Theresia Deka Putri Pengusaha Sukses di Bidang Kopi

Theresia Deka Putri Pengusaha Sukses di Bidang Kopi | Perkembangan industri kopi di tanah air dalam 10 tahun belakangan menunjukkan progres yang signifikan.
Perkembangan tersebut dapat dilihat dari semakin banyaknya kopi olahan yang dihasilkan oleh industri pengolahan kopi.
 
Hal ini sangat dimungkinkan, mengingat negara Indonesia merupakan penghasil kopi terbanyak ketiga di dunia.

Potensi Kopi luwak Indonesia

 
Industri kopi yang saat ini membanjiri usaha tanah air sangat bervariasi, mulai dari skala home industri, skala nasional maupun skala internasional.
Produk kopi olahan saat ini tidak hanya berupa kopi bubuk tetapi banyak diinovasikan ke dalam bentuk kopi olahan. Salah satu yang terkenal di Indonesia adalah kopi luwak.
 
Saking terkenalnya, kopi luwak ini mampu menjadi produk potensial bahkan andalan yang dipasarkan oleh pengusaha perempuan muda asal Jawa Timur beberapa tahun terkhir ini.
Dia adalah Theresia Deka Putri. Siapa dia? Dan bagaimanakan dia menjalankan bisnis di bidang kopi? Check this article!

Siapa Theresia Deka Putri?

 
Hidup sebagai seorang yatim piatu tidak melengserkan niatnya untuk menjadi seorang pengusaha sukses. Dia adalah Theresia Deka Putri, wanita muda yang sukses dalam usaha kopi.
 
Theresia lahir di Gresik Jawa Timur kurang lebih 27 tahun lalu. Saat ini dia dikenal sebagai seorang pengusaha di bidang kopi, khususnya kopi luwak.
Theresia Deka Putri merupakan sosok pengusaha yang penuh dengan semangat dalam mencapai cita-citanya. Mengingat usaha yang ia miliki saat ini ia bangun dari titik nol, dari mulai menjajakan produknya sendiri ke warung-warung kecil.
 
Tapi tanpa putus asa, ia terus melangkah dan bisa sesukses seperti sekarang ini.
sangat familiar dengan dunia bisnis sejak ia kecil.
Banyak bisnis yang dilakoninya, seperti menjual sepatu dan pakaian serta produk fasion lain.
 
Walaupun saat itu target pasar bisnis yang ia bidik hanya sebatas teman terdekat saja. Dan pada tahun 2000, Theresia mulai memasuki pasar kuliner seperti teh dan kopi.
 
 
Saat bekerja dibidang tersebut, ia mendapatkan kepercayaan perusahaan untuk menjadi pimpinan tim. Dan dia pernah berkeliling ke sekitar Jawa Timur untuk memasarkan produk perusahaan tempat ia bekerja.
 
Saat ini Theresia memiliki CV Karya Semesta, yaitu perusahaan yang memproduksi beberapa jenis kopi. Jenis kopi yang diproduksi adalah Kopi Luwak Lanang ,  Kopi Lanang Landep, dan Kopi Gajah Hitam. Usahanya inilah yang membuat Theresia disebut-sebut sebagai pengusaha wanita muda yang terkenal.

 
Sebutan tersebut wajar saja disematkan pada Theresia, karena tak butuh waktu selama lima tahun setelah beroperasi yaitu dengan proses produksi dan menjual produknya sendiri, ia sudah berhasil mendapatkan omset Rp. 1 miliar. Bayangkan? Hebat kan? Lalu bagaimana perjalanan karir Theresia Deka Putri di bidang kopi?

 
 

Sukses Theresia Deka Putri Dengan Bisnis Kopi

 
 
Sebagai pemula bisnis saat itu, Theresia Deka Putri terbilang tak main-main, karena ia merogoh kocek hingga Rp. 200 juta.
Namun modal itu membuahkan hasil yang menggembirakan, jauh lebih besar dari modal awalnya. Benar, Semangat yang dimiliki Theresia Deka Putri luar biasa, ia menaruh kepercayaan pada kopi luwak yang akan memiliki peluang sukses kala itu.
 
 
Sebagai pembisnis muda yang menjadi panutan banyak orang, ia memulai bisnisnya dari nol. Sebelum membangun bisnis sendiri, Theresia bekerja sebagai tenaga pemasaran teh dan kopi eceran. Dan pada tahun 2007 ia merealisasikan tekadnya untuk berbisnis di bidang kopi, khususnya kopi luwak.
Saat itu, ia menaruh harap pada target pasar yang ia kejar yaitu para calon pembeli yang memiliki kantong tebal dan doyan kopi premium.
Awalnya, Theresia Deka Putri mengkaji berbagai hal tentang kopi luwak; kemudian ia pelajari dan juga praktik langsung setelahnya.
 

Awal Bisnis Dengan 3 Merk Kopi Lokal

 
Theresia Deka Putri memulai usahanya melalui CV. Karya Semesta. Dan hingga saat ini perusahaanya telah memproduksi 3 merek kopi.
Saat itu tahun 2008, theresia dan timnya membuat usaha pengolahan kopi sederhana. Sangat sederhana, bahkan proses penggilingannya saat itu dipercayakan pada tempat-tempat yang menawarkan jasa penggilingan.
 
 
Pernah sekali waktu Theresia berfikir untuk memproduksi kopi sendiri, dan melepas supplyer-nya. Dia memiliki keinginan untuk punya kebun sendiri. Keinginan memiliki luwak sendiri juga ada. Dan kenyataanpun akhirnya mengantarkan Theresia Deka Putri untuk memiliki kebun sendiri.
 
 
 
Kebun tersebut selebar empat hektar. Namun karena kebutuhan semakin meningkat, Theresia tak jadi melepaskan supplyer-nya.
Theresia juga mengembangkan kemitraan dengan beberapa petani kopi di Bondowoso serta Malang. Selain karena kebutuhan permintaan kopi semakin meningkat, ia tetap menjual produk dari supliyer sebagai upaya untuk memberikan variasi produk pada konsumen.
 
 
Theresia pernah kuliah di jurusan Manajemen, tak heran jika manajemen pengelolaan bisnisnya begitu apik dan matang.
 
Tak butuh waktu lama, hanya selang beberapa tahun setelah memproduksi serta menjual produk kopi luwak sendiri, Theresia berhasil mendapatkan omset Rp. 1 miliar pertamanya pada tahun 2011. Dan 2013 lalu, ia mampu memenuhi 90% omzet Rp 1,6 miliar yang tengah dipatoknya.
 

Kopi Luwak Lanang juga Kopi Luwak Landep

 
Sebagai seorang pengusaha UMKM , Theresia dikategorikan sangat sukses di bidangnya. Salah satu kunci keberhasilan usahanya adalah segementasi ketiga produk miliknya. Kopi Gajah Hitam lebih disenangi oleh kalangan menengah bawah alias dari warung ke warung.
 
Sedangkan merek lainnya, Kopi Luwak Lanang juga Kopi Luwak Landep menjadi produk kopi andalan, segmentasinya didasarkan pada penikmat kopi menengah atas. Bahkan, Kopi Luwak Lanang selalu habis dipesan orang dari luar negeri.
 
 
Luwak Lanang sejatinya adalah produk premium yang berasal dari fermentasi biji kopi yang dihasilkan oleh luwak jantan. Karena luwak jantan dapat mengeluarkan enzim jauh lebih kuat dari betinanya, maka aroma yang keluar adalah aroma khas.
Demikian juga dengan Lanang Landep, kekhasan kopi ini adalah penggunaan biji-biji kopi tunggal atau biji kopi lanang yang dikenal juga dengan pearl berry.
 
Biji-biji kopi itu kemudian disortir secara selektif. Kopi Luwak Lanang tersebut dapat menghabiskan 1,6 ton biji kopi untuk diproduksi.
 
Semakin hari permintaanpun semakin bertambah, bahkan setiap bulan, ia bisa memproduksi berton-ton biji kopi untuk dikemas sendiri. Sedangkan untuk produk andalan Luwak Lanang bisa dihasilkan sebanyak 1,6 ton biji kopi per harinya.
 
 
Theresia melakoni berbagai strategi untuk menyukseskan bisnis kopinya, iapun sering mengikuti pameran-pameran.
 
Bahkan ia berinovasi dengan membuat minuman the, dan bahkan ia telah memiliki merek tersendiri untuk the herbal ini.
Selain itu, dia juga menciptakan kemasan yang semenarik mungkin untuk memikat pelanggan. Bahkan ia telah memiliki alat-alat untuk membuat kemasan sendiri.
 

Pasar Kopi Kopi Luwak Lanang juga Kopi Luwak Landep

 
Ia percaya bahwa relasi yang kuat dapat diandalkan untuk memastikan kekuatan mereknya.
Hingga kini, merek dagang kopinya bisa ditemukan di Jakarta, Bali, dan Makasar sebagai pasar lokal.
Sedangkan pasar luar negeri, merek dagang kopinya sudah masuk ke Taiwan, Korea Selatan, China, Jepang, Thailand, Malaysia hingga Polandia dan juga Inggris.
 
Sedemikian suksesnya hingga Theresia Deka Putri Pengusaha Sukses di Bidang Kopi mendapatkan penghargaan dari Kementrian Koperasi Usaha Kecil Menengah (UMKM).
 
baca juga

  1. Jangan Mengaku Pecinta Kopi , Bila Belum Baca ini
  2. Bisnis Waralaba Kopi Lokal Ala COFFE TOFFE
  3. Hot Beverage Company- Franchise Kopi Murah di Amerika

 
 

Bisnis KOPI Dengan Modal Kecil

Kopi adalah minuman yang paling banyak peminatnya.Tidak pandang tua muda ataupun pria wanita,Kopi selalu menjadi pilihan disaat senggang karna memiliki cita rasa yang lezat dan sangat nikmat diminum disaat apapun,baik kopi panas maupun dingin.
 
 
Bisnis kopi ini biasanya berjamur pada cafe-cafe ternama dan dalam artikel ini kita akan membuat kedai kopi yang berkualitas dan beraneka rasa tetapi harga pas serta tidak membutuhkan cafe,cukup lahan 3×3 atau sepetak.
 

Persiapan Buka Bisnis Coffe Shop , Modal , Peralatan Hingga Tips Promosi

 

  • MODAL

Kopi dengan berbagai rasa dan menggunakan media boot kopi serta meja dan kursi untuk bersantai menikmati kopi.
 

  • PEMASARAN

Lokasi pemasaran adalah taman rekreasi dan komplek perumahan serta pasar atau persimpangan jalan.
 

  • BAHAN DAN ALAT

BAHAN      : Kopi rasa buah(10 rasa)
Kopi Luwak
Kopi Good Day
Kopi Hitam
Gula
Es batu
Air
ALAT         : Blender
Despenser Air
Cup gelas styrofom+tutup
Boot kopi
Sendok Es
Termos Es
Pemecah Es batu
Cup plastic+tutup
Pipet
Nampan
Plastik Asoy
Kursi+Meja
 
 
 
CARA MEMBUAT        : Untuk kopi hangat cukup masukan bubuk kopi lalu
siram air panas.
Untuk es kopi,masukan bubuk kopi siram air panas 10ml lalu aduk hingga rata kemudian blender bersama segelas es batu dan gula satu sendok serta air 50ml.
 

  • PENGHITUNGAN
Nama Barang Satuan Harga (Rp)
Kopi rasa buah 100 sct 350.000
Kopi Luwak 40 sct 40.000
Kopi Good Day 90 sct 135.000
Kopi Hitam 1 kg 25.000
Gula 3 kg 36.000
Es batu 10 buah 10.000
Blender 1 buah 300.000
Despenser 1 buah 100.000
Cup Gelas Styrofom 150 pcs 225.000
Cup plastic 150 pcs 75.000
Pipet 150 pcs 30.000
Sendok Es 1 buah 5.000
Termos Es 1 buah 25.000
Pemecah Es batu 1 buah 5.000
Plastik Asoy 100pcs 15.000
Meja+Kursi 2 set 200.000
Boot kopi 1 buah 1.000.000
Nampan 2 buah 10.000
Total 2.586.000

 
BIAYA PENYUSUTAN

Nama Barang Harga Waktu Biaya Penyusutan
Blender 300.000 60 bulan 5.000
Despenser 100.000 60 bulan 1.700
Sendok Es 5.000 36 bulan 150
Termos Es 25.000 60 bulan 450
Pemecah Es Batu 5.000 36 bulan 150
Meja+Kursi 200.000 60 bulan 3.500
Boot Kopi 1.000.000 60 bulan 16.700
Nampan 10.000 36 bulan 300
Total 27.950

 
Dari data diatas didapat biaya penyusutan :
27.950 : 30 hari = 950 per hari
 
Biaya Lain-Lain

Nama Barang Waktu Harga(Rp)
Sewa Lahan 30 hari 1.000.000
Sewa Listrik 30 Hari 100.000
Total 1.100.000

 
Dari data diatas didapat beban :
1.100.000 : 30 hari = 37.000 per hari
 
Dari data bahan diatas didapat :
100 kopi rasa buah X 10.000 = 1.000.000
90 kopi good day X 8.000 = 720.000
40 kopi luwak X 6.000 = 240.000
50 kopi hitam X 5.000 = 250.000
 
LABA
Modal Bahan         941.000
Biays Penyusutan          950
Biaya Beban            37.000
Pendapatan                               2.210.000
Laba                                         1.231.050
 
Dengan pendapat yang sepertiga dari modal anda sudah dapat mengembalikan semua modal dalam jangka satu minggu.Pilihlah lokasi yang strategis dan ramai masyarakat agar kopi anda semakin dikenal.
 
 

  • KESIMPULAN

Bisnis ini tak perlu menyewa ruko untuk disulap menjadi cafe yang megah dengan harga jual yang tinggi hanya untuk memanjakan lidah masyarakat dengan kopi yang bervariasi.Anda cukup membuka kedai tongkrongan yang cukup banyak digandrungi anak muda pecinta kopi dengan harga yang tidak terlalu mahal,kedai kopi anda akan jadi banyak incaran pria.
 
 
Diartikel ini saya mencoba membuat tongkrongan kopi yang bercita rasa cafe namun harga anak sekolah.Dapat dinikmati siapapun dan dengan kualitas rasa yang pasti nikmat serta dapat disajikan dingin ataupun panas,dapat diminum ditempat ataupun dibawa pulang.

Ubah Warung Kopi Anda Menjadi Style Coffe Shop

Warkop yaitu singkatan dari warung kopi umumnya sediakan mie rebus, gorengan, beragam jenis minuman baik yang panas ataupun yang dingin. Warkop saja yang simpel bisa membuahkan keuntungan yang cukup tidak kecil walau banyakan orang melihat mata sebelah tentang usaha itu.

Dari sebagian pernyataan yang memiliki warkop yang penulis wawancarai, mereka memperoleh keuntungan sampai beberapa puluh juta tiap-tiap bulannya. Dari data itu, usaha warkop bisa jadikan usaha yang begitu menjanjikan dengan lakukan sebagian inovasi didalamnya.

 

Ganti Menu Emperan Jadi Kelas Restoran

Apa pun menu makanannya bakal merasa istimewa apabila dihidangkan dengan sebagian penambahan bumbu yang sudah ada. Umpamanya saja mie rebus yang di jual diwarkop bakal jadi incaran customer apabila Anda meraciknya dengan kombinasi irisan keju di atasnya atau mungkin dengan kombinasi saus yang Anda racik sendiri.
Ini bakal jadi hal yang baru dalam usaha warung kopi, terkecuali memberi rasa penasaran customer ini dapat juga hindari rasa jemu pada menu mie rebus yang monoton. Terkecuali menu andalah dari warung kopi itu, ada banyak lagi menu pendamping yang lain yang bisa Anda ubah hingga warkop Anda jadi seperti restoran kelas atas.
 
baca juga
1. Waralaba Batavia Café, Memperkenalkan Sensasi Kopi Lokal
2. Peluang usaha Kopi Enak Bersama Kopi OEY
3. Franchise Kedai Kopi Kapal Api dan Good Day yang Disayangi Kalangan Pemuda

Tempat yang Nyaman Adalah Senjata Utama

Saat seseorang customer menginginkan berkunjung ke tempat makan, terdapat banyak yang dia cermati sebelumnya beli makanan. Yang pertama dalam prioritas mereka yaitu enak tak enaknnya satu makanan. Customer bakal mencari makanan yang paling enak diantar penjual hidangkan. Setelah itu yaitu tempat yang disiapkan nyaman untuk tempat menyantap hidangannya.
 
 
Ubah Warung Kopi Anda Menjadi Style Coffe Shop  Aktivitas makan umumnya dikerjakan berbarengan dengan saat istirahat, begitu tempat yang nyaman adalah tempat yang pas untuk istirahat di tengah-tengah aktivitas kerja. Dengan memberi kenyamanan berbentuk tempat makan, bikin customer terasa dimanjakan serta begitu berpeluang customer jadi konsumen yang setia di warung kopi punya Anda.
 
 

Daya Tarik WiFi serta Musik Untuk Kelompok Anak Muda

Warkop yang Anda ubah seperti situasi di satu kafe bakal menarik minta pengunjung dari kelompok anak muda seperti beberapa pelajar serta mahasiswa.
Lantaran mereka bakal berkunjung ke warung kopi Anda sebagai tempat yang pas untuk kerjakan pekerjaan sekolah atau universitas, kerjakan skripsi, atau cuma berkumpul-kumpul dengan beberapa rekannya.
 
 
 
Tidak cuma itu saja, dengan terdapatnya service WiFi ini, bakal mengundang customer dari kelompok beberapa pekerja profesional seperti penulis, programmer, designer serta beberapa pekerja yang lain yang terkait dengan koneksi #internet.
 
Jadi, tampaklah warkop yang Anda bangun bukanlah seperti warung kopi umum tetapi seperti kombinasi pada restoran kelas atas serta satu kafe yang begitu berpeluang untuk banyak dikunjungi oleh beberapa customer.
Kadang-kadang usaha yang bagus tak saja cuma dari usaha yang belum ada lantas di ciptakan.
 
Namun seperti seseorang seniman, usaha yang bagus yaitu usaha yang dikerjakan dengan sebagian improvisasi di dalammnya seperti warkop yang saya terangkan ini. Anda juga bisa lakukan improvisasi ini dalam type usaha yang lain.
 
Pendapat ini saya ambillah berdasar pada negara Jepang yang populer dengan lakukan inovasi dalam dunia otomotif.
 
Walau tehnologi otomotif bukanlah datang dari negara Jepang, tetapi sekarang ini banyak tehnologi otomotif yang populer banyak datang dari buatan negara Jepang.
 
 

Berikanlah Service Paling baik Pada Customer

Apa pun type usaha yang Anda punyai sekarang ini, bakal bertahan lama bila di dukung oleh service paling baik yang didapatkan pada customer. Berapakah langkah diatas termasuk juga kedalam bentuk service, tetapi janganlah Anda lupakan juga kalau service berbentuk keramahan beberapa pegawai Anda begitu punya pengaruh dengan customer mendatang.
 
 
Menjadikan situasi di lingkungan warkop Anda seperti mempunyai ikatan saudara, hingga customer rasakan kedekatan dengan cara batin. Bila telah begini, customer bakal jadikan warung kopi Anda jadi referensi untuk mereka sebagai tempat makanan yang paling baik.
 
 
baca juga
1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu
800 Jenis Usaha Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil
100 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar
Panduan Lengkap Pecinta Kopi
 
Hal yang lain yg tidak bisa terlewati dalam #bisnis kuliner yaitu kebersihan tempat. Kebersihan dari warung kopi Anda jadi citra untuk usaha Anda. Apabila kebersihannya begitu jelek, jadi jelek pulalah usaha Anda. Oleh karena itu, jaga kebersihan untuk melindungi citra baik untuk usaha Anda. Ubah Warung Kopi Anda Menjadi Style Coffe Shop 

You cannot copy content of this page