikan.

Untuk itu bagi kamu para siswa yang ingin mencoba menggunakan aplikasi ini dan bingung ingin menggunakan aplikasi yang mana maka kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhanmu dan biaya berlangganan yang sesuai dengan yang kamu inginkan.

Leave a Comment

error: Content is protected !!