Startup Growpal

bisnisumkmonline.com – Startup Growpal , Mempertemukan Pembudidaya ikan dengan Pendana , Komoditi ekspor dalam sektor perikanan laut di Indonesia terus mengalami peningkatan.

Namun, kebutuhan komoditi tersebut belum bisa terpenuhi. Hal ini dikarenakan terbatasnya akses petani ikan terhadap dana investasi. umumnya, mereka tidak memiliki sesuatu yang dapat dijaminkan demi menambah dana dengan meminjam dana.

Pemuda asal Surabaya Paundra Noorbaskoro dan Ahmad rizky Akbar menjawab keresahan para petani ikan. Mereka membuat perusahaan starup yang bergerak dalam bidang penyalur pendanaan di sektor perikanan bernama Growpal. Startup Growpal akan mempertemukan pelaku usaha melalui sebuah platform.

 Mengenal Perusahaan Growpal

PT. SAY Grow Indonesia atau Growpal merupakan suatu perusahaan starup finansial yang bergerak dalam sektor perikanan.  Growpal merupakan perusahaan crowdsourcing yang mempertemukan para pelaku usaha perikanan, pendana, dan konsumen melalui platform.

petani ikan yang memiliki kemampuan budidaya yang baik, namun tidak memiliki modal yang cukup untuk meningkatkan produksinya. Sementara pemilik modal memiliki dana lebih namun tidak memahami bisnis dalam sektor agribisnis perikanan. Maka, dengan hadirnya perusahaan Growpal, terwujudnya sinergi antara pemilik modal, petani ikan dan agropreneur. sehingga, keduanya mampu menutupi kekurangan dan lebih menghasilkan keuntungan.

Platform digital yang aktif sejak tahun 2017 ini, turut melibatkan langsung para konsumer. Melalui rantai agribisnis tersebut, para konsumer tidak perlu proses yang panjang untuk menerima hasil panen.

Startup Growpal

Cara kerja Perusahaan Growpal

Growpal bekerja melalui website terintegrasi yang dapat diakses melalui link www.growpal.co.id. Melalui website tersebut, para pemilik modal dapat memberikan pendanaan. Para pemodal juga dapat memantau distribusi dana yang mereka investasikan.

Melalui platform tersebut, para pemilik modal juga dapat melakukan pengecekan produk serta mengecek segala proses proyek yang sedang berjalan dan didanai. Para pemilik modal juga dapat memantau keadaan terkini proyek yang sedang dikerjakan. Mulai dari persiapan pembudiyaan hingga masa panen.

Growpal baru akan memberikan bagi hasil bagi pihak-pihak terkait ketika masa panen. Perusahaan Growpal akan mendapatkan 10% dar profit, pembudidaya ikan mendapatkan 35%, dan pemilik modal akan mendapatkan 55%. Untuk lebih detailnya, akan dibahas melalui kontrak kerja ketika telah melangsungkan kerja sama.

Startup Growpal

Kelebihan Perusahaan Growpal

Ada beberapa kelebihan yang dapat Anda dapatkan ketika bergabung dengan perusahaan Growpal. Perusahaan yang bergerak dalam bidang finansial ini, akan menyalurkan pendanaan dengan memberikan keuntungan yang menjanjikan pada di sektor perikanan dan kelautan. Berikut 3 kelebihan perusahaan Growpal:

  1. Pendanaan keuangan dengan ROI efektif hingga 24% per tahunnya
  2. Berbagai laporan, transparansi, dan penilaian aset dilaksanakan perusahaan dengan profesional
  3. Perusahaan Growpal akan melakukan pemberdayaan  dalam usaha ketahanan pangan Indonesia. Terutama pada usaha mikro perikanan, pembudiyaan ikan, serta peningkatan produksi perikanan nasional.

Cara Bergabung dengan Perusahaan Growpal Sebagai Pendana

Anda dapat bergabung dengan perusahaan Growpal sebagai pendana sanggat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan dokumen berupa KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan NPWP (tidak wajib namun disarankan).

Untuk menjadi pendana pada berbagai produk perikanan di Growpal, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka platform Growpal di www.growpal.co.id dan pilih menu ‘masuk/daftar’
  2. Anda dapat ‘masuk’ dengan menggunakan akun Facebook, Google, ataupun Email.
  3. Kemudian, lengkapi data diri dan masukkan foto Anda.
  4. Akun Anda siap untuk melakukan pendanaan.

Cara Melakukan Pendanaan di Growpal  

Setelah membuat akun, sebelum melakukan pendanaan lakukan isi saldo GrowPay. Pada halaman profil, pilihlah menu ‘tambah dana’. Berikut langkah-langkah untuk melakukan pendanaan di Growpal.

  1. Masuk atau daftar pada akun yang Anda miliki
  2. Pada Homepage akan tersedia berbagai pilihan komoditas serta keuntungan atau Return of Investment (ROI), pilihlah produk pendanaan yang Anda inginkan dan tersedia. Jumlah ROI atau keuntungan yang akan Anda terima tergantung dari risiko, hasil uji kelayakan, serta perhitungan setiap komoditasnya.  
  3. Tulislah jumlah pendanaan dan transfer dana dengan menggunakan GrowPay, transfer bank, atau virtual account.
  4. Terakhir, pantau proyek pada dashboard platform Growpal.

Para pendana dapat mengambil bagi hasil pada saat panen setiap siklusnya. Untuk melakukan pencairan dana yakni melalui dompet digital atau GrowPay. Anda dapat mengambil seluruh modal dan hasil baginya atau melanjutkan permodalan untuk periode selanjutnya. untuk mengambil dana, pilih menu ‘tarik dana’ kemudian isi detail tentang rekening Anda. perusahaan akan memproses dalam jangka waktu 1×24 jam selama hari kerja.

Startup Growpal

Cara Bergabung dengan Growpal Sebagai Mitra Petani

Cara bergabung sebagai mitra petani di Growpal membutuhkan berbagai berkas dan tahapan-tahapan yang harus dilalui. Untuk melakukan pendaftaran, pertama, Anda perlu mengisi formulir pendaftaran beserta lampiran. Formulir ini dapat Anda unduh melalui website Growpal.

Kedua, lengkapi dokumen-dokumen yang telah ditentukan oleh Growpal. Seperti KTP, akta nikah, kartu keluarga, akta perusahaan, NPWP, dan lain sebagainya. Anda dapat melihat selengkapnya pada website Growpal.

Ketiga, bagi calon mitra harus membuat proposal usaha yang disertai dengan analisa usaha. Untuk proposal dikirimkan dengan format bebas dan flexibel. Jika Anda membutuhkan template proposal dapat mengunduhnya pada website Growpal.

Terakhir, pengiriman dokumen pada perusahaan Growpal dapat melalui surat elektronik atau pos. Mengenai alamat email atau perusahaan dapat Anda periksa pada website Growpal.

Berkas-berkas yang masuk pada perusahaan Growpal, akan melalui berbagai tahapan untuk mendapatkan pendanaan. Setelah pendaftaran berkas dilakukan, perusahaan akan melakukan review. Setelah itu, masuk dalam uji kelayakan dan credit scoring.

Setelah lolos, akan dilanjutkan pada negosiasi rancangan usaha dan penandatanganan kesepakatan. Setelah itu pembukaan crownfunding dan terakhir proses penyaluran dana.

Ada dua jenis pendanaan yang diberikan oleh perusahaan Growpal. Yaitu pendanaan modal usaha dan pendanaan invoice.

1.     Pendanaan modal usaha

Pendanaan modal usaha merupakan pendanaan yang diberikan kepada mitra untuk keperluan biaya operasional maupun aset sebagai modal usaha. Meliputi kebutuhan yang berhubungan dengan produksi budidaya trading dan pengolahan perikanan.  

2.     Pendanaan invoice

Pendanaan invoice merupakan pendanaan yang diberikan perusahaan Growpal kepada pebisnis yang membutuhkan aliran dana untuk membeli barang selanjutnya. Para pebisnis membutuhkan aliran dana karena terhalang oleh invoice pembayaran barang dari para pembeli dalam selang waktu yang lama.

Perusahaan Growpal akan membantu dengan membayarkan invoice terlebih dahulu dengan skema bagi hasil setelah terbayar. Sesuai dengan kesepatan yang ditelah disepakati, pebisnis harus membayar kepada Growpal Setelah invoice telah terbayar.

3.     Teknologi dan fitur Growpal

Sebagai perusahaan digital, Growpal memiliki teknologi dengan berbagai fitur yang tersedia. Growpal memiliki aplikasi berbasis website atau disebut dengan  Web Apps (PWA).

PWA merupakan aplikasi android atau IOS yang berbasis website. Bedanya, PWA lebih ringan, cepat, dan tidak membutuhkan pembaharuan seperti aplikasi yang lain. Ada beberapa fitur yang tersedia, seperti fitur analisa risiko dan fitur GrowPay.

Fitur analisa risiko merupakan turunan dari credit scoring. Perusahaan Growpal ‘credit  scoring’ digunakan untuk uji kelayakan. Melalui credit scoring, Growpal melakukan analisa berdasarkan risiko produksi, risiko pasar, serta karakter petani ikan dengan menggunakan prinsip 5C.

baca juga

    Untuk hasil akhirnya akan dituliskan dalam tiga kategori, yaitu risiko redah, risiko sedang, dan risiko tingi. Dengan menggunakan fitur analisa risiko, pemodal dapat mengetahui gambaran risiko terhadap pendanaan produk tertentu.

    Adapun fitur GrowPay merupakan fitur dompet digital. Dompet ini berfungsi untuk menampung dana baik untuk setor pendanaan atau menerima profit. 

    Leave a Comment

    error: Content is protected !!