Start up Kelase

Start up Kelase , Kelase Platform Belajar Online , Kelase salah satu startup pendidikan di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2014. Dirancang oleh PT. Edukasi 101, Kelase dikembangkan oleh beberapa orang programer yang didedikasikan untuk lembaga pendidikan formal dan non formal.

Bahkan sejak diluncurkan, Kelase telah digunakan oleh lembaga-lembaga besar, baik oleh pemerintah, swasta, hingga komunitas. Tercatat seperti Kemendikbud, Kemenag, hingga perguruan tinggi, banyak yang sudah menggunakan “Kampus Besar” ini.

Persentasenya sendiri, Kelase sudah digunakan lebih dari 4.000 lembaga, terdiri atas 40% lembaga setingkat SMA. Kemudian 20% lembaga setingkat SMP, Sidanya lembaga non formal, baik itu lembaga bimbingan belajar, pemerintah daerah, Kementerian, hingga lembaga pemerintah pusat, dan berbagai perusahaan.

Kelase sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya adalah kelas. Maksudnya sendiri adalah seperti ruangan kelas di sekolah yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

Adapun visi yang diusung Kelase adalah memperluas akses dan meningkatkan kualitas belajar. Dengan memberikan pembelajaran online yang berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan lokal, dalam hal ini tentu saja masyarakat Indonesia.

Hingga saat ini, Kelase yang tidak saja digunakan di kota-kota besar. Karena sifatnya, Kelase telah dijangkau oleh mereka yang berada di provinsi lain, di antaranya Tual, Maluku juga Serui Papua. Bahkan penggunanya telah mencapai ribuan.

Start up Kelase

Kelase menawarkan layanan gratis dengan versi basic. Sementara bila menggunakan layanan berbayar, maka Anda bisa menggunakan beberapa fitur tambahan.

Tujuan yang sendiri agar memudahkan lembaga-lembaga tersebut untuk memiliki layanan pembelajaran online sendiri. Bisa diartikan bahwa Kelase dibuat untuk menjawab berbagai tantangan bagi para pendidik terhadap beberapa permasalahan.

Kehadiran Kelase merupakan terobosan yang jitu. Di mana sebagai media social mobile learning, Kelase bisa dilakukan secara mandiri, kapan dan di mana saja. Berikut ini adalah alasan mengapa Kelase dibuat.

Start up Kelase

1.     Kelas virtual

Dengan adanya Kelase, bisa membuat setiap pendidik memiliki kelas belajar online yang cenderung praktis, instan dan tentu saja murah. Pendidik juga tidak memerlukan skill IT yang jago, untuk membuat layanan e-learning.

Untuk menyediakan infrastruktur, Kelase juga memungkinkan penggunanya untuk tidak membayar mahal. Sehingga pendidik tidak perlu takut, untuk mencoba layanan ini.

2.     Komunikasi yang Lebih Mudah

Komunikasi antar siswa, pendidik dan orang tua sudah seharusnya berjalan dengan baik. Dengan adanya Kelase, masalah ini bisa teratasi dengan baik.

Di mana semua pihak yang menggunakan aplikasi ini, bisa dengan mudah mendapatkan informasi terkait pembelajaran di sekolah. Dan setiap informasi akan lebih cepat tersampaikan.

Harapannya dengan hardirnya Kelase juga bisa meningkatkan siswa-siswanya dalam belajar. Salah satu fitur menarik yang ada di Kelase ini adalah pemberian lencana pada siswa yang berprestasi.

Fitur Kelase

Pada versi Alpha Kelas, terdapat sejumlah fitur pendukung, di antaranya:

·        Fitur Sosial

Fitur sosial yang terdapat pada Kelase dimaksudkan untuk memudahkan penggunanya untuk berbagi pesan atau pesan. Baik itu di halaman pribadi, kelas maupun sekolah.

Layaknya media sosial pada umumnya, Anda juga bisa memberi komentar, membuat tulisan, hingga memanfaatkan fungsi pertemanan.

·        Fitur Kolaborasi

Berikutnya adalah fitur Kolaborasi yang ditujukan untuk membuat kegiatan bersama.

Fitur Informasi dan Komunikasi

Fitur ketiga yang ditawarkan Kelase adalah fitur Informasi dan Komunikasi. Pada fiturini, penggunanya bisa menerima berita dan memberikan komentar pada setiap berita yang tampil di halaman Sekolah.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengirim serta menerima pesan pribadi, untuk menjaga privasi.

Fitur Fungsi Belajar

Fitur lainnya yang tidak pentingnya adalah Fungsi Belajar. Fitur ini ditujukan untuk membuat dan mengikuti pembelajaran kelas daring.

Berbagai aktivitas akan disajikan mulai dari, tugas, forum diskusi, bacaan atau blog. Kelase juga masih terus menambahkan fitur-fitur lainnya untuk menyempurnakan aplikasi. Perlu Anda ketahui bahwa sejak tahun 2014, Kelase pun telah meluncurkan versi Beta.

Dan salah satu fitur yang sudah ditampilkan adalah fitur Kelase Live Lecture. Pada fitur ini, memungkinkan fasilitator atau pendidik melakukan pembelajaran dalam bentuk siaran langsung. Sehingga tingkat interaksi dengan siswa bisa terjalin dengan lebih baik.

Start up Kelase

Elemen Pengguna Kelase

Berikut ini adalah tingkatan pengguna atau user level yang terdapat pada Kelase.

  • Administrator

Administrator pada aplikasi ini, dimaksudkan sebagai hal pengguna tertinggi yang bisa melakukan seluruh fungsi sebagai admin di Kelase.

  • Guru

Pengguna yang kedua di Kelase tentu saja Guru. Di mana fasilitator atau guru ini memiliki hak akses untuk melakukan fungsi pembuatan sesi di setiap kelas yang diselenggarakan.

  • Siswa

Pengguna berikutnya yang berhak masuk ke dalam aplikasi adalah siswa atau murid. Di mana siswa hanya memiliki hak untuk mengerjakan task atau soal yang diberikan guru. Dan tidak memiliki hal untuk mengubah sesi kelas.

  • Orang tua

User level yang keempat adalah orang tua. Peranannya sendiri hanya sebatas untuk melihat statistik perkembangan siswa, dalam hal ini tentu saja anaknya.

Kelebihan Kelase

Berikut ini adalah sejumlah kelebihan yang dimiliki Kelase.

·        Keamanan yang Terjamin

Kelase diciptakan dengan basis institut pendidikan yang sifatnya tertutup dan privat. Sehingga, aplikasi ini hanya bisa diakses dan dikomunikasikan pada kalangan tertentu saja. Sehingga tingkat keamanannya pun terjamin dengan baik.

Start up Kelase

·        Kebermanfaatan

Kebermanfaatan Kelase ini tidak hanya sekadar wadah untuk media belajar. Namun juga berfungsi sebagai wadah untuk unjuk diri, komunikasi, dan tentu saja hiburan. Dan ini tentunya sangat dibutuhkan di era dinamis ini.

Tidak seperti media sosial pada umumnya, Kelase merupakan jejaring sosial yang ramah anak karena terbatas hanya pada pengguna aplikasi. Itu artinya aplikasi aman dari spam yang bisa berakibat buruk bagi anak.

baca juga

    ·        Sejalan dengan Kurikulum

    Pendekatan pembelajaran Blended Learning yang dilakukan Kelase terintegrasi dari pembelajaran tatap muka maupun online. Di mana salah satu Sintak pembelajaran yang digunakan pada Kurikulum 2013, yaitu kolaborasi dengan siswa lain dan mandiri.

    Karena bisa diakses secara online, itu artinya aplikasi ini bisa digunakan kapan dan di mana saja. Sehingga bisa memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan. Karena hanya dengan menggunakan ponsel sekalipun, Kelase bisa diakses.

    Bagi orang tua dan guru, Kelase juga sangat memudahkan untuk proses mengukur dan memantau kemajuan belajar siswa, termasuk nilai dan tentu saja kegiatan sekolahnya.

    Agar bisa menggunakan layanan Kelase. Maka setiap institusi harus terdaftar lebih dulu. Proses mendaftarnya sendiri cukup mudah, setelah itu, Anda bisa mengelola halaman institusi hingga mengelola jadwal kegiatan institusi.

    Setidaknya ada 15 modul yang bisa dipelajari di dalam aplikasi, baik itu untuk guru hingga orang tua. Namun tidak perlu khawatir karena setiap modul dijelaskan dengan cukup gamblang.

    Demikianlah penjelasan mengenai Kelase, sebuah Learning Management System (LMS) atau CMS (Course Management System) yang patut diacungi jempol dan yang terpenting digunakan dan disebarluaskan agar pendidikan seluruh masyarakat Indonesia bisa maju.

     

    Leave a Comment

    error: Content is protected !!