Usaha Kerajinan Tangan, Lihat 4 Caranya !

image 1

bisnisumkmonline.comBagaimana Cara Memulai Usaha Kerajinan Tangan. Kerajinan tangan merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan  jika kita mau lebih telaten dalam mengelola bisnis tersebut.

Dengan modal yang cukup minim tetapi menghasilkan keuntungan yang lumayan besar tentu saja merupakan salah satu ciri khas bisnis kerajinan tangan dan souvenir.

Apalagi di era saat ini sangatlah ngetren sekali  dikalangan masyarakat luas tentang souvenir dan kerajinan tangan yang dijadikan sebagai aksesoris ataupun pernak-pernik.

Oleh karenanya kita bisa memanfaat kan souvenir dan kerajinan tangan ini sebagai bisnis ataupun peluang usaha yang cukup menjanjikan. Lantas bagaimana cara memulainya ?

Tentukan Jenis Usaha Kerajinan Tangan

Kebanyakan orang menganggap menganggap ada dua jenis pebisnis kerajinan (craft). Yang pertama yaitu pebisnis craft yang membuat barang secara masal, dan yang kedua adalah pebisnis “craft indie”.

Yang dimaksudkan dengan pebisnis craft masal bisa dibilang adalah mereka yang mengutamakan profit dan penjualan yang banyak dalam sistem kerjanya.

Biasanya melibatkan modal besar, membuat dengan mesin, dan berusaha sebisa mungkin melakukan efisiensi bahan dan mutu.

Sedangkan pebisnis craft indie biasanya menyeimbangkan idealisme dan kebutuhan mencari profit.

Crafter yang satu ini lebih menyukai membuat kerajinan secara manual dan personal, termasuk dalam pemilihan model dan bahan pun sesuai keinginan hati. Dan biasanya memiliki strategi sendiri dalam memasarkan produknya.

Strategi Pemasaran Yang Berbeda dan Unik 

Untuk tempat memasarkan produk kerajinan, cobalah dengan menggunakan media jejaring sosial semaksimal mungkin.

Tapi tidak perlu memakai semuanya sekaligus, cukup satu atau dua tapi harus konsisten bisa mengelolanya secara rutin.

Tetapkan juga satu cara tetap yang dipakai untuk menghubungimu, apakah order via email, atau via sms/bbm dan pisahkan dari nomor pribadimu.

Namun, saya sarankan jangan memakai facebook profile untuk berjualan, selain pelanggan repot karena harus add dulu dan repot mengelolanya, juga menyalahi peraturan dari facebook sendiri.

Kelebihan dari berbisnis secara online adalah menghilangkan batas wilayah dari calon pelanggan yang mungkin bisa Anda raih.

Dengan presentasi yang baik dan konsistensi, pelanggan akan datang dengan sendirinya. Jadi pastikan foto produk yang di-upload sama bagusnya dengan produk asli jika dilihat langsung.

Harga Yang Tepat Bukan Murah Atau Mahal 

Pastikan juga Anda menghargai karyamu. Artinya jangan terlalu murah memberi harga karena produk handmade beda dengan buatan mesin, jangan takut jika ada yang menganggapnya kemahalan sepanjang Anda merasa harganya sudah sesuai.

Tapi pastikan juga kualitas craft-mu sudah semaksimal mungkin sesuai dengan harga yang Anda tentukan.

Tentunya tidak semua orang berpikir haruslah mahal, namun tidak semua juga berpikir barang murah memiliki kualitas yang bagus.

Sehingga bijaksanalah dalam memberikan label harga pada karya anda.

Tenaga Kerja Yang Terampil 

Anda juga harus memperhitungkan berapa jumlah tenaga kerja dan berapa jam kerja serta biaya yang dikeluarkan untuk menggaji.

Karena masalah tenaga kerja berhubungan langsung dengan masalah persiapan, metode produksi serta masalah keuangan.

Tenaga kerja yang terampil dan handalpun dibutuhkan untuk kelancaran produksi dan juga pekerjaan anda. Dimana tenaga kerja yang bagus akan mempermudah order anda dan memproduksi barang dengan jumlah yang banyak. 

Time Management Yang Tepat

Biasanya pebisnis dengan konsep craft indie memiliki dua cara dalam menjual produknya, yakni membuat produk sesuai pesanan pelanggan dan membuat produk kerajinan sesuai selera sendiri untuk kemudian di launching atau dipasarkan pada waktu dan event tertentu.

Kesulitan yang mungkin timbul adalah susahnya membagi waktu untuk memproduksi pesanan pelanggan dengan waktu untuk memproduksi craft sesuai dengan keinginan hati.

Jadi, apabila ingin memproduksi produk sendiri secara rutin, maka pesanan produk dari pelanggan harus lebih dibatasi jumlahnya agar porsi waktu untuk membuat produk rutin dapat lebih terpenuhi.

Atau bisa juga diatasi dengan mempekerjakan karyawan atau partner bisnis yang punya kesamaan visi agar seluruh pembuatan produk dapat dikerjakan bersama-sama.

Kenali Pasar Usaha Kerajinan Tangan

Sebelum Anda mengambil peluang usaha kerajinan tangan ini, hal utama yang sebaiknya diperhatikan adalah melihat pasar. Anda bisa mencari tahu informasi terkait harga yang pantas untuk hasil kreasi Anda.

Dengan cara ini, Usaha Kerajinan Tangan Anda tidak akan keliru menarif hasil kreasi, misalnya kemahalan sehingga konsumen enggan membeli, atau kemurahan sehingga memberikan keuntungan yang minim.

Jangan pernah beranggapan jika kerajinan tangan akan selalu diminati sehingga Anda memaksakan diri untuk membuatnya. Ingat, tidak selalu produk menarik ini akan dilirik oleh konsumen sekitar sehingga sia-sia saja jika dilakukan.

Cara terbaik untuk sukses menekuni Peluang usaha kerajinan tangan ini adalah mencari tahu pelanggan mana yang tertarik dengan hasil kreasi Anda. Setelah menemukannya, silahkan kembangkan kreasi dan pasarkan di lokasi tersebut.

baca juga

Inovasi

Inovasi sangat dibutuhkan ketika sudah banyak persaingan. Dengan adanya inovasi terbaru, jelas hasil karya Anda akan sangat memikat. Dengan pengembangan juga membuktikan bahwa usaha anda semakin maju dan juga berkembang lebih baik serta tak jarang semakin sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like