Start up Karsa Farm

Start up Karsa Farm , Startup Pertanian dan Peternakan Dengan  Good Agricultural Practices

Era yang semakin maju membawa perubahan besar pada tatanan kehidupan. Kini, seiring dengan berubahnya trend dunia, profesi petani dan peternak mulai tergeser secara perlahan. para penerus generasi sibuk mengurusi urusan dalam dunia digital.

Padahal bertani dan berternak merupakan suatu bentuk investasi yang menjanjikan. Hal inilah yang ingin dibuktikan oleh Karsafarm. Sebuah perusahaan startup yang bergerak dalam sektor pertanian dan peternakan.

 

Mengenal Start up Karsa Farm , Perusahaan Peternakan dan Pertanian

Karsafarm atau perusahaan PT. Karsa Tani Sejahtera merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pertanian dan peternakan. Karsafarm yang baru berdiri pada tahun 2020, memiliki visi ingin memberikan dampak sosial ekonomi yang positif bagi masyarakat.

Misi dari perusahaan Karsafarm yakni mengembangkan produk-produk yang memiliki kualitas unggul dari hasil pertanian dan peternakan serta memiliki daya saing yang tinggi.

Dengan visi serta misi tersebut, perusahaan Karsafarm bertekad untuk ikut andil dalam program Food Estate yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia. Program Food Estate merupakan program yang membutuhkan peran besar dari masyarakat serta pihak swasta yang berkecimpung dalam dunia pertanian dan peternakan seperti halnya perusahaan  Karsafarm.

Kehadiran Karsafarm sebagai bentuk mempertahankan pangan untuk di masa depan.  Badan pangan dunia (FAO) memperkirakan bahwa populasi dunia akan terus meningkat hingga 9,1 miliar jiwa pada tahun 2050. Maka dari itu, dunia juga harus menyeimbangi dengan meningkatkan produksi pangan hingga 70%.

Start up Karsa Farm

Namun, dalam menjalankan upaya produksi pangan tersebut, ada berbagai kendala yang dihadapi. Seperti pertumbuhan penduduk yang cepat, migrasi dari pedesaan ke perkotaan, tidak merata dalam distribusi lahan, lahan pertanian yang menyusut, serta degradasi lahan yang meluas.

Aktivitas utama dari perusahaan Karsafarm yakni bergerak dalam sektor pertanian dan peternakan hewan ruminisia terutama sapi dan kambing. Adapun dalam sektor pertanian, Karsafrarm mengembangkan tanaman padi dan perkebunan salak.

Karsafarm berlokasi di Dusun Krandengan, Desa Pagerpelah, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara. Lokasi ini merupakan lokasi strategis untuk menembangkan peternakan hewan ruminansia serta suburnya tanaman pertanian yang dijalankan. Tanah yang subur dan sumber daya mausia (SDM) yang tinggi menjadi salah satu penunjang suksesnya pengembangan pertanian serta peternakan dari Karsafarm.

Dalam menjalankan aktivitas utama, Karsafarm menjalin kerjasama (mitra) dengan masyarakat setempat. Hingga saat ini, Karsafarm telah memiliki 14 mitra peternak dan 10 mitra petani. Karsafarm memiliki target akan bekerjasama dengan 100 lebih mitra untuk bisnis peternakan dan pertanian yang dijalankan.    

Karsafarm memiliki lahan seluas lebih dari 5 hektar yang dikelola bersama dengan mitra. Lahan tersebut digunakan sebagai lahan pertanian dan sumber hijauan untuk pakan ternak.

Karsafarm, Mengembangkan Pertanian dan Peternakan yang Ramah Lingkungan

Era yang semakin modern menyebabkan maraknya pembangunan dan modernisasi dalam sektor pertanian dan peternakan yang tidak ramah lingkungan. Hal ini dapat menyebabkan berbagai dampak buruk yang terjadi pada lingkungan. Mulai dari terjadinya perubahan iklim, adanya pencemaran air, hingga perusakan genetika.

Karsafarm hadir untuk memberi solusi terhadap permasalahan pembangunan serta modernisasi dalam bidang pertanian dan peternakan. Dalam mengembangkan produk pertanian dan peternakan, Karsafarm terus melakukan berbagai inovasi dengan mengedepankan pertanian berkelanjutan dengan berpedoman pada good agricultural practices.

Karsafarm  menggunakan metode intensif dalam melakukan pengembangan di sektor peternakan. Dengan menerapkan metode tersebut, Karsafarm berhasil mendapatkan kondisi terbaik dalam hal perkembangan ternak, menurunkan penyakit ternak, serta meningkatkan produktivitas ternak.

Sementara itu, dalam sektor pertanian karsafarm menggunakan dan menerapkan sistem pertanian terintegrasi atau dikenal dengan simatri yang ramah lingkungan. Karsafarm mengintegrasikan antara sektor peternakan dan sektor pertanian.

Dengan penerapan sistem ini, Karsafarm memberi dampak buruk minimal terhadap lingkungan dan hampir nol resiko. Hal ini dikarenakan pupuk yang digunakan merupakan pupuk organik alami yang dibuat memanfaatkan sisa kotoran dari peternakan.

Oleh karena itu, berbagai produk yang dihasilkan oleh perusahaan Karsafarm merupakan produk-produk yang berkualitas. Produk menggunakan bahan-bahan aman dan tidak berbahaya baik bagi tumbuhan, hewan, dan manusia. Tentunya, berbagai produk telah teruji akan kualitas serta lebih menyehatkan.  

Jadi, dengan hadirnya berbagai produk merk Karsafarm, Anda bisa mendapatkan  serta menikmati produk pertanian dan peternakan yang berkualitas ungul di sepanjang tahun.

Start up Karsa Farm

Produk Hasil Peternakan dan Pertanian Perusahaan Karsafarm

Karsafarm memiliki beberapa produk pertanian dan peternakan. Seperti bibit kambing, indukan kambing, kambing potong, dan buah salah. Produk-produk tersebut telah dikembangkan dan dipasarkan kepada masyarakat. Tentunya, produk yang dihasilkan merupakan produk yang aman, inovatif, dan memiliki kualitas tinggi.

 

1.     Bibit kambing

Dalam sektor peternakan, produk pertama Karsafarm yakni bibit kambing. Jenis kambing yang ditawarkan yaitu Jawa Randu dengan jenis kelamin jantan dan betina. Umur bibit kambing yang disediakan Karsafarm yakni mulai 6 bulan hingga 1 tahun. 

2.     Indukan kambing

Karsafarm juga menyediakan indukan kambing untuk tujuan breeding. Jenis kambing yang disediakan yakni jawa randu dengan usia lebih dari 1 tahun.

3.     Kambing potong

Selain dua jenis kambing di atas, Karsafarm menyediakan kambing potong. Adapun usia kambing yang ditawarkan yakni berumur lebih dari 2 tahun. Kambing potong diperuntukkan bagi masyarakat yang memiliki keperluan untuk ibadah qurban, qaiqah, ataupun untuk dikonsumsi sehari-hari. 

 

4.     Buah salak

Dalam sektor perkebunan, produk yang dihasilkan Karsafarm berupa salah pondoh. Karsafar memiliki perkebunan dengan lahan seluas lebih dari 1 hektar. Metode yang diterapkan yaitu metode pertanian organik.

Sehingga, produk salak yang dihasilkan memiliki kualitas yang unggul.  Dalam setiap panen Karsafarm bersama dengan mitra berhasil mendapatkan 10 ton. Adapun masa panen dilakukan setiap sebulan 2 kali.

Selain perkebunan salak, Karsafarm juga sedang mengembangkan pertanian padi dengan varietas Rajalele. Perusahaan bekerja sama dengan masyarakat lokal untuk mengelola lahan pertanian padi tersebut.   

Start up Karsa Farm

Di sektor peternakan, Karsafarm melakukan berbagai aktivitas mulai dari breeding (pembibitan), Rearing (pemeliharaan), dan Fattering (penggemukan).

·         Breeding (Pembibitan)

Perusahaan karsafarm menyediakan produk yang digunakan untuk pemibitan. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan ketersediaan kambing yang berkelanjutan serta. Dengan mennyediakan bibit kambing, perusahaan bertujuan agar para peternak mendapatkan bibit kambing yang berkualitas.

·         Rearing (pemeliharaan)

Dalam melakukan pemeliharaan terhadap kambing, Karsafarm menggunakan sistem pemeliharaan intensif. Dibandingkan dengan pemeliharaan tradisional yang biasa dilakukan masyarakat, sistem intensif terbukti dapat meningkatkan kualitas, performa, serta kesehatan kambing.

·         Fattering (Penggemukan)

Proses meningkatkan bobot kambing dilakukan Karsafarm dengan memberi pakan kambing dengan pakan komplit alami. Sehingga produk kambing yang dihasilkan memiliki kualitas unggul dan daya saing yang tinggi.  

baca juga

    Kontak perusahaan Karsafarm

     Karsafarm memberikan pelayanan dan membantu para pelanggan untuk menemukan produk-produk yang diperjual belikan. Jika Anda ingin memesan produk, mengajukan pertanyaan, atau melakukan pengaduan produk dengan menghubungi Karsafarm melalui emal info @ karsafarm

    Leave a Comment

    error: Content is protected !!